cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
monex@poltektegal.ac.id
Editorial Address
Jalan Mataram No 9 Kota Tegal
Location
Kota tegal,
Jawa tengah
INDONESIA
Monex: Journal of Accounting Research
ISSN : 20895321     EISSN : 25495046     DOI : http://dx.doi.org/10.30591/monex
Core Subject : Economy,
Monex: Journal of Accoutning Research or Monex (previously known as Monex: Journal Research Accounting Politeknik Tegal) is a peer-reviewed and open-access journal published by Politeknik Harapan Bersama in collaboration with Ikatan Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI-KAPd) and Relawan Jurnal Indonesia (RJI). Monex: Journal of Accounting Research registered with ISSN 2549-5046 (online) and ISSN 2089-5321(print). Monex particularly discusses the main problems in the development of the sciences of accounting finance, auditing, tax, accounting information system, and managerial accounting. Monex publishes empirical (research) papers conducted with various research approaches, namely quantitative, qualitative and mixed-method. Monex is accredited in SINTA (Science and Technology Index) at grade 4 by the Ministry on Research and Technology of the Republic of Indonesia based on the Surat Keputusan Decree of The Director General of Strengthening Research and Development of The Ministry of Research, Technology and Higher Education No. 28/E/KPT/2019. Please read these guidelines carefully. Authors who want to submit their manuscript to the editorial office of Monex: Journal of Accounting Research should obey the writing guidelines. If the manuscript submitted is not appropriate with the guidelines or written in a different format, it will be rejected by editors before further review. The editors will only accept manuscripts that meet the assigned format. Monex is going to publish journals twice in two terms: January and July. Please submit your manuscript. Please, make the new Template Article and Download HERE
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2018)" : 10 Documents clear
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, CITRA PERUSAHAAN DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT MITRA KELUARGA TEGAL Imam Bukhari; Bahri Kamal; Mella Katrina Sari
Monex: Journal of Accounting Research Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v7i1.762

Abstract

Sarana kesehatan merupakan kebutuhan manusia yang sangat mendasar dan vital.  Kualitas layanan yang baik tentunya menjadi faktor yang mempengaruhi citra dari fasilitas kesehatan itu sendiri sehingga pasien akan merasakan ketidakpuasan.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, citra perusahaan dan kepuasan terhadap loyalitas pasien rawat inap pada RS Mitra Keluar ga Tegal. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 125 pasien rawat inap. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah  regresi linier berganda. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan  sampling dan sensus. Hasil penelitian ini antara lain: Y = 1,095 + 0,536 X1 + 0,177 X2 + 0,122 X3.  Berdasarkan analisis yang telah dilakukan menunjukkan nilai R2 adalah 0,730 atau 73% berarti variabel yang dipilih pada variabel independen (kualitas pelayanan, citra perusahaan dan kepuasan) dapat menerangkan variasi variabel  dependen  (loyalitas pasien) dengan kontribusi 73%, sedangkan sisanya 27% diterangkan oleh variabel  yang lain. Dari uji hipotesis  penelitian ini memberikan beberapa saran yaitu rumah sakit tetap senantiasa melakukan survey pasien untuk mencari tahu harapan-harapan pasien maupun keluarga pasien sehingga kualitas layanan akan tetap terjaga dengan baik.Kata kunci : Kualitas, Citra, Kepuasan dan Loyalitas
PROFIL INDUSTRI DALAM PENGUNGKAPAN INFORMASI KARYAWAN YANG TERINDEKS CGPI Arinal Muna
Monex: Journal of Accounting Research Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v7i1.756

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bukti empiris tentang perbedaan pengaruh industry profil dengan industry tinggi dan rendah terhadap pengungkapan terkait keryawan dalam laporan tahunan. Pengukuran pengungkapan terkait karyawan didasarkan pada praktik ketenagakerjaan dan pekerjaan layak, bagian dari Global Reporting Initiative (GRI) 4.0. Data diambil dari 13 Indonesian Corporate Governance Perception Index (CGPI) selamatigatahun (2011-2013). Penelitian ini menggunakan analisis varians dan uji beda untuk analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan antara industry dengan profil tinggi dan rendah tentang pengungkapan terkait karyawan di industry tinggi dan rendah tentang pengungkapan terkait karyawan. Proporsi pengungkapan terkait karyawan di industry dengan profile tinggi adalah 70%, namun pada industry dengan profil rendah hanya 57%. Ini berarti bahwa dampak pengungkapan sumber daya manusia dipengaruhi oleh profil industry yang tinggi dan rendah.   Kata Kunci : CGPI, pengungkapan informasi karyawan, profil industri.
DAYA TARIK PRODUK INDIGEOUNOUS UNTUK MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN Harini Abrilia Setyawati
Monex: Journal of Accounting Research Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v7i1.761

Abstract

Abstrak Berbagai penelitian telah dilakukan yang fokus pada diferensasi produk dan bertujuan untuk meningkatkan kinerja pemasaran. Namun, hasil dari berbagai penelitian masih kontradiktif. Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa diferensiasi produk secara signifikan meningkatkan kinerja pemasaran, sementara ada hasil penelitian lain menunjukan bahwa diferensasi produk tidak berpengaruh signifikan pada kinerja pemasaran. Penelitian ini memunculkan variabel baru daya tarik produk indigeneous yang merupakan sintesa dari theory of the firm dan teori sosial kognitif. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji variabel tersebut dengan diferensiasi produk sebagai antecedent dan kinerja pemasaran sebagai consequece.  Kata kunci: diferensasi produk, daya tarik, produk indigeneous, kinerja
LINGKUNGAN KERJA, KEDISIPLINAN, MOTIVASI DAN DIKLAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS KERJA DOSEN POLITEKNIK HARAPAN BERSAMA TEGAL Ririh Sri Harjanti; Ida Farida; Nurul Mahmudah
Monex: Journal of Accounting Research Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v7i1.757

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  apakah lingkungan kerja, kedisiplinan, motivasi dan diklat mempunyai  pengaruh  dalam upaya untuk meningkatkan  produktivitas  kerja  Dosen Politeknik Harapan Bersama Tegal.    Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Dosen Tetap  Politeknik  HarapanBersamaTegal  yang berjumlah  123 orang. Teknik  pengambilan  sampel  Simple Random Sampling  dengan menggunakan rumus  Slovin  diperoleh sampel  sebanyak 95 orang dosen.  Sedangkan  teknik  pengumpulan data dalampenelitianini  diperoleh  dengan  dokumentasi  dan wawancara  serta  survei  dengan  menyebarkankuesioner  kepada  Dosen  Tetap  Politeknik  Harapan  Bersama  Tegal.  Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain : uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, Metode Regresi Linear Berganda, Uji t, uji F dan Koefisien Determinasi.  Hasil Penelitian dapat diketahui persamaan regresi Linear Berganda Y = 17,575 –  0,152 X1 + 0,353 X2 + 0,233 X3 + 0,118 X4 + e . Secara Simultan seluruh variabel t   yaitu variabel lingkungan kerja, kedisiplinan, motivasi dan diklat mempunyai pengaruh dalam  upaya meningkatkan Produktivitas Keraj Dosen Politeknik Harapan Bersama Tegal. Sedangkan secara parsial hanya variabel kedisiplinan dan motivasi yang mempunyai pengaruh dalam meningkatkan Produktivitas Kerja Dosen Politeknik Harapan Bersama Tegal. Dalam analisis determinasi menunjukkan bahwa variabel independent dalam mempengaruhi Produktivitas Kerja Dosen hanya sebesar 14,2%. Variabel yang paling mempengaruhi dalam upaya meningkatkan Produktivitas Kerja Dosen adalah variabel Kedisiplinan.Kata kunci: lingkungan kerja, kedisiplinan, motivasi, diklat, produktivitas kerja.
MODEL KESUKSESAN SISTEM INFORMASI DELONE DAN MCLEAN UNTUK MENGUKUR KESUKSESAN SISTEM MODERNISASI PERPAJAKAN E-BILLING MENURUT WAJIB PAJAK BADAN KOTA SEMARANG Musyafa Al Farizi
Monex: Journal of Accounting Research Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v7i1.758

Abstract

Masih terbatasnya sosialisasi dan pengetahuan Wajib Pajak mengenai sistem  e-billing  pajak mengakibatkan masih kurang berhasilnya sistem modernisasi perpajakan tersebut diimplementasi. Selain itu, faktor lain seperti seringnya terjadi kegagalan dan hambatan sistem tersebut pada saat registrasi maupun pembuatan kode  billing  juga yang memicu penyebabnya wajib pajak masih enggan dalam menggunakan sistem  e-billing  dalam pembayaran pajak. Di sisi lain, pemerintah telah mengeluarkan peraturan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pajak yang mewajibkan wajib pajak secara mandatory menggunakan sistem e-billing dalam transaksi pembayaran kewajiban pajaknya. Penelitian ini bertujuan menganalisis Kesuksesan Sistem Informasi Sistem  E-Billing  dengan pendekatan model DeLone dan McLean menurut Wajib Pajak Badan di Kota Semarang.  Data yang dapat diolah dalam penelitian ini sebanyak 122 wajib pajak badan dengan teknik analisis yang digunakan untuk mengujihubungan antar variabel adalah  path analysis dan alat analisis Amos 22.0.  Hasil penelitian menunjukkan faktor kualitas layanan dan sistem  e-billing  sebesar 70,2% dianggap kurang memadai bagi pengguna yaitu wajib pajak badan. Faktor ini seperti pada saat registrasi, aktivasi dan pembuatan kode  billing sering mengalami  trouble.  Sedangkan sisanya seperti faktor kualitas informasi sistem  e-billing  dianggap sudah baik bagi wajib pajak badan.  Faktor tidak meratanya pemberian kapsul kedua diantaranya adalah kurangnya ketersediaan kapsul yang dimiliki tenaga kesehatan.Kata kunci: E-Billing, Model Kesuksesan Sistem Informasi DeLone dan McLean, Path Analysis.
MENGUKUR KUALITAS AKUNTAN PUBLIK MENURUT PENGGUNA JASA AKUNTAN PUBLIK Sugiharto Sugiharto; Shinta Noor Anggraeny
Monex: Journal of Accounting Research Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v7i1.724

Abstract

Profesi akuntan publik merupakan profesi kepercayaan masyarakat. Dari  profesi akuntan publik, masyarakat mengharapkan penilaian yang bebas dan tidak  memihak terhadap informasi yang disajikan oleh manajemen perusahaan dalam  laporan keuangan. Berdasarkan tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini, maka data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif. Dari hasil pengujian hipotesis   yaitu pengujian secara simultan, terbukti kebenarannya, dimana diperoleh hasil bahwa secara simultan Pengalaman Audit , memahami indudtri klien,responsif atas kebutuhan klien,komitment yang kuat terhadap kualitas audit, standart etika yang tinggi, dan Reputasi Akuntan Publik  berpengaruh signifikan terhadap kualitas akuntan publik. Dalam Penelitian yang akan datang perlu dilakukan upaya perluasan responden tidak hanya pengguna jasa audit  tetapi juga dari akuntan pendidik, akuntan pemerintah, akuntan internal (SPI), akuntan publik sendiri dan dari profesi lain sebagai responden untuk memperoleh respon yang lebih maksimal sehingga risiko adanya bias dapat diminimalkan. Kata kunci : Akuntan Publik,  Kualitas Audit, Reputasi Akuntan Publik
PEREMPUAN DAN PERBANKAN: SEBUAH TINJAUAN TENTANG PERAN INKLUSI KEUANGAN TERHADAP PENGUSAHA UMKM PEREMPUAN DI INDONESIA Deasy Lestary Kusnandar
Monex: Journal of Accounting Research Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v7i1.759

Abstract

Abstrak Inklusi keuangan merupakan salah satu cara untuk memasyarakatkan sektor keuangan khususnya memepermudah layanan perbankan dan akses keuangan bagi masyarakat. Peningkatan taraf hidup adalah salah satu hasil yang diharapkan jika inklusi keuangan berjalan baik dan menyeluruh. Program inklusi keuangan di Indonesia diharapkan memberi dampak yang signifikan bagi masyarakat yang kurang beruntung, di antaranya: masyarakat berpenghasilan rendah, pinggiran, minoritas, atau tidak mempunyai legal identitas, serta kaum perempuan dan kaum muda. Fokus tulisan adalah bagaimana inklusi keuangan dapat memberi dampak yang signifikan terhadap para pengusaha UMKM perempuan di Indonesia, serta bagaimana program inklusi keuangan dapat meningkatkan dan memperkuat perekonomian Indonesia secara keseluruhan. Penelitian menggunakan metode deskripsi kuantitatif. Analisis perbandingan dilakukan berdasarkan data sekunder dari berbagai sumber. Penelitian menyimpulkan agar inklusi keuangan dapat dijalankan secara menyeluruh di Indonesia dan dapat berdampak secara signifikan terhadap pengusaha UMKM, khususnya bagi para pengusaha perempuan.  Kata kunci: inklusi keuangan, akses perbankan, layanan perbankan, pengusaha UMKM perempuan, Perekonomian Indonesia
PENGARUH REKRUTMEN DAN PENEMPATAN PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI (Studi pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang A. Yani Bandung) Sandi Nasrudin Wibowo
Monex: Journal of Accounting Research Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v7i1.754

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan tugas pegawai di lingkungan PT. Bank Syariah Mandiri Cab. A. Yani Bandung, terdapat beberapa hal yang menentukan tingkat kinerja bagi pegawai yang disebabkan antara lain sistem rekrutmen yang selektif bagi pegawai termasuk di dalamnya promosi pegawai dalam suatu jabatan, kemampuan kerja yang dimiliki pegawai, dan perlunya pengalaman pegawai selama ia bekerja serta penempatan pegawai sesuai dengan kemampuan pegawai. Penelitian ini  menggunakan metode deskriptif. Adapun objek penelitian ini adalah rekrutmen (X1), penempatan pegawai (X2) dan kinerja pegawai (Y). Sedangkan   subjek penelitian ini PT. Bank Syariah Mandiri cab. A. Yani Bandung. Berdasarkan hasil pengolahan data dan interprestasi data terhadap masing-masing variabel dan dimensi pada masing-masing variabel disimpulkan sebagai berikut : (1) rekrutmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Dengan demikian semakin baik pelaksanaan sistem rekruktmen, maka akan semakin tinggi kinerja pegawai; (2) penempatan  berpengaruhpositif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Dengan demikian semakin tinggi penempatan, maka akan semakin tinggi pula kinerja pegawai; dan (3) rekrutmen dan penempatan  berpengaruhpositif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Dengan demikian semakin baik pelaksanaan rekrutmen dan semakin tinggi penempatan  akan semakin meningkat kinerja pegawai.  Kata Kunci: Kinerja Pegawai, Rekrutmen, Penempatan Pegawai
PENGARUH PENGHASILAN KARYAWAN, KEPUASAN KERJA, DAN INTEGRITAS KARYAWAN TERHADAP PENGENDALIAN DIRI DALAM MELAKUKAN KECURANGAN PENGADAAN BARANG Arifia Yasmin
Monex: Journal of Accounting Research Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v7i1.760

Abstract

Dalam proses pengadaan barang maupun jasa pada rumah sakit sering terjadi adanya kecurangan yang mengarah pada kerugian dari segi kuantitas, kualitas barang atau jasa, maupun biaya.  Penelitian ini bertujuan untuk  menguji pengaruh penghasilan karyawan, kepuasan kerja, dan integritas karyawan terhadap pengendalian diri dalam melakukan kecurangan pengadaan barang pada rumah sakit pemerintah dan swasta di Kota Tegal, Jawa Tengah.  Populasi dalam penelitian ini yaitu rumah sakit di Kota Tegal yang berjumlah 6 (enam) rumah sakit dan seluruh karyawan yang terlibat dalam proses pengadaan barang sebagai responden. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pengumpulan data dilakukan secara langsung dengan menggunakan kuesioner.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kepuasan kerja dan integritas karyawan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengendalian diri dalam melakukan kecurangan pengadaan barang pada rumah sakit. Hanya variabel penghasilan karyawan tidak memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap variabel pengendalian diri dalam melakukan kecurangan pengadaan barang pada rumah sakit.Kata kunci: Penghasilan Karyawan, Integritas Karyawan, Kecurangan Pengadaan Barang
INFLUENCE OF ROA AND EPS TOSTOCK OF RETURN CHEMICAL SECTORCOMPANY LISTED IN BURSA EFEK INDONESIA PERIOD OF 2011 -2015 Nurhana Dhea Parlina
Monex: Journal of Accounting Research Vol 7, No 1 (2018)
Publisher : Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Harapan Bersama

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30591/monex.v7i1.755

Abstract

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  secara  empiris pengaruh ROA  dan EPS  secara  bersamaanterhadap Return Saham. Perusahaan terdaftar di BEI  pada Sektor Kimia dan perusahaan telah  berdasarkanpada  kriteria  pengambilan  sampel yang disebut  purposive sampling. Data dalam   penelitian  ini  bersifatsekunder yang mana  berdasarkan kriteria penelitian  6  dari keseluruhan  populasi. Hasil  penelitian berbedadari  teori  secara  aplikasi  dan  prakteknya di dalam  perusahaan.  Artinya  bahwa  tidak  terdapat  pengaruh ROA  dan  EPS  terhadap  Return Saham  pada perusahaan sektor  kimia  yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2011-2015”.  Hasil  akhirnya  adalah  terdapat  pengaruh  ROA  dan  EPS  terhadap  Return Saham secara bersama-sama dengan proporsi yang didapatkan-6,4%.KataKunci : ROA, EPS, danReturn Saham

Page 1 of 1 | Total Record : 10