cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL KEGURUAN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN" : 8 Documents clear
Pengaruh Komunikasi Kelompok terhadap Peningkatan Pengetahuan Hukum Islam Anggota Perwiridan di Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo Singarimbun, Junedi
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi kelompok dan peningkatan pengetahuan hukum Islam di kalangan anggota perwiridan yang ada di kotaKabanjahe. Peningkatan pengetahuan hukum Islam dalam penelitian difokuskan pada hukumibadah, hukum keluarga dan hukum muamalat. Sampel penelitian ini sebanyak 96 orang yangmewakili kelompok perwidan yang ada di kota Kabanjahe, baik pria maupun wanita yang terdiridari berbagai latar belakang pendidikan, usia maupun profesi sehari–hari. Adapun alat pengumpuldata yang digunakan adalah skala komunikasi kelompok dan peningkatan pengetahuan hukumIslam. Dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara komunikasi kelompokdan peningkatan pengetahuan hukum Islam sebesar 43 % dan sisanya ditentukan oleh faktor yanglain. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa semakin baik komunikasi kelompok dilakukan makapeningkatan pengetahuan hukum Islam juga akan semakin baik, sedangkan peningkatanpengetahuan hukum Islam secara keseluruhan perlu dilakukan penelitian lanjutan. Kata kunci : komunikasi kelompok, peningkatan pengetahuan hukum Islam
Penerapan Teori Piaget pada Pembelajaran IPA di SMP Pohan, Lisa Ariyanti
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRAKIlmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsepkonsep,atau prinsip-prinsip saja. Proses pembelajarannya menekanzkan pada pemberianpengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar menjelajahi dan memahami alamsekitar secara ilmiah. Pendidikan IPA diarahkan untuk inkuiri dan berbuat sehingga dapatmembantu peserta didik untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang alamsekitar. Sesuai dengan teori pembelajaran konstruktivisme oleh Piaiget.
Penerapan Problem Based Instruction (PBI) dalam Pembelajaran Persamaan Kuadrat Manurung, Suprapto
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRAKDalam pembelajaran matematika seseorang harus lebih teliti dalam memilih model pembelajaran dan terfokus pada pembelajaran berdasarkan masalah. Agar pelajaran dapat dimengerti dan belajarmengajar dapat berjalan dengan baik. Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan di lapangan yakniSMP Negeri 8 Pematangsiantar, bahwa hasil belajar matematika siswa secara umum masih rendah,dan pola pembelajaran yang digunakan selama ini masih didominasi oleh guru. Hasil penelitianmenunjukkan tingkat ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan modelpembelajaran berdasarkan masalah (problem-based instruction) (kelas eksperimen) danmenggunakan pembelajaran konvensional (kelas kontrol) masing-masing sebesar 68,18% dan41,46%. Berdasarkan kriteria pencapaian efektivitas disimpulkan pembelajaran denganmenggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah (problem-based instruction) lebih efektif.Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis kovarians menunjukkan bahwahasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran berdasarkan masalah(problem-based instruction) lebih baik dibanding dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model pembelajaran berdasarkan masalah, keefektifan dan pemahaman.
Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Manurung, Nurhasnah
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRAKPenelitian tindakan kelas (PTK) sering juga disebut classroom research, atau action research dan self reflective inquiry. Penelitian ini adalah untuk mengatasi masalah dalam kelas. PTK dilakukanoleh guru di dalam kelasnya sendiri sesuai bidang studi/mata kuliah yang diasuhnya. PTK padaintinya bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran. Perbaikan dilakukan secara bertahap danterus-menerus, selama kegiatan penelitian dilakukan. Oleh karena itu, dalam PTK dikenal adanyasiklus pelaksanaan berupa pola: perencanaan, pelaksanaan, observasi, ref1eksi revisi (perencanaanulang). Kata Kunci : Penelitian Tindakan Kelas
Perbandingan Gaya Belajar Interpersonal dengan Gaya Belajar Penguasaan terhadap Hasil Belajar Matematika Mahasiswa Calon Guru Keliat, Ramlan; ., Afnaria
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRAKSetiap orang memiliki keunikan masing-masing dalam melakukan aktivitas belajar, khususnya dalam belajar matematika. Terdapat empat gaya belajar matematika secara umum, yaitu gayabelajar penguasaan, gaya belajar pemahaman, gaya belajar interpersonal, dan gaya belajar ekspresidiri. Masing-masing gaya belajar ini membutuhkan strategi pembelajaran yang berbeda. Studi iniakan membandingkan waktu yang dibutuhkan untuk menguasai konsep/materi matematika padagaya belajar interpersonal dan gaya belajar penguasaan. Dimana, gaya belajar interpersonal diberiperlakuan dengan strategi belajar diskusi, sedangkan mahasiswa dengan gaya belajar penguasaandiberi perlakuan dengan strategi belajar problem based learning. Objek penelitian merupakanmahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UISU, dimana diambil sampel sebanyak 10 oranguntuk masing-masing gaya belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa dengan gayabelajar interpersonal lebih cepat dalam mencapai kecakapan yang dimaksud dibandingkanmahasiswa dengan gaya belajar penguasaan. Kata kunci : gaya belajar matematika, gaya interpersonal, gaya penguasaan, problem basedlearning, diskusi
Korelasi Penggunaan Waktu Senggang terhadap Prestasi Belajar Bidang Studi PPKn pada Siswa SMP Swasta Medan Putri Kecamatan Medan Timur Matondang, Asnawati
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRAKTujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan waktu senggang dan prestasi belajar PPKn siswa SMP Swasta Medan Putri serta hubungan diantara keduanya. Metode dalam penelitian iniadalah deskriptif analisis. Adapun populasi seluruh siswa sebanyak 281 orang dan sebagai sampelpenelitian ditentukan secara cluster sampling yakni siswa kelas VIII.1 dan siswa kelas VIII.2sebanyak 70 orang. Data dijaring menggunakan angket sebanyak 20 item dan tes bidang studiPPKn sebanyak 25 soal berbentuk objektif. Nilai rata-rata penggunaan waktu senggang siswaadalah 88.38% dikategorikan A (baik sekali), artinya waktu senggang siswa dimanfaatkan untukkegiatan-kegiatan yang positif. Kata kunci : Waktu Senggang, Prestasi Belajar.
Pemanfaatan Bahan Bekas Sebagai Media Pembelajaran Andriany, Liesna; Manurung, Nurhasnah
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRACTThere are many scraps around where we live that can be used as a medium of learning. SMA Kartini Utama, SMA Teladan, and MA Alwashliyah are training place for the making of learning media of scraps. The method used is a lecture, question and answer, demonstration method, simulation and training. The goal is to increase teacher’s creativity by creating their own learning media in order to make an interesting learning process, students become active which ultimately will improve their learning outcomes.Key word: scraps, instructional media
Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas V SDN 065012 Kecamatan Medan Tuntungan ., Johannes
JURNAL KEGURUAN Vol 2, No 1 (2014): JURNAL KEGURUAN
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (28.678 KB)

Abstract

ABSTRAK ”Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di Kelas V SD Negeri 065012 Kec. Medan Tuntungan”. Rumusan masalah:1).Apakah Model Pembelajaran Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu PengetahuanAlam (IPA) Di Kelas V SDN 065012 Kec. Medan Tuntungan? 2). Bagaimana ModelPembelajaran Jigsaw Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di KelasV SDN 065012 Kec. Medan Tuntungan? Tujuan Penelitian:1).Untuk meningkatkan hasil belajarsiswa melalui Model Pembelajaran Jigsaw di Kelas V SD Negeri 065012 Kec.Medan Tuntungan.2). Untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Pembelajaran Jigsaw di KelasI V SDN065012 Kec. Medan Tuntungan .Manfaat Penelitian:1).Untuk meningkatkan hasil belajar IlmuPengetahuan Alam (IPA) di Kelas V SDN 065012 Kec. Medan Tuntungan. 2).Untukmeningkatkan kualitas pengajaran guru dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).3).Untuk kelengkapan usul peneliti naik pangkat ke golongan IV/c. Penelitian Tindakandilaksanakan melalui dua siklus dengan prosedur penelitian terdiri dari 1).Planning/ Perencanaan;2).Acting/Tindakan; 3).Observing/Pengamatan; 4).Reflekting/Refleksi; Hal-hal yang masihmerupakan aspek kelemahan direfleksikan pada siklus berikutnya. Hasil Penelitian Tindakan:berdasarkan data pada setiap siklus dapat di simpulkan bahwa: 1).Model Pembelajaran Jigsawdapat meningkatkan Aktivitas Belajar siswa karena ternyata nilai rata-rata aktifitas belajar mengalami peningkatan dari 62,14% pada Siklus I menjadi 77,14% pada Siklus II. 2).ModelPembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan Hasil Belajar siswa,karena ternyata jumlah siswa padakategori hasil belajar Kurang mengalami pengurangan dari 21,74 % pada Siklus I menjadi 8,69 %pada Siklus II; demikian juga jumlah siswa pada kategori hasil belajar Sedang mengalamipengurangan dari 52,17 % pada Siklus I menjadi 26,09 % pada Siklus II; sementara disisi lainterdapat peningkatan pada jumlah siswa kategori hasil belajar Baik bertambah dari 21,74 % padaSiklus I menjadi 39,13 % pada Siklus II; demikian juga jumlah siswa pada kategori hasil belajarBaik Sekali bertambah dari 4,35 % pada Siklus I menjadi 26,09 % pada Siklus II. Dengandemikian hipotesis tindakan yang berbunyi:”Melalui Model Pembejajaran Jigsaw diharapkandapat meningkatkan hasil belajar siswa di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 065012 KecamatanMedan Tuntungan” dapat diterima. Kata Kunci : Model Pembelajaran Jigsaw, Meningkatkan Hasil Belajar IPA, SDN 065012 MedanTuntungan

Page 1 of 1 | Total Record : 8