cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
LIBRARIA
ISSN : 23550341     EISSN : 24775230     DOI : -
Core Subject : Science,
LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan (ISSN 2355-0341; E-ISSN 2477-5230) is a periodical scientific journal (every semester) in June and December published by STAIN Kudus Library. This journal is expected to be a scientific vehicle in the study and thinking about the library that can provide information and education for the readers.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2017): LIBRARIA" : 20 Documents clear
Library in Hand and The Social Review as Adaptive Representation of Library Development Idea Yenianti, Ifonilla
LIBRARIA Vol 5, No 2 (2017): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v5i1.2397

Abstract

The development of technology and information brings a number of indispensable consequences, and it requires a wiser adaptation to apply them in the library to avoid the entailed negative impacts. This article discusses the idea of applying information technology of library in hand for library services. It is based on observations of the benchmarking activities in several countries and review on various literatures. Presentation and analysis are conducted descriptively, with the conclusion that the library should be about to adaptively follow the development of IT by considering the contextual social effects. In this context, the application of library in hand includes SMS gateway, Interactive Learning, Independent Learning, Online Reservation, and Online Library Information Retrieval. Meanwhile, the social effects that arise from this application are seen from three dimensions namely the structural, cultural and interactional ones.
Evaluasi Penggunaan OPAC Sebagai Sarana Temu Kembali Informasi di Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang Nurmalina, Nurmalina
LIBRARIA Vol 5, No 2 (2017): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v5i2.2398

Abstract

Tulisan ini adalah hasil penelitian yang dilakukan di UPT. Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang yang diberi judul “Evaluasi penggunaan OPAC sebagai sarana temu kembali informasi di UPT.Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang”. Penggunaan OPAC di UPT. Perpustakaan UIN Raden Fatah Palembang  sudah di mulai sejak 2015. Namun sejauh ini belum diketahui apakah sudah digunakan secara maksimal dan sudah memenuhi kebutuhan pengguna atau belum. Untuk itu peneliti merasa perlu untuk melakukan evaluasi penggunaan OPAC sebagai sarana temu kembali informasi di perpustakaan.Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan evaluasi sumatif. Evaluasi sumatif dilaksanakan untuk menentukan sejauh mana sesuatu program mempunyai nilai kemanfaatan. Data didapat dengan cara observasi dan menyebarkan angket ke para pengunjung perpustakaan.Hasil yang didapat adalah penggunaan OPAC di perpustakaan cukup tinggi dan responden merasa terbantu dalam menemukan koleksi dengan cepat sehingga dapat mempersingkat waktu pencarian.
Pengembangan Kapital Sosial Perpustakaan Melalui Sahabat Perpustakaan di Perpustakaan Nasional RI Wicaksono, Arief
LIBRARIA Vol 5, No 2 (2017): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v5i2.2067

Abstract

Anggaran merupakan hal yang sangat penting bagi perpustakaan. Perpustakaan membutuhkan dukungan finansial yang cukup dalam rangka memberikan layanan dan menjalankan kegiatan perpustakaan. Perpustakaan terkadang ditemukan mempunyai dukungan finansial yang terbatas dari pemerintah atau lembaga induknya. Perpustakaan tidak dapat menyalahkan anggaran yang kecil tersebut atas keterbatasan penyelenggaraan layanan dan kegiatan perpustakaan. Perpustakaan harus bernegosiasi dengan kenyataan yang dijalaninya. Program “Sahabat Perpustakaan” dapat menjadi salah satu program yang mampu memberikan implikasi mendapatkan dana baik secara langsung maupun tidak langsung. Program Sahabat Perpustakaan tidak hanya dapat dijalankan bagi perpustakaan yang mempunyai anggaran terbatas maupun tidak terbatas. Perpustakaan Nasional RI menyelenggarakan program Sahabat Perpustakaan sejak tahun 2014. Penelitian ini mengkaji bagaimana program Sahabat Perpustakaan menyumbangkan implikasi terhadap dukungan dana. Hasilnya ditemukan bahwa para sahabat perpustakaan terlihat mengupayakan kegiatan kolaborasi dengan sahabatnya, Perpustakaan Nasional RI, dengan sepenuh hati, pikiran dan tenaga. Demikian sebaliknya dari Perpustakaan Nasional RI. Nilai saling berbagi, saling menutupi, dan gotong royong terlihat pada program Sahabat Perpustakaan. Upaya memahami kenapa hal ini dapat terjadi dalam program Sahabat Perpustakaan dilakukan dengan menggunakan konsep kapital dari Bourdieu.
Perpustakaan Perguruan Tinggi Sebagai Prime Mover Peningkatan Kompetensi Literasi Informasi Mahasiswa Handari, Budi
LIBRARIA Vol 5, No 2 (2017): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v5i2.2777

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi informasi mempengaruhi semua aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Di bidang Pendidikan Tinggi, kompetensi literasi informasi memainkan peran penting dalam keseluruhan pendidikan mahasiswa.Salah satu misi perpustakaan perguruan tinggi adalah meningkatkan literasi informasi pengguna. Karena itu perpustakaan perguruan tinggi harus mampu berfungsi sebagai prime mover peningkatan kompetensi literasi mahasiswa.Literasi informasi berhubungan erat dengan tugas pokok pelayanan perpustakaan. Peningkatan kompetensi literasi informasi merupakan upaya pemberdayaan mahasiswa di bidang informasi, di antaranya melalui pendidikan pengguna.Dampak lain dari perkembangan teknologi informasi adalah meningkatnya permintaan informasi digital. Pencari informasi tidak lagi puas hanya dengan materi cetak. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, pembangunan dan pendayagunaan perpustakaan digital sangat mendukung terlaksananya fungsi perpustakaan perguruan tinggi sebagai prime mover peningkatan kompetensi literasi informasi mahasiswa.
Membangun Peradaban Melalui Optimalisasi Peran Perpustakaan dalam Pembentukan Mahasiswa Berintegritas Faatin, Salmah
LIBRARIA Vol 5, No 2 (2017): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v5i2.2594

Abstract

Perpustakaan, sebagai jantungnya perguruan tinggi, seyogyanya mempunyai andil dalam membangun peradaban kampus, terutama dalam membentuk integritas mahasiswa.  Artikel ini membahas tentang membangun peradaban melalui optimalisasi perpustakaan dalam membentuk mahasiswa berintegritas. Penulis menggunakan metode deskriptif analitis, yakni mendeskripsikan fungsi dan peran perpustakaan perguruan tinggi dalam membentuk peradaban secara umum, selanjutnya menganalisisnya untuk memaksimalkan dan mengoptimalkan peran perpustakaan dalam membentuk mahasiswa berintegritas. Akhirnya, disimpulkan bahwa perpustakaan memiliki peran penting bagi peradaban kampus dan membentuk mahasiswa berintegritas, yakni dengan mengoptimalkan perannya dan berupaya meningkatkan minat dan budaya baca di perguruan tinggi.
Upaya Pustakawan STAIN Kudus dalam Meningkatkan Profesionalisme Listiana, Anisa
LIBRARIA Vol 5, No 2 (2017): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v5i2.2795

Abstract

The term librarian is still  considered  foreign by the audience. All this time, librarians are concerned with daily activities, and are busy with regular service. Of course, the perception was awakened  from  the point of  view that the librarian's busyness is confined by the various library services provided. It is biased from the general assumption that libraries are books and officers who take care of the ins and outs of books (especially in schools / educational units) are called librarians. For UPT Library STAIN Kudus mindset is trying to be changed. Librarians are placed  as knowledge agents for people who need information for their knowledge development and information insight. To become an agent of knowledge, librarians must be able to increase their quality to become professional person. To that end, UPT Library STAIN Kudus demands librarians to have at least 2 basic competencies namely 1. Professional competence, that is competence related to basic knowledge about information science, information  resources, access information, technology, management and research and ability to provide services information and knowledge in libraries; and 2. Personal competence which  includes a set of  skills, attitudes and  values of librarians in working efficiently, being a good communicator, focusing on continuous learning for career development, applying the values that have been embraced, and can survive in the world work with all the changes that occur.
Pengembangan Perpustakaan Wujudkan Peradaban Bangsa yang Maju dan Bermartabat Wijayanti, Ratna Yulia
LIBRARIA Vol 5, No 2 (2017): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v5i2.2655

Abstract

Library is a means of collecting knowledge that will provide substantial benefits in an effort to develop the nation's progress. Libraries contribute to the development of excellent human resources that are capable of shaping innovative creative and innovative creative human resources. Library plays an important role in forming civilized people who will be able to bring this nation more advanced and dignified. This is because the human form is not easy because it takes the process sebuat long journey that requires sacrifice. This paper reveals issues related to the role of library development to realize a developed and dignified nation. This is related to the importance of the role of libraries in participating in building human resources that have advantages and compete in today's era. The role of Library in the effort to realize the developed and dignified nation can be seen from the various functions of libraries that have a common function as information, education, culture and research, so it can be concluded that libraries are utilized properly in pemuntkannya as the center of education and information will bring a positive impact in the civilization of the nation because the Library plays a major role in education. Good education and quality will shape the Indonesian people to be a superior people in various sectors while maintaining the nation's culture.
Perpustakaan dan Mutu Pendidikan: Peran dan Tantangan Perpustakaan dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Huda, Mualimul
LIBRARIA Vol 5, No 2 (2017): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v5i2.2674

Abstract

Krisis yang merambah Indonesia kini adalah krisis multidimensional, mulai dari krisis moral, etika dan toleransi. Kemunduran nilai-nilai moral anak didik saat ini telah menjadi peringatan bagi semua pihak, terutama lembaga pendidikan dan orang tua. Banyak kasus yang menimpa generasi muda, mulai dari kasus tawuran, narkotika, pergaulan bebas dan perbuatan menyimpang lainnya. Perpustakaan memiliki peran sebagai pelestarian ilmu pengetahuan, informasi, pendidikan, penelitian, rekreasi, dan kultural. Perpustakaan yang ideal pada dasarnya adalah sebuah perpustakaan yang mampu memberdayakan masyarakat, melakukan revolusi minat baca dan mampu mengubah karakter masyarakat dari masyarakat tuna informasi menjadi masyarakat yang berliterasi. Hal ini mejadi dasar pemikiran untuk mengoptimalkan peran perpustakaan dalam pendidikan karakter bagi generasi muda. Perpustakaan berperan mengajarkan beberapa karakter, yaitu cinta ilmu pengetahuan, gemar membaca, perilaku disiplin, berbagi dengan orang lain, serta mengajarkan tanggung jawab. Kajian ini termasuk kajian library research dengan menggunakan pendekatan kualitatif berbasis empiris, metode pengumpulan data dengan observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasilnya bahwa Perpustakaan dapat menjadi unsur penting dalam menanamkan pendidikan karakter. Diantara caranya adalah keteladanan layanan dari pustakawan, pengadaan buku dan koleksi yang lebih lengkap dan menarik, kemudahan akses, kedisiplinan manajemen sirkulasi, serta layanan mandiri virtual libarary yang terintegrasi dengan akses buku elektronik maupun e-jurnal.
Urgensi Eksistensi Perpustakaan Sebagai Upaya Pengurangan Perilaku Menyimpang Siswa di Sekolah Utomo, Sigit Tri; Sa'i, Ahmad
LIBRARIA Vol 5, No 2 (2017): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v5i2.2736

Abstract

Perpustakaan merupakan tempat membaca untuk merubah mindset manusia. Karena dengan membaca seseorang dapat terbuka luas wawasan jendela dunia. Dengan membaca pula seseorang dapat empunyai cara pandang hidup dan mengatasi kehidupan. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakanpendekatan pustaka (library research), yaitu suatu pendekatan yangmengkaji serta mengggunakan literatur sebagai bahan acuan danrujukan dalam mengelola data.[1] Penelitian kualitatif ini sebagai prosedur penilaian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari seseorang yang dapat diamati.[2] Dalam hal ini objeknya adalah urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan siswa di sekolah.Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka. Dalam tahapan ini, peneliti berusaha menyeleksi data-data (buku) yang ada relevansinya dengan urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan remaja di sekolah. Dengan analisis data hermeneutika sebagai proses mengubah sesuatu dari situasi ketidaktahuan menjadi mengerti, secara harfiah dapat diartikan sebagai penafsiran atau interpretasi. Langkah metode ini dimaksud untuk menangkap arti, nilai dan maksud urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan siswa di sekolah. Kemudian penulis juga mengunakan analisis sintesis yaitu dengan  penanganan terhadap objek ilmiah tertentu dengan jalan menggabungkan pengertian yang satu dengan pengertian lain, yang pada akhirnya dapat diperoleh pengetahuan yang sifatnya baru yaitu urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan siswa di sekolah. Penulis juga menggunakan content analysis yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi yang didokumentasikan dalam rekaman, baik gambar, suara, tulisan dan lain-lain. Dengan metode ini akan dilakukan analisis data dan pengolahan secara ilmiah tentang isi tulisan urgensi perpustakaan sebagai upaya pengurangan perilaku penyimpangan siswa di sekolahHasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sangat berperan penuh dalam mendukung proses pembelajaran sehingga potensi para peserta didik dapat dikembangkan baik potensi berupa kognitif, afektif maupun psikomotorik. Karena beberapa kenakalan siswa saat ini sangatlah  banyak seperti kenalakan dalam kategori biasa, kenakalan menjurus dan kenakalan khusus. Beberapa solusi yang dapat dilakukan seperti upaya pereventif, upaya kuratif maupun pembinaan terhadap penyimpangan siswa. juga dapat dilakukan dengan optimalisasi perpustakaan melalui upaya siswa untuk minat dalam membaca. 
Peran Pendidikan Pengguna Terhadap Perilaku Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran Wardani, Amelia; Rusmana, Agus; Yanto, Andri
LIBRARIA Vol 5, No 2 (2017): LIBRARIA
Publisher : UPT. Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/libraria.v5i2.2434

Abstract

Library service becomes the benchmark of the library success. Library service is said to be good if the utilization of service is done maximally. It is related to user education, which in this case the purpose of user education is to provide education about the library so that users can utilize library services effectivelly and efficiently. This study aims to describe the role of the user education towards the utilization behavior of library service of the students of Faculty of Communication Sciences Padjadjaran University. The method used in this research is survey with quantitative descriptive approach. The sample of this research consists of 93 students of class of 2016 were chosen by accidental sampling technique. The results of this study show that the role of knowledge about layout, facilities, policy, and library services towards the utilization behavior of library service in the medium category. Meanwhile, the role of knowledge about librarians and the staffs in the library and library collections towards the utilization behavior of library service in the high category. So, it shows that the knowledge about library can encourage students to take advantage of library services because having knowledge about library will facilitate the user in utilizing library services.

Page 1 of 2 | Total Record : 20