cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 23021705     EISSN : -     DOI : -
JESBIO memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) kritis dan komperhensif dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi murni.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi" : 7 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VIRUS KELAS X SMA NEGERI 1 KUTABLANG M. Rezeki Muamar; Aklima .
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini tentang “ Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 1 Kutablang”  pada semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 1 Kutablang. Polpulasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kutablang yang berjumlah 73 siswa, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XIPA2  yang berjumlah 24 siswa dan kelas XIPA3 yang berjumlah 19 siswa. Data diperoleh dengan memberikan tes kepada siswa yang terdiri dari pre-test (tes awal) dan post-test (tes akhir) yang diberikan kepada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil pengujian Normalitas kelas eksperimen diperoleh χ2hitung = 5,33 dan kelas kontrol χ2hitung =10,35 sedangkan χtabel =11,07 berarti χhitung < χtabel maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol sebarannya mengikuti distribusi normal. Selanjutnya berdasarkan hasil pengujian Homogenitas diperoleh Fhitung = 2,07 sedangkan Ftabel = 2,15 berarti Fhitung<Ftabel maka varians kedua kelas adalah homogen. Untuk analisis digunakan rumus Uji-t. Hasil analisis diperoleh t hitung=4,92 dan t tabel = 1,68 pada taraf signifikan α = 0,05 dan dk = 41 berarti harga t hitung>t tabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Virus Kelas X SMA Negeri 1 Kutablang. Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif tipe Listening Team, Hasil  belajar.
KELAYAKAN AVES YANG TERDAPAT DI KAWASAN WISATA TAMAN RUSA, KECAMATAN SIBREH, KABUPATEN ACEH BESAR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH ZOOLOGI VERTEBRATA Rahmawati .
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian dengan judul ‘’Kelayakan Aves yang Terdapat di Kawasan Wisata Taman Rusa, Kecamata Sibreh, Kabupaten Aceh Besar sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Zoologi Vertebrata’’ telah dilakukan pengambilan data pada tanggal 18 Desember 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan Aves yang terdap di kawasan Taman Rusa, Kecamatan Sibreh, Kabupaten Aceh Besar sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Zoologi Vertebrata. Metode yang digunakan adalah jelajah. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunnjukkan bahwa jumlah jenis Aves yang terdapat di kawasan Taman Rusa, Kecamatan Sibreh, Kabupaten Aceh Besar sebanyak 27 jenis dari 18 famili dan 14 ordo.  Kelayakan Aves yang terdapat di kawasan wisata Taman Rusa sebagai  media pembelajaran mata kuliah Zoologi Vertebrata bila dibandingkan dengan buku ajar Zoologi Vertebrata tergolong kategori cukup layak dengan persentase kelayakan 66,67%. Kata kunci : Kelayakan, Aves, Taman Rusa, Media Pembelajaran, Zoologi Vertebrata
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS BIOLOGI SISWA PADA TOPIK PENCEMARAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 MUTIARA PIDIE Afnidar .
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan strategi pembelajaran yang tepat merupakan salah satu cara yang tepat dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa di sekolah. Strategi pembelajaran inkuiri merupakan salah satu strategi pembelajaran yang melibatkan siswa pada saat pembelajaran berlangsung, selain membuat siswa menjadi aktif dalam melakukan setiap keterampilan pada saat belajar, strategi ini juga mengajak siswa untuk menyelesaikan sendiri setiap permasalahan yang diberikan oleh guru. Dengan menemukan sendiri setiap permasalahan menjadikan informasi yang didapatkan siswa lebih lama tersimpan di memori siswa, sehingga menjadikan pembelajaran lebih bermakna. Selain penggunaan strategi yang tepat, kepercayaan diri seseorang juga sangat menentukan prestasi belajar. Tingginya kepercayaan diri seseorang akan lebih mudah dalam menemukan jati diri dan menggapai sesuatu yang diharapkan, begitu juga sebaliknya dengan seseorang yang memiliki rasa percaya diri yang rendah menjadikan suatu penghalang dalam menggapai impian.                                                                                                                         Kata kunci : Inkuiri Terbimbing, Inkuiri Bebas Termodifikasi, Percaya Diri, Keterampilan Proses Sains
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA PERKULIAHAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK Siti Maryam Fadhilah Palestina; Samingan .; Evi Apriana
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study were aimed to know : different concept understanding students who taught using Giving Question and Getting Answer  with students who taught using conventional learning The sample in this study were two classes is determined by cluster random sampling, consist of an exsperimental class(Giving Question and Getting Answer)  and the control class (conventional). The technique of analyzing data was conducted through t test. The conclusion of the research is a significant different concept understanding students who taught using Giving Question and Getting Answer  with students who taught using conventional learning.  Key words:    concept understanding, Giving Question and Getting Answer
PERUBAHAN STRUKTUR HISTOLOGIS INSANG DAN HATI IKAN NILA (Oreochromis niloticus Linnaeus 1758) YANG TERPAPAR MERKURI Ilham Zulfahmi; Ridwan Affandi; Djamar T.F. Lumban Batu
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perubahan struktur histologis organ insang, hati dan ginjal ikan nila akibat dari paparan merkuri. Penelitian dilakukan dari bulan Februari hingga Juni 2013. Ikan nila berukuran panjang 11-13 cm dengan bobot rata-rata 20 gram dipaparkan pada konsentrasi sub kronik merkuri klorida (0,164 mgL-1) selama 56 hari. Pembuatan preparat histologis hati dan dilakukan dengan metode histoteknik menggunakan pewarnaan Haemotoxylin dan Eosin. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh negatif pada hati dan ginjal ikan nila akibat dari paparan merkuri. Paparan merkuri pada organ insang menyebabkan terjadinya perubahan struktur histologis berupa perbesaran sel organ (hypertrophy), penambahan jumlah sel (hyperplasia) pembengkokan lamela sekunder (curling of secondary lamella), penghimpitan lamella sekunder (fusion in secondary lamella)  dan kematian sel  (neukrosis). Perubahan histologis pada organ hati berupa perbesaran sel organ (hypertrophy), penambahan jumlah sel (hyperplasia), penciutan inti  sel (shrinkage of hepatocytes), pendarahan (hemorage), dan kematian sel (neukrosis).Kata kunci: merkuri klorida, histologis, hypertrophy, hyperplasia, neukrosis.
KAJIAN PERBANDINGAN HISTOLOGI USUS HALUS DAN USUS KASAR ANTARA AYAM HUTAN (Gallaus gallus) DAN AYAM RAS (White leghorn) Ainul Mardhiah
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This Research aims to determine differences in the small intestine and colon histology coarse chicken (White leghorn) and partridges (Gallus gallus). As a sample of chicken and partridges male, adult weighing 1.75 to 2.00 kg respectively, and 2.00 to 1.2 kg. The amount of each is 2 (two) tail. For histological examination of the small intestine tissue (jejenun) and coarse intestine (cecum) were taken of each of the two (2) different places and fixed with 10% formalin solution, after going through the process of micro-histological techniques, the specimen was cut wear mikrotop with a thickness of 6 (six) microns and stained with Haematoksilin and eosin (HE) histological images obtained using photomikroskop of various magnification. The results showed that the general structure of the small intestine and rough on both types of chicken under study are the same, which is composed of layers of mucosa, submucosa, tunica muscularis and serosa. However, there are differences in specific structures on several network components, especially in the mucosal layer. In the small intestine and rough broiler growth Lieberkuhn glands, mucous mmuskularis grow perfect, but the number of goblet cells less. factors that allow the structural difference is the food, environmental and metabolic activity.Keywords: Chicken Forest, Small intestine and intestine Rough.
ANALISIS HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR REMAJA PUTRI PADA SMA NEGERI 1 KABUPATEN BIREUEN Siti Maryam; Fadhli A Gani
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sekolah merupakan sebuah unit sosial, karena di dalamnya terdiri dari beberapa orang yang menyatu bukan oleh faktor kebetulan tapi dengan sebuah kesengajaan, yakni mereka sengaja untuk menyatu walaupun melakukan tugas yang berbeda  satu sama lain dalam rangka mencapai tujuan yang bersama, sehingga sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal yang mendidik anak-anak  dan mengantarkan mereka menuju pada fase kedewasaan intelektual, agar mereka mandiri baik secara psikologis, biologis maupun sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah  menganalisis hubungan status gizi dan kesehatan hubungannya dengan prestasi belajar remaja yang dilakukan pada SMA Negeri 1 Bireuen.  Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa:  Berdasarkan uji korelasi Spearman antara status gizi  dan kesehatan dengan prestasi belajar memperlihatkan hubungan yang positif (rs = 0,143; p = 0,377).                                                            Kata kunci : Status gizi, Prestasi belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2015 2015


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI DAN SAINS BIOLOGI Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi More Issue