cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. lombok timur,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Published by Universitas Hamzanwadi
ISSN : 24074411     EISSN : 2502406X     DOI : -
Core Subject :
Jurnal Humanitas (ISSN: 2407-4411, e-ISSN: 2502-406X) terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan analisis kritis. Jurnal Humanitas adalah jurnal di bidang Pendidikan IPS dan Ilmu Sosial yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Hamzanwadi.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan" : 7 Documents clear
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Koperasi Syariah di Kabupaten Lombok Timur Bahri, Salmi Yuniar; Santhi, Nova Hari
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja koperasi syariah di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif fokusnya adalah untuk membuat deskripsi gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat serta menjelaskan dan menganalisa kemudian menarik  suatu  kesimpulan  dari  hasil  penelitian  tentang  faktor-faktor  yang mempengaruhi kinerja koperasi syariah. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh koperasi syariah di Kabupaten Lombok Timur yang berjumlah 41 unit. Analisis data yang digunakan dalam  penelitian ini adalah Regregi Linier Berganda. Analisis Regresi Linear Berganda digunakan untuk mengukur pengaruh antara lebih dari satu variabel prediktor (variabel bebas) terhadap variabel terikat, yang menjadi variabel terikat (Kinerja   koperasi   syariah)  sedangkan   variabel   bebas   Partisipasi,   Komitmen, Kemampuan Berinovasi). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh antara partispasi, komitmen, kemampuan berinovasi terhadap kinerja koperasi syariah.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja dan Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIA Muhammadiyah Selong) Santhi, Nova Hari; Hartati, Widya
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menguji pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Karyawan (TU), (2) Menguji pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa, (3) Menguji pengaruh Kinerja Karyawan (TU) terhadap Kepuasan Mahasiswa. (4) Menguji pengaruh Kualitas Pelayanan secara tidak langsung terhadap Kepuasan Mahasiswa melalui Kinerja Karyawan (TU). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 214 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik proportionate statified random sampling. Data diambil menggunakan keusioner yang didistribusikan kepada mahasiswa STIA Muhammadiyah Selong. Teknik analisis yang digunakan adalah Struktural Equation Model (SEM) yang terdapat dalam program AMOS v. 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kinerja karyawan, kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, kinerja karyawan berpengaruh signifikan terhadap   kepuasan kerja. Pengaruh langsung nilainya lebih kecil di bandingkan dengan pengaruh tidak langsung.Oleh karena itu variabel kinerja karyawan merupakan variabel yang pas untuk menjadi variabel mediasi. Oleh karena itu kualitas pelayanan akan mempengaruhi kepuasan konsumen melalui variabel kinerja karyawan.
Kehidupan Sosial Ekonomi Petani Kopi di Desa Kadindi Dompu Khaeroni Khaeroni
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/jhm.v5i1.3703

Abstract

Perkenalam masyarakat Desa Kadindi Dompu dengan perkebunan kopi sudah dimulai sejak lama. Masyarakat mengenal kopi mulai dari pola penanaman sampai pada proses pemasaran. Tujuan penelitian untuk mengetahui perkebunan kopi di Desa Kadindi Dompu dan dampaknya  bagi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kehidupan ekonomi petani kopi di Desa Kadindi Dompu seiring dengan perkembangan zaman terjadi perubahan dari kehidupan sosial ekonomi yang kurang menjadi lebih baik. Kebutuhan perekonomian masyarkat dengan adanya perkebunan kopi sudah semakin baik. Adanya harga kopi yang tinggi, sudah tentu dapat membantu perekonoman masyarakat sehingga banyak orang yang berminat untuk menanam tanaman kopi.
Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja dan Kepuasan Mahasiswa (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIA Muhammadiyah Selong) Nova Hari Santhi; Widya Hartati
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/jhm.v5i1.3263

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Menguji pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja Karyawan (TU), (2) Menguji pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan mahasiswa, (3) Menguji pengaruh Kinerja Karyawan (TU) terhadap Kepuasan Mahasiswa. (4) Menguji pengaruh Kualitas Pelayanan secara tidak langsung terhadap Kepuasan Mahasiswa melalui Kinerja Karyawan (TU). Sampel dalam penelitian ini sebanyak 214 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik proportionate statified random sampling. Data diambil menggunakan keusioner yang didistribusikan kepada mahasiswa STIA Muhammadiyah Selong. Teknik analisis yang digunakan adalah Struktural Equation Model (SEM) yang terdapat dalam program AMOS v. 22. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kinerja karyawan, kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan konsumen, kinerja karyawan berpengaruh signifikan terhadap   kepuasan kerja. Pengaruh langsung nilainya lebih kecil di bandingkan dengan pengaruh tidak langsung.Oleh karena itu variabel kinerja karyawan merupakan variabel yang pas untuk menjadi variabel mediasi. Oleh karena itu kualitas pelayanan akan mempengaruhi kepuasan konsumen melalui variabel kinerja karyawan.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Koperasi Syariah di Kabupaten Lombok Timur Salmi Yuniar Bahri; Nova Hari Santhi
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/jhm.v5i1.3264

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kinerja koperasi syariah di Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif fokusnya adalah untuk membuat deskripsi gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat serta menjelaskan dan menganalisa kemudian menarik  suatu  kesimpulan  dari  hasil  penelitian  tentang  faktor-faktor  yang mempengaruhi kinerja koperasi syariah. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh koperasi syariah di Kabupaten Lombok Timur yang berjumlah 41 unit. Analisis data yang digunakan dalam  penelitian ini adalah Regregi Linier Berganda. Analisis Regresi Linear Berganda digunakan untuk mengukur pengaruh antara lebih dari satu variabel prediktor (variabel bebas) terhadap variabel terikat, yang menjadi variabel terikat (Kinerja   koperasi   syariah)  sedangkan   variabel   bebas   Partisipasi,   Komitmen, Kemampuan Berinovasi). Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh antara partispasi, komitmen, kemampuan berinovasi terhadap kinerja koperasi syariah.
Optimalisasi Guru Menggunakan Quiz Creator dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS Siswa di MTs. Sepit Lombok Timur Irwan Herianto; Jujuk Ferdianto; Zidni Zidni
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/jhm.v5i1.3704

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal yang mengarah kepada penggunaan media pembelajaran wondershare quiz creator, yaitu optimalisasi guru dalam proses pembelajaran, dan minat belajar IPS bagi siswa kelas VIIIb MTs. Al-amin NW Sepit. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan model analisis data Milles dan Huberman. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa secara umum guru di MTs Al-amin NW Sepit tidak pernah menggunakan media pembelajaran IT dan khususnya bagi guru mata pelajaran IPS terpadu kelas VIIIb, Hal ini dikarenakan oleh beberapa faktor: (a) guru mata pelajaran IPS terpadu tidak mengenal media pembelajaran IT dalam hal  ini  wondershare  quiz  creator,  (b)  tidak  adanya  sarana  yang  menunjang pembelajaran menggunakan media pembelajaran IT seperti LCD, (c) keterbatasan informasi bagi guru dalam hal pengembagan media berbasis IT, dan (d) guru tidak pernah mengikuti pelatihan media pembelajaran. Hadirnya media pembelajaran wondershare quiz creator memberikan dampak yang positif terhadap proses pembelajaran baik itu yang dirasakan oleh guru maupun siswa. Bagi guru penggunaan media wondershare quiz creator dirasakan sangat bermanfaat, karena selama proses mengajar menggunakan media pembelajaran wondershare quiz creator guru dapat mengoptimalkan proses pembelajaran.  Bagi siswa sendiri penggunaan media pembelajaran wondershare quiz creator dalam proses belajar dirasakan mampu meningkatkan minat belajar.
Studi Budaya Pada Eksistensi Pelayaran (7 Hari Kematian) di Desa Sukarema Lombok Timur Husnayati Husnayati; Syahrul Amar; Zidni Zidni
Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol 5, No 1 (2018): Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan
Publisher : Universitas Hamzanwadi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29408/jhm.v5i1.3702

Abstract

Kebudayaan memiliki bentuk tersendiri dalam suatu masyarakat. Di Desa Sukarema Lombok Timur terdapat kebiasaan masyarakt dalam menghormati keluarga yang sudah meninggal dunia yang disebut dengan kepercayaan pelayaran (7 hari kematian). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asal usul dari kepercayaan pelayaran 7 hari kematian di Desa Sukarema, Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tahapan pencarian sumber data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data bersifat induktif melalui tahaoan reduksi daya, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Asal usul kepercayaan pelayaran 7 hari kematian berasal dari nenek moyang masyarakat Sasak yang menjadi adat istiadat di desa Sukarema. Kebiasaan ini masih eksis sampai sekarang, karena pelayaran merupakan adat-istiadat yang diwariskan secara turun temurun oleh leluhur atau nenek moyang masyarakat desa Sukarena. Mereka sangat menjunjung tinggi adat istiadat nenek moyang yang sudah ada.

Page 1 of 1 | Total Record : 7