cover
Contact Name
Ismarti
Contact Email
ismarti@fkip.unrika.ac.id
Phone
+6281364348485
Journal Mail Official
pythagorasredaksi@gmail.com
Editorial Address
Kampus Universitas Riau Kepulauan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Matematika Jl. Batuaji Baru No.99 Batuaji Batam Kepulauan Riau, Indonesia
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
ISSN : 23015314     EISSN : 26157926     DOI : https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i2
Core Subject : Education,
Phytagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika is a peer review national journal. This journal is publishing high-quality articles in the field of mathematics education, both research and scientific studies. The aim of the journal is to publish and disseminate the current or new findings of the research, and give a significant contribution to the development of mathematic educaton in several topics, but not limited to: - Mathematic education includes media, method and math learning technology - Applied mathematics and statistic
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW BERBASIS ALGEBRATOR Nasution, Eline Yanty Putri; Lubis, Farida Hanum
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (33.737 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v8i2.1981

Abstract

  Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan 3 siklus sebagai kolaborasi penelitian antara dosen pendidikan matematika dengan guru matematika. Tujuan penelitian ini adalah menelaah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis Algebrator untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Pelenitian ini dilaksanakan pada salah satu sekolah menengah pertama dimana 215 orang siswa kelas delapan sebagai populasi, dan 21 orang siswa sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan 8 buah instrumen baik tes maupun non-tes yang terlebih dahulu diuji coba validitasnya, yaitu: tes hasil belajar siswa I dengan nilai reliabilitas 0,80 (tinggi), tes hasil belajar siswa II dengan nilai reliabilitas 0,76 (tinggi), tes hasil belajar siswa III dengan nilai reliabilitas 0,81 (tinggi), skala aktivitas belajar siswa I dengan nilai reliabilitas 0,844 (sangat tinggi), skala aktivitas belajar siswa II dengan nilai reliabilitas 0,784 (tinggi), skala aktivitas belajar siswa III dengan nilai reliabilitas 0,878 (sangat tinggi), lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data, temuan dalam penelitian ini adalah: (1) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus pertama adalah 65,62 (2) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus kedua adalah 71,53 (3) rata-rata hasil belajar siswa pada siklus ketiga adalah 76 (4) rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus pertama adalah 41,29% (5) rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus kedua adalah 50,71% (6) rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus ketiga adalah 65,24% (7) lembar observasi dan wawancara menunjukkan bahwa siswa merasa senang dan tertarik terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis Algebrator. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbasis Algebrator dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Kata kunci: Jigsaw, Algebrator, Penelitian Tindakan Kelas, Aktivitas Belajar dan Hasil BelajarAbstract. This study was classroom action research with 3 cycles as the research collaboration between mathematics education lecturer and mathematics teacher. The purpose of this study was investigated cooperative learning model type jigsaw based on Algebrator to improve students activity and learning outcomes in mathematics learning. This study was implemented in one of the junior high school which 215 students of eighth grade as the population and 21 students as research sample. This study used 8 instruments not only test but also non-test that checked the validity first, that are: students learning outcomes test I with reability score at 0.80 (high), students learning outcomes test II with reability score at 0.76 (high), students learning outcomes test III with reability score at 0.81 (high), students learning activity scale I with reability score at 0.844 (very high), students learning activity scale II with reability score at 0.784 (high), students learning activity scale III with reability score at 0.878 (very high), observation sheet and interview. Based on the analysis of the data result, the finding of this study are: (1) the average of students’ learning outcomes at the first cycle is 65.62, (2) the average of students’ learning outcomes at the second cycle is 71.53, (3) the average of students’ learning outcomes at the third cycle is 76 (4) the average of students’ learning activity at the first cycle is 41.29%, (5) the average of students’ learning activity at the second cycle is 50.71%, (6) the average of students’ learning activity at the third cycle is 65.24% (7) observation and interview result indicate that students enjoyed and interested in mathematics learning using cooperative learning model type jigsaw based on Algebrator. The conclution is cooperative learning model type jigsaw based on Algebrator can improve students’ activity and learning outcomes in mathematics learning. Keywords: Jigsaw, Algebrator, Classroom Action Research, Learning Activity and Learning Outcomes
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WHITEBOARD ANIMATION PADA MATAKULIAH TRIGONOMETRI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS TOMPOTIKA LUWUK Edy Wibowo; Wibowo, Edy; Dg Matona, Moh Fadly
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (526.77 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v8i2.1988

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video pembelajaran berbasis whiteboard animation yang valid, praktis  dan efektif untuk digunakan oleh mahasiswa maupun masyarakat pada umumnya sebagai sumber belajar Trigonometri sedangkan target khususnya adalah menghasilkan produk video pembelajaran animasi yang digunakan dalam pembelajaran matakuliah Trigonometri. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah kuranganya sumber belajar yang praktis diakses oleh mahasiswa dalam bentuk video pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. Untuk merealisasikan tujuan dari penelitian ini , metode yang ditetapkan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan Model Pengembangan ADDIE sebagai tahapan penelitian yakni Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Instumen yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah lembar evaluasi video pembelajaran Ahli materi dan media dengan memberikan tanda centang (√ ) pada setiap aspek untuk mengukur kevaliditas, lembar evaluasi video pembelajaran Mahasiswa dengan memberikan tanda centang (√ ) untuk mengukur kepraktisan dan Tes uraian yang diberikan kepada mahasiswa untuk mengukur kefektivan. Data hasil evaluasi validasi dan kepraktisan video pembelajaran yang telah dinilai kemudian dianalisis secera kuantitatif dan memberikan skor berdasarkan rentang kriteria yang ditetapakan Dari seluruh rangkaian tahapan pengembangan yang telah dilaksanakan memberikan hasil bahwa video pembelajaran yang kembangkan berdasarkan validasi ahli sebesar 88,19 pada kriteria sangat baik , hasil penilaian mahasiswa sebesar 83,24  baik dan hasil tes dengan rata-rata 71,95 baik. Hasilnya video pembelajaran yang kembangkan Valid, Praktis dan Efektif.Kata kunci: Trigonometri,Model ADDIE, whiteboard animation Abstract. The purpose of this research is to develop a learning media in the form of a whiteboard animation-based learning video that is valid, practical and effective for use by students and the community in general as a source of Trigonometry learning while the target, in particular, is to produce an animated learning video product used in learning Trigonometry courses. The problem in this research is the lack of practical learning resources accessed by students in the form of learning videos that are under the curriculum. To realize the objectives of this study, the method determined is development research using the ADDIE Development Model as a stage of research namely Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. The instrument used in this research development was the evaluation video of the expert learning media material and media by giving a checkmark (√) on each aspect to measure validity, the Student learning video evaluation sheet by giving a checkmark (√) to measure the practicality and description test given to students to measure effectiveness. The results of the evaluation of the validation and practicality of the instructional video that have been assessed are then analyzed quantitatively and give a score based on a range of criteria determined. From the entire set of stages of development that have been carried out it gives the result that the learning video developed based on expert validation is 88.19 on excellent criteria, student assessment results of 83.24 good and test results with an average of 71.95 good. The result is a learning video that is developed Valid, Practical and Effective. Keywords: Trigonometry, ADDIE models, whiteboard animation
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURAMENTS DENGAN PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMK KOLESE TIARA BANGSA Suryani, Puji; Agustyaningrum, Nina; Hasibuan, Nailul Himmi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.565 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v8i2.2011

Abstract

Abstrak. Hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh pemilihan dan penggunaan model pembelajaran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan permainan monopoli terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMK Kolese Tiara Bangsa, (2) Pengaruh pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X di SMK Kolese Tiara Bangsa, (3) Perbedaan hasil belajar matematika siswa kelas X di SMK Kolese Tiara Bangsa dengan menggunakan model pembelajaran TGT dengan permainan monopoli dan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X dan teknik pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, dengan rincian kelas X MM sebagai kelas eksperimen dan X TKJ sebagai kelas kontrol. Instrumen essai test sebanyak 10 soal yang telah valid dan reliabel (r= 0,69). Analisis data menggunakan one sampel t-test untuk uji hipotesis 1 dan 2 sedangkan untuk hipotesis 3 menggunakan uji independent sampel t-test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh hasil belajar pada siswa yang diberikan model pembelajaran TGT dengan permainan monopoli thitung (2,207)  ttabel (). (2) Tidak terdapat pengaruh hasil belajar pada siswa yang diberikan pembelajaran konvensional thitung (-0,907) ttabel (). (3) Terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran TGT dengan permainan monopoli dan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika siswa thitung (2,069)   ttabel (2,008).Kata Kunci : Model Pembelajaran, Teams Games Tournamen (TGT), Permainan Monopoli, Pembelajaran Konvensional, Hasil Belajar Matematika
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW DAN KANCING GEMERINCING DITINJAU DARI MINAT BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP MONDIAL BATAM M.J, Febria Ramadhani; Hanggara, Yudhi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (407.361 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v8i2.1904

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kancing gemerincing. (2) Perbedaan hasil belajar siswa antara siswa yang berminat tinggi, sedang dan rendah. (3) Interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan kancing gemerincing dengan minat belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 23. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Mondial Batam Tahun Ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian menggunakan teknik Purposive Sampling. Pengambilan data menggunakan metode tes dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Sebagai prasyarat analisis yaitu uji normalitasdan homogenitas menggunakan uji Liliefors dan uji Bartlett.Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang diberi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kancing gemerincing. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang berminat belajar tinggi, sedang dan rendah. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan kancing gemerincing dengan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa.Kata Kunci: jigsaw, kancing gemerincing, minat belajar, hasil belajar Abstract. This research aims to determine: (1) The different in students outcomes between students who are treated by cooperative learning model jigsaw and talking chips type. (2) The different in students outcomes between students who have high, medium and low learning interest. (3) Interaction between cooperative learning model jigsaw and talking chips type with students learning interest.The research usedquasi-experimental design with a 23 factorial design. The population of this research is students of eight grades at Mondial junior high school Batam in Academic Year 2016/2017. The sample taking is done with purposive sampling. The data taking are used test and questioner. As the analysis prerequisite was normality test and the homogeneity used are Liliefors and Bartlett test. The result of research showed that: (1) There is no difference learning outcomes between the students who had given the application of cooperative learning jigsaw and talking chips type. (2) There is a difference in learning outcomes between students who have high, medium and low learning interest. (3) There is no interaction between cooperative learning jigsaw and talking chips type model with students learning interest toward students learning outcomes.Keywords: Jigsaw, talking chips, learning interest, learning outcomes
PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERBASIS INKUIRI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI IPA SMA Ummaeroh, Ria; Gusmania, Yesi; Hasibuan, Nailul Himmi
PYTHAGORAS : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Publisher : UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN, BATAM, INDONESIA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.382 KB) | DOI: 10.33373/pythagoras.v8i2.1998

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan LKS berbasis inkuiri dengan pembelajaran konvensional menggunakan LKS  terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 17 Batam. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan populasi 160 orang. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes essay sebanyak 4 soal yang telah valid dan reliabel ( ). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t satu pihak untuk hippotesis 1 dan 2 serta uji-t polled varians untuk hipotesis 3 dengan taraf  keyakinan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran menggunakan LKS berbasis inkuiri berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 17 Batam; (2) pembelajaran konvensioanal dengan menggunakan LKS tidak berpengaruh terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 17 Batam; (3) terdapat perbedaan antara pembelajaran menggunakan LKS berbasis inkuiri dengan pembelajaran konvensional menggunakan LKS terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 17 Batam. Kata Kunci: LKS, Inkuiri, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.Abstract. This research aims to determine the effect of using inquiry-based student’s worksheet with conventional learning using student’s worksheet on the ability to understand mathematical concepts of class XI IPA SMA Negeri 17 Batam. Type of this research is a quasi experiment with the entirety population XI IPA SMA Negeri 17 Batam with amount 160 students. The research sample is XI IPA 4 as the experiment class and XI IPA 3 as the control class. The sampling technique used purposive sampling. The intrument of this research is an essay test, which is 4 questions and has been valid and reliable ( . The data analysis technique used is one part t-test  for hyphoteses 1 and 2 with polled varians t-test for hyphoteses 3 with a 5% certainty level. The results showed that: (1) learning using inquiry-based student’s worksheet affected on the ability of understand mathematical concept class XI IPA SMA Negeri 17 Batam; (2) conventional learning using student’s worksheet hasn’t effect on the ability of understand mathematical concept class XI IPA SMA Negeri 17 Batam; (3) there is a difference between learning using inquiry-based student’s worksheet with conventional learning using student’s worksheet on the ability to understand mathematical concept class XI IPA SMA Negeri 17 Batam. keywords: Student’s Worksheet, Inquiry, Student’s Mathematical Concept Understanding Ability.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 2 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 12, No 1 (2023): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 2 (2022): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 11, No 1 (2022): PYTHAGORAS: JURNAL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA Vol 10, No 2 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 10, No 1 (2021): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 2 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 9, No 1 (2020): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 2 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 8, No 1 (2019): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 2 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 7, No 1 (2018): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 6, No 2 (2017): PYTHAGORAS Vol 6, No 1 (2017): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS Vol 5, No 2 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 5, No 1 (2016): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS JOURNAL Vol 4, No 2 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2015): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS Vol 3, No 2 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2014): PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika More Issue