cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL KEGURUAN
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2017)" : 20 Documents clear
Penggunaan Metode Demonstrasi dan Pendekatan Pengetahuan Ketrampilan untuk Meningkatkan Kemampuan Mengoper Bola pada Permainan Bola Kasti Siswa Kelas V SDNegeri 023898 Binjai Sempat Tarigan
Keguruan Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Metode Demonstrasi dan Pendekatan Pengetahuan Ketrampilan dapat meningkatkan kemampuan mengoper bola dalam permainan bola kasti pada siswa kelas V SD Negeri 023898 Binjai, Tahun Pelajaran 2016/2017. Metode Demonstrasi dan Pendekatan Pengetahuan Ketrampilan dapat Meningkatkan prestasi belajar siswa terutama mengoper bola pada permainan bola kasti. Sebelum dilakukan penelitian, siswa yang tidak tuntas atau remidi 31%, kemudian setelah mengikuti PTK pada siklus pertama ini, siswa yang tidak tuntas atau remidi menjadi 8%. Berdasarkan hasil refleksi dari angket siswa menunjukkan adanya respon yang positif dari penggunaan metode demonstrasi dan pendekatan pengetahuan ketrampilan untuk peningkatan pembelajaran, dengan demikian siswa akan lebih aktif dalam belajar dan secara otomatis akan membawa hasil yang meningkat dalam prestasi belajarnya, karena siswa merasasangat senang dan lebih mudah untuk memahami pelajaran yang disampaikan oleh guru.Kata Kunci: Permainan Bolakasti, Pendidikan Kesehatan Jasmani dan Olahraga
Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa “Membuat Gambar/Denah Berdasarkan Penjelasan” Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri di Kelas IV SD Negeri 060923 Medan Amplas Rapiah Purba
Keguruan Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Rancangan penelitian ini menggunakan konsep asli menggunakan konsep aksi pada Action Research, yang terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus menggunakan empat komponen tindakan yaitu, perencanaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi dalam suatu konsep yang saling terkait. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pada Siklus Pertama, hasil evaluasi siswa yang belajar tuntas hanya mencapai 14 siswa, sedangkan pada Siklus Kedua, siswa yang dapat belajar tuntas sudah mencapai 28 orang (93,33%). Kriteria belajar Tuntas ini berdasarkan nilai yang dicapai siswa sudah mencapai atau melebihi KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) di SD No. 060923 Medan Amplas yaitu 65 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia. Secara ringkas dapat disimpulkan bahwa hasil Siklus Kedua dari aspek Partisipasi dan Keaktifan Siswa dalam proses pembelajaran sudah tercapai secara optimal, sebab rata-rata persentase yang dicapai sudah 94,16%. Pencapaian ini sudah melebihi Indikator Keberhasilan yang ditetapkan yaitu 86%. Artinya metode pembelajaran inkuiri sudah dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam memahami Membuat Gambar/Denah Berdasarkan Penjelasan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia bagi iswa kelas 4 SD No. 060923 Medan Amplas Tahun Pembelajaran 2016/2017.Kata Kunci: Pemahaman, Metode Pembelajaran Inkuiri.
Peningkatan Kemampuan Lompat Jauh Peserta Didik dengan Menggunakan Media “KB” di Kelas VI SD Negeri 060935 Medan Johor Lindawati Lindawati
Keguruan Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan siswa dalam memperoleh kemampuan lompat jauh dengan media Kardus Bekas (KB). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dua siklus, setiap siklus melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Rata-rata skor perolehan kemampuan lompat jauh peserta didik dari siklus I ke siklus 2 terjadi peningkatan. Selain skor rata-rata ketuntasan belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II juga terjadi peningkatan. Hal ini disebabkan karena penggunaan alat peraga Kardus Bekas (KB) dengan perbaikan manajemen kelas yang lebih baik yang dilakukan secara berkelompok. Terjadi peningkatan kualitas pembelajaran peserta didik yang ditandai dengan peningkatan keaktifan peserta didik baik dalam bentuk minat belajar, perhatian terhadap pelajaran, angka partisipasi, dan presentasi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Penjaskes dengan menggunakan alat peraga Kardus Bekas (KB).Kata Kunci: Kardus Bekas, Kemampuan Lompat Jauh.
Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Internet dengan Powerpoint pada Materi Sistem Ekskresi di Kelas XI SMA Negeri 19 Medan Edi Azwar
Keguruan Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media Internet dengan Powerpoint pada materi Sistem Ekskresi di kelas XI SMA Negeri 19 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 19 Medan yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah siswa sebanyak 147 siswa dan pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling sebanyak dua kelas dengan perincian , kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen media Internet dan kelas IPA 3 sebagai kelas eksperimen media Powerpoint. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes objektif 40 soal dari 70 soal yang telah diuji validitasnya. Bedasarkan uji normalitas data pada media Internet diperoleh Lhitung Ltabel yaitu 0,1075 0,1497, maka dapat dinyatakan bahwa kelas media Internet berdistribusi normal. Sedangkan uji normalitas yang dilakukan pada media Powerpoint dipeoleh Lhitung Ltabel yaitu 0,1368 0,1497 hal ini menunjukkan bahwa kelas media Powerpoint berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas variabel penelitian diperoleh nilai Fhitung Ftabel pada taraf signifikan α = 0,05 yaitu 1,28 1,77, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sampel homogen. Setelah mendapat perlakuan, nilai rata-rata postest siswa di kelas media Internet (????̅ = 80,29 ; SD = 8,66) lebih tinggi dibanding kelas media Powerpoint (????̅ = 68,57 ; SD = 10,89). Dari uji t diperoleh thitung 4,99 ttabel 1,62 yang berarti dalam penelitian ini H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan analisis diatas dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan media Internet dengan media Powerpoint pada materi Sistem Eksresi di XI SMA Negeri 19 Medan.Kata Kunci: media internet, media powerpoint, sistem eksresi, hasil belajar siswa.
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Snowball Throwing pada Mata Pelajaran IPA di SD Swasta Ichwanussafa Tahun Pelajaran 2016/2017 Srie Faizah Lisnasari
Keguruan Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengintensifkan minat siswa dalam pembelajaran Ilmu dengan menggunakan model snowball throwing. Hal ini dilakukan dengan menggunakan Classroom Action Research. Subyek penelitian adalah siswa Sekolah Dasar Swasta Kelas V Ichwanussafa yang terdiri dari 26 siswa. Untuk mengumpulkan data, instrumen tersebut menggunakan data kuantitatif (tes sains) dan data kualitatif. Berdasarkan data, ditemukan bahwa pembelajaran sains siswa meningkat dari uji siklus I, dan uji siklus II. Pada siklus I, rata-rata tingkat siswa adalah 65,38%, dan pada siklus II, rata-rata tingkat siswa adalah 88,46%. ditemukan bahwa pengajaran Ilmu Pengetahuan melalui model melempar bola salju dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar Ilmu Pengetahuan. Dapat disimpulkan bahwa pengajaran Ilmu Pengetahuan melalui model melempar bola salju sangat efektif dalam mengajar Ilmu Pengetahuan dan guru di Sekolah Dasar harus mencoba strategi ini.Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Snowball Throwing
Upaya Meningkatkan Minat Membaca Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tari Bambu pada Kompetensi Dasar Menanggapi Isi Cerita Secara Lisan di Kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Rosidah Rosidah
Keguruan Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Jenis penelitian ini adalah “Penelitian Tindakan Kelas”, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pokok bahasan menanggapi isi cerita secara lisan di Kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, siklus I dan siklus II masing-masing memiliki 2 pertemuan. Pada setiap pertemuan peneliti melakkukan observasi belajar terhadap siswa, untuk mengetahui tingkat minat belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan penulis dengan guru Kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor yang dilakukan terhadap 30 orang siswa terdapat 24 orang siswa (80%) yang memiliki minat belajar yang kurang dan 6 orang siswa (20%) yang memiliki minat yang cukup. Kemudian pada siklus I memiliki nilai rata-rata 44 (55%), sedangkan pada siklus II yaitu sebesar 69 (87%). Berdasarkan hasil penelitian dari tes siklus I dengan siklus II terjadi peningkatan yang signifikan, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tari bambu dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menanggapi isi cerita secara lisan di Kelas IV SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Tahun Ajaran 2015/2016.Kata Kunci: Minat Membaca, Pembelajaran Kooperatif, Tipe Tari Bambu.
Wanita Bekerja dan Mengatur Keperluan Keluarga Maswita Maswita
Keguruan Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Wanita bekerja sering menghadapi dilema dalam mengerjakan tugas mereka di tempat bekeja dan mengurus pekerjaan rumah tangga. Dari segi ekonomi, mereka terpaksa bekerja untuk membantu menambah pendapatan suami dalam memenuhi keperluan belanja keluarga. Tulisan ini memaparkan cara wanita bekerja di tempat kerjanya dan juga mengurus rumah tangga. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Denai kecamatam Medan Denai Kota Medan. Informan sebanyak 12 keluarga yang mempunyai tiga generasi wanita dan pemilihan berdasarkan teknik snowball. Diantara 12 unit keluarga atau 36 informan, sebanyak tujuh orang informan yang pernah bekerja dan sembilan orang yang masih bekerja dipilih sebagai informan. Hasil kajian menunjukkan bahawa kaum wanita bekerja menghadapi masalah dalam melakukan pekerjaan di rumah dan juga di tempat bekerja. Mereka terpaksa memikul beban kerja yang banyak di rumah dan tidak mempunyai waktu yang cukup untuk melakukan semua pekerjaan dalam satu masa tetentu termasuk mengasuh anak-anak. Di tempat pekerjaan, mereka menghadapi beberapa masalah seperti prosedur kenaikan pangkat yang tidak adil dan teman sekerja yang mempunyai pelbagai ragam. Sementara itu di rumah mereka menghadapi masalah dalam hal pekerjaan mengasuh anak-anak.Kata kunci: Wanita Bekerja, Keperluan Keluarga
Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Metode Group Investigation Berbasis Kontekstual Materi Statistika Kelas XI SMA Negeri 1 Parbuluan Elmus Situorang
Keguruan Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan metode group investigation berbasis kontekstual pada materi statistika kelas XI SMA Negeri 1 Parbuluan. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh hasil bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 50% dengan nilai rata-rata 48,77, dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 35 orang siswa 92,11% dengan nilai rata-rata 78,25. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi statistik di kelas XI SMA Negeri 1 Parbuluan.Kata Kunci: Group Investigation, Kontekstual, Hasil Belajar.
Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Perkalian dan Pembagian Pecahan Melalui Penggunaan Metode Snowball Drilling di Kelas V SD Negeri 060923 Medan Amplas Tiamsa Tiamsa
Keguruan Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060923 Medan Amplas yang berjumlah 34 orang siswa. Objek pada penelitian ini adalah operasi perkalian dan pembagian dalam bentuk pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada kompetensi dasar perkalian dan pembagian pecahan melalui penggunaan metode snowball drilling di kelas V SD Negeri 060923 Medan Amplas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Motivasi belajar siswa kelas V SD Negeri 060923 Medan Amplas pada pokok bahasan perkalian dan pembagian bilangan pecahan dengan menggunakan metode Snowball Drilling telah mengalami perubahan dan peningkatan secara signifikan dibandingkan sebelum dilakukannya metode ini; dan 2) Dari hasil analisis data diperoleh rata-rata motivasi belajar siswa secara individu pada setiap siklus mengalami peningkatan yaitu pada Siklus I mencapai 70,85% dan secara klasikal mencapai 56%, pada Siklus II mencapai 87,64% dan secara klasikal 94%. Rata-rata nilai angket siswa pada kondisi awal mencapai 17% dan secara klasikal mencapai 17%, pada pasca siklus II mencapai 83% dan secara klasikal mencapai 100%.Kata Kunci: Motivasi Belajar, Perkalian dan Pembagian Pecahan, Metode Snowball Drilling
Penerapan Pendekatan Pembelajaran Pakem untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Organisasi Kelas V SD Negeri 066650 Medan Kota Rosita Situmorang
Keguruan Vol 5, No 2 (2017)
Publisher : Keguruan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classrom Action Research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 066650 Medan Kota dengan jumlah sampel sebanyak 22 orang siswa tahun ajaran 2014/2015. Pelaksanaan PTK ini dilakukan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari beberapa tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi. Penelitian ini menerapkan pendekatan pembelajaran PAKEM untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa dari 22 orang siswa pada kondisi awal diperoleh rata-rata skor aktifitas belajar siswa sebesar 9 dan 77,27% kategori kurang aktif. Pada siklus I pertemuan I diperoleh rata-rat skor keaktifan belajar siswa sebesar 10 dan 68,18% kategori kurang aktif, selanjutnya pada siklus I pertemuan 2 diperoleh rata-rata skor keaktifan belajar siswa meningkatkan menjadi 13 dan 50% termasuk kategori cukup aktif. Pada siklus II pertemuan 1 diperoleh rata-rata skor aktifitas belajar siswa sebesar 16 dan 40,91% sudah termasuk kategori aktif, pada Siklus II Pertemuan 2 diperoleh rata-rata skor aktifitas belajar semakin meingkat menjadi 19 termasuk kategori aktif dan 45,45 % siswa yang termasuk kategori sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan pembelajaran PAKEM dapat meingkatkan keaktifan belajar siswa kelas V di SD Negeri 066650 Medan Kota TA 2014/2015. Hal ini berarti bahwa penerapan pendekatan pembelajaran PAKEM dapatd digunakan sebagai alterantive dalam pembelajaran.Kata Kunci: Pembelajaran PAKEM, Kekatifan Belajar, Organisasi Kelas.

Page 1 of 2 | Total Record : 20