cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 23021705     EISSN : -     DOI : -
JESBIO memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) kritis dan komperhensif dalam bidang pendidikan biologi dan ilmu biologi murni.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi" : 5 Documents clear
KOMPOSISI VEGETASI DAN POTENSI SUMBER PAKAN MONYET EKOR PANJANG (Macaca fascicularis) DI KAWASAN BERKAPUR Rosi Feirina Ritonga; Agus Pambudi Dharma; Gufron Amirullah
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komposisi vegetasi dan potensi sumber pakan yang dimakan  monyet ekor panjang (M. fascicularis) di daerah berkapur Gunung Cicadas Jawa Barat. Pengumpulan data menggunakan metode jalur garis berpetak. Hasil pengamatan ini ada 16 jenis tumbuhan di Gunung Cicadas dan ada 5 jenis tumbuhan yang menjadi sumber pakan MEP diantaranya: ceuri (Muntingia calabua), alang-alang (Imperata cylindrica), petai cina (Laucaena glauca), beringin (Ficus sp.) dan daun ungu (Graptophyllum pictum). Kata kunci: Komposisi vegetasi, sumber pakan, monyet ekor panjang, dan kawasan berkapur
PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT BERBANTU MEDIA LINGKUNGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X DI SMA NEGERI 1 GANDAPURA Tutiliana Tutiliana; Rahmi Rahmi
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat berbantu media lingkungan terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X di SMA Negeri 1 Gandapura yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X, sedangkan yang menjadi sampel  yaitu kelas X IPA3 sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa dan X IPA4 sebagai kelas eksperimen. Sebanyak 20 siswa, yang diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest. Data hasil penelitian di analisis dengan menggunakan program SPSS versi 20.Hasil perhitungan untuk uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai p < 0,05 (0,04< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat berbantu media lingkungan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem kelas X di SMA Negeri 1 Gandapura. Kata kunci: Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM), Media Lingkungan, Hasil belajar, Materi Ekosistem
PEMBELAJARAN BIOLOGI INQUIRI BERBANTU MEDIA PRAKTIK SEDERHANA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAFASAN MANUSIA Rahmi Rahmi; Tutiliana Tutiliana; Hayatul Husna
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pangaruh pembelajaran biologi Inquiri berbantu alat peraga praktik sederhana terhadap hasil belajar pada materi Sistem Pernafasan Manusia Peredaran Darah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bireuen. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui ada atau tidak ada pengaruh pembelajaran biologi berbantu alat peraga praktik terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah SMA Negeri 1 Bireuen. Pendekatan yang digunakan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan rancangan pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini seluruh kelas XI yang berjumlah 120 orang. Sampel penelitian berjumlah 60 orang yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol, kedua kelas tersebut merupakan siswa yang memiliki kemampuan yang sama atau tidak berbeda nyata, 30 orang siswa untuk kelas eksperimen (XI IPA.1) dan 30 orang siswa untuk kelas kontrol (XI IPA 2) yang telah dipilih secara Claster Random Sampling. Data penelitian terdiri dari data kemampuan awal (Pretest) dan data kemampuan akhir (Postest) untuk melihat hasil belajar siswa. Analisis data uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 16.0. Hasil pengujian Hipotesis menggunakan Uji Independent Sampel T-Test menunjukkan bahwa nilai Sig. pengujian dua arah yaitu diperoleh bahwa nilai thitung (6,793) sedangkan  nilai ttabel (α = 0,05) yaitu (1,645), jadi dapat disimpulkan bahwa thit. ≥ttabel pada (α = 0,05), maka Ha diterima, artinya terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran biologi inquiry berbantu alat peraga praktik sederhana berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pernafasan manusia  kelas XI di SMA Negeri 1 Bireuen. Kata kunci: Inquiri , Alat Peraga Praktik, Hasil Belajar.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE (TPS) DIPADU MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI JARINGAN HEWAN DI SMA NEGERI 1 NISAM Fakhrah Fakhrah; Ratna Unaida
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran think-pair-share (TPS) dipadu media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi jaringan hewan di SMA Negeri 1 Nisam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Nisam yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA2. Analisis data menggunakan uji-t, hasil yang diperoleh thitung  = 19,9 dan ttabel  = 1,68 pada taraf signifikan α = 0,05 dan db = 47. Hasil tersebut menunjukkan bahwa  thitung >ttabel, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Pair-Sharedipadu media gambar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI pada materi jaringan hewan di SMA Negeri 1 Nisam. Kata kunci ; model pembelajaran Think-Pair-Share, media gambar, hasil belajar.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DIPADU STRATEGI TUTOR SEBAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATERI METABOLISME DALAM MATA KULIAH BIOLOGI UMUM DI FKIP UNIVERSITAS MALIKUSSALEH Ratna Unaida; Fakhrah Fakhrah
JESBIO : Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi
Publisher : Program Studi Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Almuslim

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri dipadu strategi tutor sebaya pada materi metabolisme pada mata kuliah biologi umum di FKIP Universitas Malikussaleh.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur penelitian meliputi tahap a) perencanaan tindakan, b) pelaksanaan tindakan, c) observasi dan d) refleksi. Sumber data adalah mahasiswa pendidikan kimia semester I tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 30 mahasiswa.Berdasarkan hasil tes akhir siklus I diperoleh data bahwa siswa yang mendapatkan skor≥ 75 hanya mencapai 53% dan hasil observasi terhadap kegiatan peneliti mencapai 83%, sedangkan untuk hasil observasi terhadap kegiatan mahasiswa hanya mencapai 78.5%. Berdasarkan data tersebut maka penelitian ini belum berhasil, untuk itu dilakukan penelitian berikutnya yaitu siklus IIdan diperoleh data hasil tes mahasiswa pada siklus  II diperoleh nilai ≥ 75 mencapai 80% dan hasil observasi terhadap kegiatan peneliti mencapai 84.5%, sedangkan untuk hasil observasi terhadap kegiatan mahasiswa mencapai 86%. Dengan demikian, ada peningkatan pada setiap pelaksanaan tindakan  dalam pembelajaran. Pada Siklus I 53% dan Siklus II  80% mengalami peningkatan 27%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dipadu strategi tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada materi metabolisme di FKIP Universitas Malikussaleh. Kata kunci            : Inkuiri, Tutor sebaya, Hasil belajar.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 2 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5 No 2 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 2 (2016): JURNAL EDUKASI DAN SAINS BIOLOGI Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 2 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4, No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 4 No 1 (2015): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 2 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3, No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 3 No 1 (2014): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 2 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2 No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 2, No 1 (2013): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1 No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi Vol 1, No 1 (2012): Jurnal Edukasi dan Sains Biologi More Issue