cover
Contact Name
Dede Iswandi
Contact Email
civicus@upi.edu
Phone
+6281322793535
Journal Mail Official
civicus@upi.edu
Editorial Address
Department of Civic Education, Faculty of Social Science Education, Universitas Pendidikan Indonesia. Nu`man Somantri Building, 2nd Floor, Dr. Setiabudhi Street No. 229 Bandung 40154, Phone (022) 2013163, Ext. 25244, 25248, 25249.
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Civicus
ISSN : 14125463     EISSN : 26563606     DOI : https://doi.org/10.17509/civicus
Core Subject : Education, Social,
urnal Civicus is a periodic scientific journal that is published twice a year (June and December) that publishes the results of original and recent research on Citizenship Education. This journal aims to develop concepts, theories, perspectives, paradigms, and methodologies in the study of the science of Citizenship Education. Jurnal Civicus print ISSN is 1412-5463. Civicus Online ISSN is 2656-3606. Jurnal Civicus is published by Civic Education Department, in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (Indonesia Association of Pancasila and Civic Education/AP3KnI). Jurnal Civicus invites to submit original and unpublish manuscript in citizenship studies i.e civic education (curriculum, teaching, instructional media, and evaluation), political education, law education, moral education, and multicultural education.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 18, No 1 (2018): JURNAL CIVICUS, JUNI 2018" : 7 Documents clear
PERAN BANK SAMPAH “WARGI MANGLAYANG” SEBAGAI AGEN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DI RW 06 KELURAHAN PALASARI KECAMATAN CIBIRU KOTA BANDUNG Fachrurozi, Irfan
Jurnal Civicus Vol 18, No 1 (2018): JURNAL CIVICUS, JUNI 2018
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v17i2.10979

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa saat ini terjadi krisis lingkungan yang diakibatkan oleh kesalahan perilaku manusia. Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban warga negara untuk ikut menangani permasalahan lingkungan. Salah satu cara untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan dengan melibatkan langsung warga negara adalah melalui pemberdayaan masyarakat. Salah satu kelompok masyarakat yang melaksanakan pemberdayaan masyarakat di bidang lingkungan adalah Bank Sampah “Wargi Manglayang” (BSWM) Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara, observasi, studi dokumen, studi literatur, dan catatan lapangan. Subjek penelitian adalah pengurus BSWM, Ketua RW 06, Sekretaris Lurah Palasari, dan warga RW 06. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model intekaraktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: eksistensi BSWM sebagai social empower telah diakui baik oleh warga RW 06 Kelurahan Palasari maupun pihak di luar RW 06
IMPLEMENTASI PROGRAM SAMSAT KELILING DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR (Studi Deskriptif di Samsat Bandung Barat Kota Bandung) Febriani, Rima
Jurnal Civicus Vol 18, No 1 (2018): JURNAL CIVICUS, JUNI 2018
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v17i2.9674

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul karena pesatnya jumlah kendaraan bermotor di Kota Bandung. Salah satu upaya yang dilakukan adalah peningkatan pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor melalui layanan inovasi Samsat Keliling. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap permasalahan terkait pelaksanaan program Samsat Keliling. Pendekatan yang digunakan adalah  pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah adalah metode deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah pegawai Samsat Pusat, pegawai Samsat Keliling, dan masyarakat.  Hasi penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan program Samsat Keliling di Samsat Bandung Barat Kota Bandung sudah berjalan sesuai dengan tujuannya yaitu, meningkatkan mutu pelayanan pubik khususnya pelayanan Pajaka Kendaraan Bermotor dengan rata-rata peningkatan Pendapatan Asli Daerah pada awal tahun 2017 mencapai 85%. 2) kendala yang diahadapi dalam pelaksanaan program Samsat keliling terdiri dari terbatasnya mobil Samsat keliling, kesadaran Wajib Pajak, sarana dan prasarana. 3) upaya-upaya yang dilakukan diantaranya memilih akses wilayah yang mudah dijangkau oleh masyarakat agar lebih efektif dan efisien.
KAJIAN PEMIKIRAN MOHAMMAD HATTA TENTANG DEMOKRASI DI INDONESIA Levia, Raden
Jurnal Civicus Vol 18, No 1 (2018): JURNAL CIVICUS, JUNI 2018
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v18i1.12380

Abstract

Penerapan Model Discovery Learning Berbasis Soft Skills untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa pada Pembelajaran PKn Amalia, Shopia
Jurnal Civicus Vol 18, No 1 (2018): JURNAL CIVICUS, JUNI 2018
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v18i1.10816

Abstract

ABSTRAKSaat ini pendidikan dituntut untuk terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin canggih. Proses pembelajaran yang terjadi di sekolah saat ini lebih menekankan kepada Hard Skills dan kurang menekankan kepada Soft Skills. Hal ini disebabkan karena dalam praktiknya pembelajaran yang dilakukan di sekolah masih banyak yang berjalan  apa adanya yang mana pembelajarannya masih memindahkan pengetahuan dari guru kepada siswa, maka untuk mengatasi permasalahan tersebut diterapkan model Discovery Learning dalam proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dengan tujuan untuk mengembangkan aspek Soft Skills siswa khusunya dalam kemampuan berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan metode penelitian tindakan kelas. Adapun tahapan dalam penelitian ini meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi lembar observasi aktivitas guru, dan lembar observasi aktivitas siswa. Teknik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil observasi pada pembelajaran PKn melalui model Discovery Learning kemampuan berkomunikasi siswa pada tindakan siklus I diperoleh presentase 29,62%, pada tindakan siklus II mengalami peningkatan yaitu diperoleh presentase 54,83%, dan pada tindakan siklus III diperoleh presentase 70,16%. Berdasarkan hasil observasi dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning pada pembelajaran PKn dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi siswa.
PENERAPAN MODEL TUTOR SEBAYA (PEER GROUP) UNTUK MENINGKATKAN CIVIC KNOWLEDGE PESERTA DIDIK KELAS VII-D DI SMPN 15 BANDUNG Puspawati, Laela
Jurnal Civicus Vol 18, No 1 (2018): JURNAL CIVICUS, JUNI 2018
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v18i1.10738

Abstract

ABSTRACTPeer group model is the guidance of learning in the form of assistance and motivation to learn effectively and efficiently. This research aims to improve the civic knowledge of students by using peer tutor model (peer group). The research method used classroom action research and the location in VII-D class at SMPN 15 Bandung which amounted to 24 students. This research was conducted in three cycles. Data collection technics used are observation, interview, test, and documentation. Data analysis is data reduction, data presentation and data verification. The result of research shows that: 1) the average test value in cycle I is 60.55; average value at cycle II is 93.65; and average value at cycle III is 93.85; 2) barriers faced by time constraints and less efficient class management; 3) efforts made in the form of discussions with observers driving good time and class management with varied. Based on this, it shows that civic knowledge of students can increase with use peer tutor model (peer group). Keyword: civic knowledge, peer group ABTSRAKPembelajaran tutor sebaya adalah bimbingan pembelajaran dalam bentuk pemberian bimbingan, bantuan, petunjuk, arahan dan motivasi agar peserta didik belajar secara efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan civic knowledge peserta didik dengan menggunakan model tutor sebaya (peer group). Metode penelitian yang digunakan adalah PTK dengan lokasi penelitian di kelas VII-D SMP Negeri 15 Bandung yang berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan: 1) rata-rata nilai tes pada siklus I yaitu 60,55; siklus II yaitu 93,65; dan siklus III yaitu 93,85; 2) hambatan yang dihadapi berupa keterbatasan waktu dan pengelolaan kelas yang kurang efisien; 3) upaya yang dilakukan berupa diskusi dengan observer, mengefisiensikan waktu dan mengelola kelas dengan variatif. Berdasarkan hal tersebut menunjukkan bahwa civic knowledge peserta didik dapat meningkat dengan penggunaan model tutor sebaya (peer group).
IMPLEMENTASI MODEL COOPERATIVE DECISION MAKING DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP EMPATI SEBAGAI PENERAPAN PEMBELAJARAN PKN DI KELAS X MIPA 1 SMA NEGERI 22 BANDUNG Octaviany, Fanny Dwi
Jurnal Civicus Vol 18, No 1 (2018): JURNAL CIVICUS, JUNI 2018
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v18i1.9669

Abstract

Tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan judul Implementasi Model Cooperative Decision Making Dalam Mengembangkan Sikap Empati Sebagai Penerapan Pembelajaran PKn di Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 22 Bandung untuk meningkatkan sikap empati siswa melalui pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan rasa empati siswa dan juga untuk membuat siswa berfikir kritis dalam menganalisis sebuah masalah, seperti yang menjadi acuan dalam kurikulim 2013. Hasil penelitian telah menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sikap empati siswa dalam mengikuti pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Kata kunci: Cooperative Decision Making, Empati 
IMPLEMENTASI BANDUNG COMMAND CENTER (BCC) DALAM MENGEMBANGKAN SMART GOVERNMENT DI KOTA BANDUNG Sobandi, Irmawati
Jurnal Civicus Vol 18, No 1 (2018): JURNAL CIVICUS, JUNI 2018
Publisher : Department of Civic Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17509/civicus.v18i1.10922

Abstract

Bandung Command Center (BCC) merupakan salah satu upaya yang dilakukan Ridwan Kamil untuk mewujudkan Bandung Smart City khususnya terhadap elemen smart government. Bandung Command Center (BCC) dibangun untuk memantau akses pelayanan publik yang baik sebagai tujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan medote studi deskriptif. Pengumpulan data  dilakukan dengan wawancara, observasi, studi dokumentasi, dan studi literatur. Partisipan dalam penelitian ini adalah Dinas Komunikasi dan Informatika (DISKOMINFO) Kota Bandung, staf Bandung Command Center (BCC), dan masyaralat Kota Bandung. Temuan dalam penelitian ini yaitu Bandung Command Center (BCC) memiliki tiga penerapan konsep yaitu control, observ, serta connect dengan dua jenis layanan yaitu layanan untuk masyarakat dan layanan untuk pimpinan. Implementasi Bandung Command Center (BCC)sudah berjalan sesuai dengan tujuannya. Perkembangan smart government di Kota Bandung terlihat dari adanya peningkatan kualitas pelayanan publik serta prestasi yang diraih Kota Bandung sebagai Best Smart City dan Best Government dalam ajang Indonesia’s Best Smart City and Best Gov Award 2016.Kata Kunci : Bandung Command Center (BCC), smart city, smart government, pelayanan publik

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 23, No 2 (2023): JURNAL CIVICUS, DECEMBER 2023 (in press) Vol 23, No 1 (2023): JURNAL CIVICUS, JUNE 2023 Vol 22, No 2 (2022): JURNAL CIVICUS, DECEMBER 2022 Vol 22, No 1 (2022): JURNAL CIVICUS, JUNE 2022 Vol 21, No 2 (2021): JURNAL CIVICUS, DECEMBER 2021 Vol 21, No 1 (2021): JURNAL CIVICUS, JUNE 2021 Vol 20, No 2 (2020): JURNAL CIVICUS, DECEMBER 2020 Vol 20, No 1 (2020): JURNAL CIVICUS, JUNI 2020 Vol 19, No 2 (2019): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2019 Vol 19, No 1 (2019): JURNAL CIVICUS, JUNI 2019 Vol 18, No 2 (2018): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2018 Vol 18, No 1 (2018): JURNAL CIVICUS, JUNI 2018 Vol 17, No 2 (2017): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2017 Vol 17, No 1 (2017): JURNAL CIVICUS, JUNI 2017 Vol 16, No 2 (2016): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2016 Vol 16, No 1 (2016): JURNAL CIVICUS, JUNI 2016 Vol 15, No 2 (2015): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2015 Vol 15, No 1 (2015): JURNAL CIVICUS, JUNI 2015 Vol 14, No 2 (2014): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2014 Vol 14, No 1 (2014): JURNAL CIVICUS, JUNI 2014 Vol 11, No 2 (2011): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2011 Vol 11, No 1 (2011): JURNAL CIVICUS, JUNI 2011 Vol 10, No 2 (2010): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2010 Vol 10, No 1 (2010): JURNAL CIVICUS, JUNI 2010 Vol 9, No 2 (2009): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2009 Vol 9, No 1 (2009): JURNAL CIVICUS, JUNI 2009 Vol 8, No 2 (2008): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2008 Vol 8, No 1 (2008): JURNAL CIVICUS, JUNI 2008 Vol 7, No 2 (2007): JURNAL CIVICUS, DESEMBER 2007 Vol 7, No 1 (2007): JURNAL CIVICUS, JUNI 2007 Vol 3, No 1 (2003): JURNAL CIVICUS, JUNI 2003 Vol 2, No 1 (2002): JURNAL CIVICUS, JUNI 2002 Vol 1, No 1 (2001): JURNAL CIVICUS, JUNI 2001 More Issue