cover
Contact Name
Dewa Made Sri Arsa
Contact Email
dewamsa@unud.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.merpati@unud.ac.id
Editorial Address
Gedung Teknologi Informasi-Fakultas Teknik Jalan Raya Kampus UNUD, Jimbaran, Badung, Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi)
Published by Universitas Udayana
ISSN : 22523006     EISSN : 26852411     DOI : https://doi.org/10.24843/JIM
Core Subject : Science,
The journal publishes work from all disciplinary, theoretical and methodological perspectives. It is designed to be read by researchers, scholars, teachers and advanced students in the fields of Information Systems and Information Science, as well as IT developers, consultants, software vendors, and senior IT executives seeking an update on current experience and future prospects in relation to contemporary information and communications technology.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol. 4, No. 1, April 2016" : 12 Documents clear
Aplikasi Pembelajaran Membuat Ketupat dengan Animasi Model 3D Berbasis Android I Nyoman Artha Wijaya; A. A. K. Oka Sudana; Putu Wira Buana
Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi) Vol. 4, No. 1, April 2016
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (479.512 KB)

Abstract

Tipat merupakan sarana penunjang pelaksanaan Upacara Yadnya di Bali. Tipat ini memiliki beragam jenis dan fungsi. Kurangnya informasi serta literatur mengenai cara pembuatan tipat merupakan salah satu penyebab Umat Hindu kurang mampu memahami tentang mengulat tipat, sehingga dikembangkan Aplikasi Animasi Pembelajaran Tipat yang mampu menampilkan cara pembuatan tipat dengan Animasi Tradisional. Aplikasi dibuat pada platform Android dengan Unity sebagai main software pembuatnya. Output dari aplikasi adalah video, serta animasi cara pembuatan tipat. Kata kunci: Tipat, Unity, Android, Animasi Pembuatan Tipat
Aplikasi Game Edukasi Pupuh Sekar Alit Berbasis Android Putu Eka Suryadana; A. A. K. Agung Cahyawan W.; Ni Made Ika Marini Mandenni
Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi) Vol. 4, No. 1, April 2016
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1359.711 KB)

Abstract

Pupuh merupakan sebuah tembang macepat yang berarti membaca syair tembang atas empat suku kata yang memiliki kisah atau makna. Pupuh terdapat pada mata pelajaran muatan lokal anak yang berusia 9 hingga 14 tahun. Dewasa ini kesenian tembang khususnya pupuh kurang diminati oleh anak-anak dan remaja. Selain karena pelajaran metembang hanya terdapat pada mata pelajaran muatan lokal Bahasa Bali, materi yang memaparkan pupuh juga sedikit. Berdasarkan permasalahan yang ada melatarbelakangi pembuatan suatu metode pembelajaran yang menarik yaitu dikemas kedalam sebuah permainan digital. Game Edukasi Pupuh Sekar Alit diharapkan menjadi sebuah pembelajaran terkait Pupuh Sekar Alit yang dituangkan kedalam sebuah permainan. Game ini dibuat dengan menggunakan software Corona SDK dan bahasa pemrograman Lua. Game pupuh dapat berfungsi sebagai media pembelajaran pupuh yang efektif bagi anak-anak sekarang. Hal ini diperkuat dari hasil survey dengan kategori baik sebesar 77% pada aspek grafis dan 60% pada aspek entertainment dan edukasi. Kata Kunci: Game Edukasi, Budaya, Pupuh Sekar Alit, Corona SDK.
Rancang Bangun Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Berbasis Android Putut Rendra Wismawan; I Putu Agung Bayupati; I Ketut Adi Purnawan
Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi) Vol. 4, No. 1, April 2016
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (632.879 KB)

Abstract

Gong kebyar merupakan jenis gamelan yang menghasilkan musik-musik keras dan dinamis di Bali. Gamelan Gong Kebyar tersusun atas beberapa instrumen. Gamelan Gong Kebyar dipakai untuk mengiringi tari-tarian atau memainkan tabuh-tabuhan instrumental. Tidak sedikit Masyarakat Bali yang kurang mengetahui barungan Gong Kebyar. Instrumen-instrumen penyusun barungan Gong Kebyar seperti Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong, dan Jublag mungkin kurang dikenal dan diketahui fungsinya dalam Gong Kebyar. Aplikasi Gamelan Gong Kebyar dirancang dengan memadukan seni budaya dan teknologi untuk menciptakan suatu media pengenalan berupa aplikasi berbasis Android. Hasilnya adalah sebuah aplikasi yang mampu dijadikan sebagai media pembelajaran tentang Gamelan Gong Kebyar dan instrumen Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong, dan Jublag pada khususnya, baik dari segi informasi maupun bagaimana cara memainkannya. Masyarakat di Bali diharapkan bisa lebih mengenal tentang gamelan melalui Aplikasi Gamelan Gong Kebyar Berbasis Android. Kata kunci: Gamelan, Gong Kebyar, Reong, Ceng-ceng Ricik, Kemong, Jublag, Android.
Rancang Bangun Sistem Terdistribusi pada Apotek I Putu Mahendra Pramadhitya; I Ketut Adi Purnawan; Ni Kadek Dwi Rusjayanthi
Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi) Vol. 4, No. 1, April 2016
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1072.533 KB)

Abstract

Apotek adalah sarana distribusi sediaan farmasi yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan sediaan farmasi masyarakat. Tujuan tersebut dapat dicapai dengan dukungan sumber daya manusia di bidang kesehatan, serta sistem pengolahan data agar manajemen apotek dapat berjalan dengan baik. Bertambahnya pelanggan apotek dan berkembangnya struktur organisasi pada apotek menyebabkan perkembangan apotek dengan penambahan cabang baru. Penambahan cabang pada apotekmengharuskan manajemen mengatur segala keperluan operasional cabang dan pusat. Ketidakseragamanstruktur data dan beban jaringan akibat proses tersentralisasi antar apotek cabang dan apotek pusatmenjadi permasalahan dalam komunikasi dan konektivitas data. Mekanisme sistem terdistribusi yang digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah menerapkan teknik Fragmentasi Horizontal dan teknik Replikasi. Hasil perancangan sistem terdistribusi adalah meningkatnya kehandalan dan ketersediaan data, karena datadidistribusikan ke lokasi cabang tetapi tetap terhubung dengan jaringan pusat. Apotek pusat dapatmengurangai biaya oprasional dan bebankomputasi karena beberapa operasional dapat dilakukan secara lokal oleh apotek cabang. Kata Kunci: Apotek, Sistem Terdistribusi, Fragmentasi Horizontal, Replikasi, Sistem Pengolahan Data
Rancang Bangun Animasi 3D Pembelajaran Shalat Jenazah Berbasis Android Gembong Satria Prabowo; I Ketut Adi Purnawan; Ni Kadek Dwi Rusjayanthi
Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi) Vol. 4, No. 1, April 2016
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.269 KB)

Abstract

Shalat jenazah dan berwudhu merupakan kegiatan yang sering dilakukan Umat Islam. Kurangnya informasi serta masih digunakannya metode pengajaran konvensional yaitu hanya dengan menggunakan buku dan lisan saja merupakan salah satu penyebab Umat Islam khususnya siswa kurang mampu memahami tata cara berwudhu dan shalat jenazah. Seiring perkembangan teknologi, permasalahan tersebut dapat ditanggulangi dengan sebuah metode pembelajaran di bidang Teknologi Informasi yaitu dengan memanfaatkan teknologi smartphone berbasis Android sebagai media pembelajaran tata cara berwudhu dan shalat jenazah yang diimplementasikan ke dalam sebuah aplikasi animasi 3 dimensi. Aplikasi APJenazah dibuat berbasis Android menggunakan Autodesk Maya sebagai pemodelan dan animasi, sedangkan perancangan aplikasi Android menggunakan Unity. Aplikasi digunakan dengan input dari user berupa sentuhan tombol, dan output berdasarkan tombol yang disentuh. Hasil dari aplikasi APJenazah yaitu informasi mengenai prosesi tata cara berwudhu dan shalat jenazah, menggunakan objek dan karakter animasi 3 dimensi. Kata Kunci: Animasi, 3 Dimensi, Shalat Jenazah, Android
Rancang Bandun Game Edukasi Dagang Jajanan Bali Berbasis Android Anak Agung Putu Mahendra Putra; Ni Made Ika Marini Mandenni; Ni Kadek Ayu Wirdiani
Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi) Vol. 4, No. 1, April 2016
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.529 KB)

Abstract

Game bukan merupakan hal yang baru di Masyarakat Indonesia. Game yang berisi unsur edukasi sangat jarang ditemukan, apalagi game yang bisa memupuk rasa cinta terhadap kebudayaan Indonesia kepada para pemainnya. Jajanan Bali biasanya dibuat untuk keperluan hari raya agama hindu di Bali atau sebagai makanan ringan Masyarakat Bali. Game Edukasi Dagang Jajanan Bali dibuat untuk memberikan edukasi tentang resep-resep Jajanan Bali dimana memperkenalkan bahan-bahan umum seperti tepung, gula, kelapa, dan berbagai macam bahan lainnya tergantung dari jenis jajanan apa yang dibuat. Metode pembelajaran dengan menggunakan game merupakan salah satu inovasi dalam pengenalan jenis-jenis Jajanan Bali dan bahan-bahan umum yang dipakai dalam pembuatan Jajanan Bali. Game ini dibuat berbasis Android dengan menggunakan Corona SDK. Hasil dari kuesioner menyatakan 50% mendapat pengetahuan tentang Jajanan Bali yang terdapat dalam Game. Kata kunci: Android, Jajanan Bali, Game Edukasi
Sistem Informasi Geografis Pemetaan Persebaran Kriminalitas di Kota Denpasar Febe Niken Damayanti; I Nyoman Piarsa; I Made Sukarsa
Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi) Vol. 4, No. 1, April 2016
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1257.4 KB)

Abstract

Tindakan kriminalitas terjadi tidak mengenal waktu dan tempat, yang dapat merugikan masyarakat secara material maupun non material. Banyaknya kejadian kriminal di berbagai tempat dengan waktu yang berbeda, menjadi kendala bagi pihak terkait untuk menentukan daerah yang memiliki tingkat kerawanan kriminalitas tinggi, sehingga dibutuhkan sebuah sistem untuk membantu memberikan informasi kerawanan kejahatan pada suatu daerah. Sistem Informasi Geografis Pemetaan Persebaran Kriminalitas di Kota Denpasar berbasis web dirancang untuk menampilkan peta berisi informasi pola persebaran kriminalitas di Kota Denpasar menggunakan Google Maps dan Metode Single Exponential Smoothing. Fitur Google Maps yang mendukung sistem ini yaitu fitur polygon untuk menggambar daerah dan Geometry Library untuk menghitung luas daerah. Output aplikasi yang dihasilkan yaitu peta informasi serta grafik tindak kejahatan yang terjadi, yang dikelompokkan berdasarkan kelurahan di Kota Denpasar. Peramalan jumlah kriminalitas pada bulan selanjutnya dihitung dengan Metode Single Exponential Smoothing, dengan tingkat akurasi mendekati riil dengan data asli di lapangan. Kata kunci: Kriminalitas, Sistem Informasi Geografis, Kota Denpasar
Aplikasi Animasi 3 Dimensi Mendem Ari-Ari Berbasis Android I Gusti Agung Sagotri Mahadewi; Gusti Made Arya Sasmita; Kadek Suar Wibawa
Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi) Vol. 4, No. 1, April 2016
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Mendem Ari-ari merupakan salah satu tradisi umat Hindu yang dilaksanakan saat bayi baru lahir. Banyak kaum muda khususnya pasangan muda belum mengetahui bagaimana prosesi dalam melakukan upacara Mendem Ari-ari. Seiring perkembangan teknologi, permasalahan tersebut dapat ditanggulangi dengan sebuah metode pembelajaran di bidang Teknologi Informasi yaitu dengan memanfaatkan teknologi smartphone berbasis Android sebagai media pembelajaran prosesi upacara Mendem Ari-ari yang diimplementasikan ke dalam sebuah aplikasi animasi 3 dimensi. Aplikasi Mendem Ari-ari yang dibuat dalam aplikasi berbasis Android menggunakan Autodesk Maya sebagai pemodelan dan animasi, sedangkan perancangan aplikasi Android menggunakan Unity. User memberikan input berupa sentuhan pada suatu tombol, aplikasi Mendem Ari-ari kemudian memproses dengan memberikan output sesuai tombol yang disentuh. Hasil dari aplikasi Mendem Ari-ari dapat menjelaskan informasi mengenai prosesi upacara Mendem Ari-ari yang menampilkan objek animasi 3 dimensi dan juga video secara real atau nyata. Kata kunci: Animasi, 3 Dimensi, Mendem Ari-ari, Android
Rancang Bangun Aplikasi Absensi Mahasiswa pada Platform Android A. A. Raka Onny Diar Danur C.; I Nyoman Piarsa; A. A. Kompiang Oka Sudana
Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi) Vol. 4, No. 1, April 2016
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan perangkat mobile mewabah kian cepat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Didukung dengan adanya pengembangan aplikasi mobile yang begitu inovatif dan variatif, merupakan salah satu penyebabnya. Pengembangan aplikasi mobile bertujuan untuk mendukung hampir segala kegiatan manusia, seperti permainan, alat hitung, media sosial, dan juga khususnya mendukung untuk kegiatan belajar mengajar. Proses absensi merupakan suatu proses yang mendukung kegiatan belajar mengajar, dimana data absensi digunakan pada perkuliahan sebagai salah satu acuan dalam pengambilan keputusan penilaian terhadap mahasiswa. Data absensi tergolong data yang cukup riskan untuk terjadi kerusakan, dikarenakan bentuknya yang masih berupa lembaran kertas. Guna meminimalisir kerusakan laporan absensi tersebut, maka dirancanglah sebuah aplikasi berbasis Android yang dapat menangani proses absensi. Aplikasi yang dibangun, selain menangani proses absensi dalam perkuliahan, juga memiliki modul tambahan yaitu rekap absensi dimana data absensi yang tersimpan, selanjutnya direkapitulasi dan ditampilkan dalam sebuah laporan digital yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja. Rancang bangun aplikasi juga memiliki tingkat pertumbuhan alokasi data yang relatif kecil yaitu kurang lebih 11.7MB dengan asumsi keadaan perkuliahan di Jurusan Teknologi Informasi Fakultas Teknik Universitas Udayana dalam satu semester. Kata Kunci : Absensi, Perangkat Mobile, Android, Aplikasi Mobile.
Rancang Bangun Animasi 3 Dimensi Anyaman Bambu Khas Kebudayaan Bali Berbasis Android I Made Adi Mahendra Arta; Putu Wira Buana; A. A. K. Agung Cahyawan W.
Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi) Vol. 4, No. 1, April 2016
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kerajinan anyaman bambu merupakan sebuah seni menganyam dimana menghasilkan suatu keindahan yang dapat memiliki nilai jual tinggi. Khususnya di Bali, kerajinan anyaman bambu digunakan dalam berbagai kegiatan upacara agama, yaitu sokasi berfungsi sebagai tempat untuk memasukan babantenan saat melakukan persembahyangan di pura. Kurangnya informasi serta literatur mengenai cara pembuatan anyaman bambu merupakan salah satu penyebab generasi muda kurang mampu memahami tentang kerajinan anyaman bambu, sehingga dikembangkan Aplikasi Animasi Anyaman Bambu yang mampu menampilkan cara pembuatan kerajinan anyaman bambu. Animasi Anyaman Bambu yang dikembangkan bertujuan untuk memberikan informasi dan cara pembuatan anyaman bambu kepada generasi muda, khususnya para siswa. Aplikasi dibuat pada platform Android dengan Unity sebagai main software pembuatnya. Output dari aplikasi ini adalah animasi cara pembuatan anyaman bambu. Hasil pengujian aplikasi melalui kuesioner yaitu 70% untuk kriteria baik dari aspek user interface dan 60% untuk kriteria baik dari aspek edukasi. Hasil dari aspek edukasi menunjukkan Aplikasi Animasi Anyaman Bambu merupakan media pembelajaran dan penyampaian informasi yang lebih mudah dipahami dan mampu menarik minat siswa untuk memahami proses pembuatan anyaman bambu. Kata kunci: kerajinan anyaman bambu, Unity, Android, Animasi anyaman bambu, Animasi 3 Dimensi

Page 1 of 2 | Total Record : 12