cover
Contact Name
Ari Fadli
Contact Email
dinarek@unsoed.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dinamika.rekayasa@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa (DINAREK)
ISSN : 18583075     EISSN : 25276131     DOI : -
Core Subject : Engineering,
DINAREK is a scientific journal published by Engineering Departement of Jenderal Soedirman University. DINAREK is a peer reviewed nasional journal in Indonesian, published two issues per year (February and August). DINAREK is to publish high-quality articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments in the field of engineering. Its scope encompasses the engineering of signal processing, electrical (power), electronics, instrumentation & control, telecommunication, Geological Engineering, Civil Engineering, Computing and informatics, and Industrial Engineering.
Arjuna Subject : -
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022" : 12 Documents clear
Sistem Monitoring Kualitas Udara Berbasis Komunikasi LoRa di IT Telkom Purwokerto Danny Kurnianto; Kemuning Nenden Testy; Prasetyo Yuliantoro
Dinamika Rekayasa Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022
Publisher : Jenderal Soedirman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.dr.2022.18.1.520

Abstract

Institut Teknologi Telkom Purwokerto merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi berbasis Information and Communication Technology (ICT) yang ada di kota Purwokerto. Sebagai salah satu perguruan tinggi yang sedang berkembang pesat, pertumbuhan jumlah mahasiswa maupun pembangunan fasilitas Gedung perkuliahan meningkat setiap tahunnya. Polusi udara akibat asap kendaraan bermotor maupun aktifitas pembangunan Gedung di sekitar kampus Institut Teknologi Teknologi Telkom Purwokerto menyebabkan kualitas udara di sekitar kampus menjadi kurang sehat. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah sistem monitoring kualitas udara yang dapat dipantau secara jarak jauh menggunakan komunikasi LoRa. Pada sistem ini digunakan tiga sensor untuk mengukur kualitas udara yaitu MQ-7 untuk mengukur gas CO, MQ-135 untuk mengukur gas CO2 dan GP2Y1010AU0F untuk mengukur partikulat debu. Protokol komunikasi dari gateway ke ThingSpeak menggunakan protokol HTTP. Hasil pengujian kalibrasi sensor dapat dikatakan baik dengan nilai akurasi sensor MQ-7 sebesar 98% dan MQ-135 sebesar 95%. Pengujian parameter QoS pada komunikasi LoRa mendapatkan hasil nilai throughput tertinggi 4122,4 bps pada paket 64 byte jarak 10 m, nilai packet loss tertinggi sebesar 52% pada ukuran 251 byte jarak 300 m dan nilai RSSI terkecil yaitu -120,5 dBm pada ukuran paket 1 byte jarak 300 m. Pengujian kandungan gas CO mendapatkan nilai tertinggi gas CO yang terukur sebesar 17,58 PPM (standar < 20 PPM) dan berada dalam kategori baik, sedangkan pengukuran gas CO2 mendapatkan nilai tertinggi sebesar 643,25 PPM (Standar < 318 PPM) dan masuk kategori tidak baik. Hasil pengujian kandungan debu cenderung meningkat dari nilai 78,03 ug/m3 ke nilai tertinggi sebesar 89,69 ug/m3
Arsitektur Endapan Vulkaniklastik Berdasarkan Studi Singkapan Formasi Semilir di Daerah Ngoro-Oro, D.I.Yogyakarta Riyan Ranggas Yuditama; Muhammad Irfan Harisulistyo; Muhammad Pramaditya
Dinamika Rekayasa Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022
Publisher : Jenderal Soedirman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.dr.2022.18.1.422

Abstract

Formasi Semilir merupakan produk aktivitas vulkanik dari sistem subduksi antara lempeng benua Indo-Australia yang bergerak di bawah Lempeng Eurasia. Formasi Semilir memiliki umur Miosen Awal sebagai bagian dari Zona Pegunungan Selatan. Aktivitas vulkanik ini menghasilkan batuan vulkanik tebal yang kemudian mengendap di lingkungan laut dalam dan menciptakan berbagai karakteristik stratigrafi batuan. Penelitian ini dilakukan di dua lokasi yang berdekatan yaitu di Desa Gayamharjo dan Desa Ngoro-oro, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratigrafi detil pada singkapan batuan vulkanislastik yang ideal yang didasarkan pada beberapa aspek beserta urutan untuk mengidentifikasi mekanisme transportasi, serta perubahan fasies vertikal dan lateral. Tujuan dari penelitian di daerah penelitian ini adalah untuk merekonstruksi mekanisme sedimentasi, lingkungan pengendapan, dan transportasi endapan massa (MTD), menentukan material asal berdasarkan analisis detil stratigrafi. Berdasarkan identifikasi dua singkapan diperoleh duabelas litofasies yang terbagi menjadi enam litofasies pada singkapan Gayamharjo yang terdiri dari endapan debris flow, batupasir slump, breksi load cast, batupasir graded bedding, batupasir massif, dan perselingan batu pasir dengan batulanau. Litofasies pada singkapan Ngoro-oro terdiri dari perselingan batupasir dengan batu lempung, batu pasir perlapisan, perselingan batu pasir tufan dengan batu lanau, batupasir masif, batulanau laminasi, dan batu pasir konvolut. Data yang diperoleh dari observasi lapangan dan analisis laboratorium dalam penelitian ini dapat diinterpretasikan dengan model dari peneliti sebelumnya. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa daerah penelitian ini berasal dari lingkungan suprafan lobs pada mid fan dan upper fan channel fill deposits
Pengaruh Pemasangan Anyaman Karet Ban Bekas Pada Tanah Pasir dengan Pembebanan Berulang Sumiyanto Sumiyanto; Arwan Apriyono; Tri Ayuk Mistiyani; Reza Nanda Pradana
Dinamika Rekayasa Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022
Publisher : Jenderal Soedirman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.dr.2022.18.1.409

Abstract

Perkuatan tanah pasir dengan anyaman karet ban bekas merupakan upaya mengatasi permasalahan kapasitas dukung jalan raya, dengan mamanfaatkan limbah ban bekas. Anyaman ban bekas berfungsi sebagai tulangan tanah pengganti geogrid. Anyaman dibuat dengan ukuran 3 cm x 2 mm dengan spasi 10 cm, yang dipasang 10 cm di bawah permukaan tanah. Efektifitas anyaman karet ban bekas dikaji pada pembebanan statis dan pembebanan berulang. Pembebanan berulang dilakukan untuk menirukan perilaku beban kendaraan yang sifatnya berulang. Penelitian dilakukan di laboratorium dengan melakukan pengujian pembebanan di dalam kotak uji. Tanah yang digunakan berupa tanah pasir denngan pemadatan rendah, yaitu 5% dari energi pemadatan proctor standard. Pembebanan berulang dilakukan sebanyak 12 kali, yang masing-masing untuk beban 45 kg, 90 kg, 135 kg, dan 180 kg. Setelah beban berulang dilakukan, pembebanan dilanjutkan untuk mendapatkan kuat dukungnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemasangan anyaman karet ban bekas mampu meningkatkan kapasitas dukung tanah, baik pada pembebanan statis, maupun pasca pembebanan berulang. Pada penelitian ini tidak terjadi efek fatique akibat beban berulang
Analisis Pemilihan Asosiasi Jasa Konstruksi Berdasarkan Persepsi Kontraktor di Palangka Raya Subrata Aditama K.A.Uda; Apria BP. Gawei; Rr. Ratna Dewi
Dinamika Rekayasa Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022
Publisher : Jenderal Soedirman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.dr.2022.18.1.425

Abstract

Industri konstruksi di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan terutama pada bidang infrastruktur. Berdasarkan data statistik tahun 2020 menunjukkan kontribusi produk domestik bruto sektor konstruksi di Indonesia menempati peringkat ke 2 setelah negara Kamboja. Kondisi ini memberi peluang berdirinya beberapa organisasi dan asosiasi jasa konstruksi baru yang menaungi kontraktor sebagai syarat dalam mengikuti lelang proyek pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana variabel biaya, promosi, dan pelayanan berpengaruh terhadap keputusan dalam memilih asosiasi jasa konstruksi. Analisis penelitian menggunakan metode regresi linier berganda dengan jumlah sampel 377 responden dari 461 respoden yang berasal dari kontraktor yang merupakan anggota asosiasi jasa konstruksi di kota Palangka Raya. Hasil penelitian ini menemukan bahwa variabel biaya, promosi, dan pelayanan berpengaruh nyata terhadap keputusan anggota badan usaha dalam memilih asosiasi jasa konstruksi. Analisis statistik menunjukkan variabel biaya mempunyai pengaruh paling dominan dan sangat signifikan sebesar 0,546, selanjudnya variabel promosi dan pelayanan sebesar 0,275 dan  0,259. Ketiga variabel ini meminiliki tingkat signifikasi lebih besar dari 0,05 (99%) terhadap keputusan anggota badan usaha dalam memilih asosiasi jasa konstruksi di Palangka Raya. Hasil penelitian ini mendukung teori yang menyatakan bahwa variabel biaya, promosi dan pelayanan mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen
Game Edukasi Pengenalan Hewan Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Kelas 3 Sekolah Dasar Fatah Yasin Al Irsyadi; Dedi Gunawan; Ayu Putri Wardhani; Yogiek Indra Kurniawan
Dinamika Rekayasa Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022
Publisher : Jenderal Soedirman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.dr.2022.18.1.467

Abstract

Anak berkebutuhan khusus tunagrahita adalah anak yang memiliki kemampuan daya pikir di bawah anak-anak pada umumnya. Dibutuhkan pendidikan dan metode pembelajaran yang berbeda dari anak pada umunnya. Dalam penyampaian pembelajaran dibutuhkan teknik yang inovatif dan modern. Seiring perkembangan zaman, pembelajaran yang inovatif ini dapat menggunakan media edukasi. Game edukasi yang membantu guru dalam menyampaikan materi yang bersifat inovatif. Berdasarkan wawancara dan pemantauan game edukasi ini yang dapat membantu perkembangan kognitif dan sensorik anak tunagrahita. Game edukasi ini berupa pengenalan hewan berkaki dua yang ada di lingkungan sekitar yang sangat familiar bagi anak. Pengerjaan game ini menggunakan software constructs 2. Penerapan game ini dilakukan di SLB Negeri Sukoharjo. Pengujian pertama berdasarkan hasil pengujian blackbox, game edukasi dapat berjalan sesuai dengan yang diinginkan. Pengujian kedua adalah pengujian berdasarkan kuesioner. Pengujian ini telah dibagikan dan nilai setelah game dipresentasikan di hadapan 30 responden yang berasal dari bapak-ibu guru, diperoleh hasil rata-rata persentase 88,8%. Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan bahwa game edukasi pengenalan hewan berkaki dua mampu menjadi suatu sarana yang dapat membantu guru dalam menyampaikan pembelajaran kepada siswa yang membuat pembelajaran menjadi kreatif, inovatif dan modern yang dapat diterima dengan mudah oleh siswa SLB Negeri Sukoharjo
Integrasi Data Geologi, Morfologi, dan Geofisika Metode Geolistrik Resistivitas untuk Delineasi Zona Rawan Longsor Daerah Wonotunggal, Jawa Tengah Karimah, Ananda Achlaqul; Setyowati, Ririn; Handini, Afriliani M; Giamboro, Wrego Seno
Dinamika Rekayasa Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022
Publisher : Jenderal Soedirman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.dr.2022.18.1.423

Abstract

Abstrak—BPBD Pekalongan mengungkapkan bahwa sebayak tujuh kecamatan di daerah Pegunungan Kabupaten Pekalongan dinilai rawan longsor. Hasil integrasi data geologi, morfologi, dan geofisika geolistrik resistivitas ini bertujuan untuk mengetahui persebaran dan volume stable & unstable zone sebagai pengontrol mass-movement, arah bidang gelincir, delineasi zona rawan longsor sehingga mampu dilakukan mitigasi berkelanjutan di daerah yang rawan terdampak tanah longsor. Berdasarkan data geologi, Pekalongan memiliki stratigrafi berupa Alluvium, Lava Andesit dan Klastika gunung api. Data morfologi menunjukkan kemiringan lereng sebesar 0-35% dan data curah hujan rata-rata daerah Pekalongan pada tahun 2013-2017 mencapai 2000 mm/tahun. Berdasarkan hasil data geolistrik konfigurasi dipole-dipole dengan 12 lintasan berarah Barat Laut-Tenggara dan panjang 280 meter diinterpretasikan terdapat 3 litologi batuan berupa andesit (>800 Ω.m) sebagai bedrock yang bersifat resisten (stable), dan Klastika Gunung Api (34.5–50 Ω.m) serta alluvium (<34.5 Ω.m) yang diidentifikasi sebagai batuan non-resisten (unstable). Pemodelan 3D geolistrik mendapatkan informasi berupa kemiringan bidang gelincir yang berarah Utara-Selatan dan volume unstable zone sebesar 64.620.680 m3. Hasil integrasi data menunjukkkan bahwa daerah penelitian memiliki kemiringan lereng searah dengan bidang gelincir (utara-selatan) sehingga berpotensi terjadi tanah longsor sehingga perlu dilakukan program mitigasi lanjutan khususnya pada area selatan kavling penelitian. Kata kunci —  Bidang Gelincir, Geolistrik, Mitigasi, Resistivitas, Tanah Longsor
Desain Monitoring Kecepatan Putar Nirkabel Berbasis Arduino dan Xbee Agung Mubyarto; Priswanto Priswanto; Bachtiar Awaloka
Dinamika Rekayasa Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022
Publisher : Jenderal Soedirman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.dr.2022.18.1.480

Abstract

Parameter kecepatan putar pada motor listrik dapat memberikan informasi tentang kualitas kerja motor listrik. Kondisi lingkungan kerja motor listrik yang selalu bergerak berpotensi bahaya pada operatornya, untuk itu diperlukan sitem akuisisi data yang tepat untuk menggantikan pengambilan data secara manual. Kemajuan teknologi memungkinkan dilakukan monitoring secara nirkabel. Sistem monitoring nirkabel memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan sistem monitoring menggunakan kabel seperti harga yang lebih murah dan perawatan yang mudah. Penelitian ini melakukan pengujian akurasi kecepatan putar pada motor listrik secara nirkabel menggunakan sensor optocoupler dengan tambahan sebuah roda encoder. Selain menguji kecepatan putar, penelitian ini juga menguji jarak jangkauan modul nirkabel Xbee didalam dan diluar ruangan. Sebagai test bed pengujian digunakan papan simulasi motor listrik yang dikopel dengan sebuah generator mini di Laboratorium Teknik Elektro Fakultas Teknik Unsoed. Hasil pengujian memberikan error kecepatan putaran kurang dari 1% dan jarak jangkauan terjauh sekitar 120 meter pada kondisi tanpa halangan. Untuk penelitian selanjutnya dapat dicoba dengan berbagai model skenario jaringan sensor nirkabel
Pengaruh Driving Distraction Penggunaan Smartphone Terhadap Pengemudi Sebagai Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Dengan Multilevel Factorial Hasyim Asyari; Febri Maulana; Katon Muhammad; Rani Aulia Imran
Dinamika Rekayasa Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022
Publisher : Jenderal Soedirman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.dr.2022.18.1.521

Abstract

Sebagian besar kecelakaan di jalan raya disebabkan oleh gangguan yang dialami oleh pengemudi saat menyetir disebut driving distraction. Jumlah kecelakaan lalu lintas mencapai 18.000 jiwa mayoritas disebabkan oleh driving distraction  salah satunya karena penggunaan smartphone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh driving distraction, berdasarkan distraction time, time traffic, jenis jalan, dan menganalisa penggunaan smartphone. Metode eksperimen yakni multilevel factorial desain dengan purposive sampling menggunakan driving simulator di laboratorium. Perlakuan yang diberikan yakni membaca pesan, membuka peta, dan membalas pesan. Berdasarkan hasil penelitian , pada kondisi jalan dengan 4 lajur kondisidan traffic off-peak (senggangsepi), penggunaan smartphone selama 10 detik beresiko kecelakaan rendah (mencapai 0%). Kondisi jalan dengan dua lajur dan traffic peak hour (sibuk), penggunaan smartphone selama 25 detik memiliki tingkat rasio terjadinya kecelakaan yang relative relatif tinggi (70%). Penggunaan smartphone selama 45 detik bertingkat resiko terjadinya kecelakaan mencapai 100%, jalan dua lajur dengan traffic peak hour. Terdapat tingkat kecelakaan yang rendah atau cenderung tidak terjadi pada penggunaan smartphone  saat berkendara dengan nilai Y = 1.450, kondisi tersebut ialah kombinasi antara durasi 10 detik, jalan 2 lajur, dan traffic off-peak. Penggunaan smartphone saat berkendara lebih dari 10 detik pada jalan 2 atau 4 lajur dengan kondisi lalu lintas sepi maupun sibuk menunjukkan resiko kecelakaan 65%-100%.
Kontrol Struktur Geologi Terhadap Potensi Panas Bumi Daerah Danau Ranau, Sumatera Selatan dan Sekitarnya Amsal Frans Harapenta Surbakti; Anju Goldmoreast Marbun; Sendita Aditya
Dinamika Rekayasa Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022
Publisher : Jenderal Soedirman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.dr.2022.18.1.445

Abstract

Reduksi ketersediaan energi konvensional menuntut pengembangan energi alternatif, salah satunya panas bumi. Danau Ranau memiliki potensi panas bumi direpresentasikan dengan manifestasi mata air panas di permukaan. Sasaran identifikasi awal potensi panas bumi terkait asosiasinya dengan struktur rekahan dan patahan. Observasi ini dikembangkan dengan studi pustaka, penginderaan jauh dengan pendekatan melalui satelit citra, survei manifestasi, dan analisis studio. Berdasarkan analisis ini didapati pola kelurusan dominan barat laut – tenggara dan dipengaruhi oleh gaya kompresi dengan arah relatif utara – selatan. Pola kelurusan ini berasosiasi dengan struktur geologi sebagai play zone dari reservoir geothermal. Tipe kelurusan juga diinterpretasikan bahwa Danau Ranau merupakan discharge zone yang dihasilkan oleh sesar mendatar yaitu Sesar Kumering dengan pola serupa Sesar Semangko. Hasil survei permukaan ditemukan dua lokasi manifestasi Air Panas Ranau (APR) dan Air Panas Lumbok (APL). Lokasi APR ditemukan dua titik manifestasi dengan suhu sekitar 54o C dan 60o C, kadar pH netral, dan litologi penyusun batuan sampingnya berupa endapan piroklastik yaitu welded tuff dan batuan beku andesit. Pada APL terdapat dua titik manifestasi air panas dengan suhu sekitar 45o C hingga 59o C dengan pH relatif netral. Potensi energi sekitar 37 Mwe diduga terdapat pada reservoir panas bumi pada daerah Danau Ranau
Analisa keseimbangan Lintasan dengan Metode Killbridge Wester dan Helgeson Birnie (Studi Kasus : Line Welding PT. Suzuki Indomobil Motor Plant Tambun II) Maria Krisnawati; Nita Pertiwi; Suparjiyanto Suparjiyanto
Dinamika Rekayasa Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022
Publisher : Jenderal Soedirman University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20884/1.dr.2022.18.1.485

Abstract

Penelitian ini merupakan studi kasus yang dilakukan pada Line Welding PT. Suzuki Indomobil Motor Plant Tambun II. Hasil dari analisis efisiensi lini menunjukkan bahwa lini rear floor YR9 memiliki efisiensi paling rendah yaitu 75,16 %. Oleh karena itu, peneliti melakukan analisa pada lini rear floor YR9 dengan metode Line Balancing. Peneliti melakukan Analisa perbaikan lini dengan dua metode yaitu Killbridge Wester dan Hegelson Birnie dengan menggunakan Cycle Time (CT) = 20,09 menit dan CT=19 menit untuk line efficiency, balance delay, dan smoothness index. Berdasarkan analisis, metode Hegelson Birnie dengan CT= 19 menit menghasilkan nilai line efficiency yang terbaik yaitu sebesar 94,22%, nilai balance delay sebesar 5,70%, dan nilai smoothness index sebesar 1,32.

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol 19, No 2 (2023): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Agustus 2023 Vol 19, No 1 (2023): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2023 Vol 18, No 2 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Agustus 2022 Vol 18, No 1 (2022): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2022 Vol 17, No 2 (2021): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Agustus 2021 Vol 17, No 1 (2021): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2021 Vol 16, No 2 (2020): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Agustus 2020 Vol 16, No 1 (2020): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2020 Vol 15, No 2 (2019): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Agustus 2019 Vol 15, No 2 (2019): Dinamika Rekayasa - Agustus 2019 Vol 15, No 1 (2019): Dinamika Rekayasa - Februari 2019 Vol 15, No 1 (2019): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2019 Vol 14, No 2 (2018): Dinamika Rekayasa - Agustus 2018 Vol 14, No 2 (2018): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Agustus 2018 Vol 14, No 1 (2018): Dinamika Rekayasa - Februari 2018 Vol 14, No 1 (2018): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2018 Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Agustus 2017 Vol 13, No 2 (2017): Dinamika Rekayasa - Agustus 2017 Vol 13, No 1 (2017): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2017 Vol 13, No 1 (2017): Dinamika Rekayasa - Februari 2017 Vol 12, No 2 (2016): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Agustus 2016 Vol 12, No 2 (2016): Dinamika Rekayasa - Agustus 2016 Vol 12, No 1 (2016): Dinamika Rekayasa Februari 2016 Vol 12, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa Februari 2016 Vol 11, No 2 (2015): Dinamika Rekayasa - Agustus 2015 Vol 11, No 2 (2015): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Agustus 2015 Vol 11, No 1 (2015): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2015 Vol 11, No 1 (2015): Dinamika Rekayasa - Februari 2015 Vol 10, No 2 (2014): Dinamika Rekayasa - Agustus 2014 Vol 10, No 2 (2014): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Agustus 2014 Vol 10, No 1 (2014): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Februari 2014 Vol 10, No 1 (2014): Dinamika Rekayasa - Februari 2014 Vol 9, No 2 (2013): Jurnal Ilmiah Dinamika Rekayasa - Agustus 2013 Vol 9, No 2 (2013): Dinamika Rekayasa - Agustus 2013 Vol 9, No 1 (2013): Dinamika Rekayasa - Februari 2013 Vol 9, No 1 (2013): Dinamika Rekayasa - Februari 2013 Vol 8, No 2 (2012): Dinamika Rekayasa - Agustus 2012 Vol 8, No 2 (2012): Dinamika Rekayasa - Agustus 2012 Vol 8, No 1 (2012): Dinamika Rekayasa - Februari 2012 Vol 8, No 1 (2012): Dinamika Rekayasa - Februari 2012 Vol 7, No 2 (2011): Dinamika Rekayasa - Agustus 2011 Vol 7, No 2 (2011): Dinamika Rekayasa - Agustus 2011 Vol 7, No 1 (2011): Dinamika Rekayasa - Februari 2011 Vol 7, No 1 (2011): Dinamika Rekayasa - Februari 2011 Vol 6, No 2 (2010): Dinamika Rekayasa - Agustus 2010 Vol 6, No 2 (2010): Dinamika Rekayasa - Agustus 2010 Vol 6, No 1 (2010): Dinamika Rekayasa - Februari 2010 Vol 6, No 1 (2010): Dinamika Rekayasa - Februari 2010 Vol 5, No 2 (2009): Dinamika Rekayasa - Agustus 2009 Vol 5, No 2 (2009): Dinamika Rekayasa - Agustus 2009 Vol 5, No 1 (2009): Dinamika Rekayasa - Februari 2009 Vol 5, No 1 (2009): Dinamika Rekayasa - Februari 2009 Vol 4, No 2 (2008): Dinamika Rekayasa - Agustus 2008 Vol 4, No 2 (2008): Dinamika Rekayasa - Agustus 2008 Vol 4, No 1 (2008): Dinamika Rekayasa - Februari 2008 Vol 4, No 1 (2008): Dinamika Rekayasa - Februari 2008 Vol 3, No 2 (2007): Dinamika Rekayasa - Agustus 2007 Vol 3, No 2 (2007): Dinamika Rekayasa - Agustus 2007 Vol 3, No 1 (2007): Dinamika Rekayasa - Februari 2007 Vol 3, No 1 (2007): Dinamika Rekayasa - Februari 2007 Vol 2, No 1 (2006): Dinamika Rekayasa - Februari 2006 Vol 2, No 1 (2006): Dinamika Rekayasa - Februari 2006 Vol 1, No 1 (2005): Dinamika Rekayasa - Agustus 2005 Vol 1, No 1 (2005): Dinamika Rekayasa - Agustus 2005 More Issue