cover
Contact Name
Iin Purnamasari
Contact Email
mpp@upgris.ac.id
Phone
+6224-8451279
Journal Mail Official
mpp@upgris.ac.id
Editorial Address
LPPM Universitas PGRI Semarang, Jl. Sidodadi Timur No. 24 Semarang Demikian permohonan ini, atas perhatian dan bantuannya kami sampaikan terimakasih.
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran
  • mediapenelitianpendidikan
  • Website
ISSN : 1978936X     EISSN : 25280562     DOI : -
Core Subject : Education,
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, dengan nomor ISSN 1978-936X (cetak) dan ISSN 2528-0562 (online) adalah jurnal yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas PGRI Semarang. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran merupakan Jurnal Nasional Terakreditasi Peringkat 5 sesuai SK Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Republik Indonesia No.: 85/M/KPT/2020, memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pendidikan. Lingkup bidang pendidikan antara lain meliputi pendidikan di jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA, sampai Perguruan Tinggi. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide yang telah dicapai di bidang pendidikan. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran menerbitkan jurnal dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2016)" : 8 Documents clear
EFEKTIFITAS PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA TUNAGRAHITA RINGAN Yani Prihati; Prita Paramita
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran Vol 10, No 2 (2016)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (502.921 KB) | DOI: 10.26877/mpp.v10i2.1726

Abstract

In SLB Pembina Yogyakarta, the process of science learning in class VII SMPLB Tunagrahita need to be improved. The media used in learning process can’t encourage the activity and enthusiasm of students. Those media just able to develop cognitive only. So it urgent to develop learning media that help learning process and make the students learn natural phenomena easily, and also be able to behave like scientist according to their ability. There are two indicators that address best result, those are the process and result success. Successful process is a condition where the students can participate the learning process actively with the help of that media. The result indicator is the increasing of KKM percentage. The result of this research showed that the using of learning media bases on computer can increase the students’s activity and participation, and also increase studen’s learning outcomein sscience. this fact was proved by the high percentag og students KKM for 20%. Keywords: Lectora, Science learning media, tunagrahita
PERBANDINGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DAN METAKOGNITIF MAHASISWA DENGAN GAYA BELAJAR YANG BERBEDA Azizul Ghofar Candra Wicaksono
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran Vol 10, No 2 (2016)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.292 KB) | DOI: 10.26877/mpp.v10i2.1516

Abstract

Penelitian ini tergolong penelitian survei yang ditujukan untuk mengidentifikasi sebaran gaya belajar mahasiswa dan hubungannya dengan pencapaian kesadaran metakognitif dan kemampuan kognitif mahasiswa.penelitian ini menggunakan purposive sampling yang melibatkan 91 mahasiswa program studi pendidikan Biologi Universitas PGRI Semarang. Mahasiswa dikelompokkan berdasarkan tipe gaya belajarnya(visual, auditori dan kinestetik) dan diukur kesadaran metakognitif menggunakanMAI (metacognitive awareness inventory) beserta kemampuan kognitifnya dengan tes kognitif. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif untuk menentukan rerata dan tingkat kesadaran metakognitif beserta kemampuan kognitif mahasiswa. Analisis dilajutkan dengan menggunakan ANOVA dan analisis korelasi untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan dan hubungan antara kesadaran metakognitif dan kemampuan kognitif pada gaya belajar visual, auditori dan kinestetik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada beda antara mahasiswa dengan gaya belajar visual,auditori dan kinestetik pada kesadaran metakognitif dan kemampuan kognitifnya. Disamping itu, nilai korelasi antara kesadaran metakognitif dan kemampuan kognitif juga relatif kecil, sehingga kesadaran metakognitif dan kemampuan kognitif pada gaya belajar visual, auditori maupun kinestetik cenderung sama dan independen.Kata kunci: gaya belajar VAK, kesadaran metakognitif, kemampuan kognitif
PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN BUDAYA KERJA TERHADAP MOTIVASI BERDAMPAK KINERJA (Studi Pada Dosen di Kopertis Wilayah VI Kota Semarang) Sabtarini Kusumaningsih
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran Vol 10, No 2 (2016)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (154.563 KB) | DOI: 10.26877/mpp.v10i2.1727

Abstract

The position oflecturerin educationisacentralfront guardandthe implementation ofthe learning process, it isnecessaryrelated tothetotality offaculty performance, dedication, andloyaltyasan educatorandprintingsupplies, provisionof Human Resources(HR). Related to this problem, themotivationlecturers is requiredtodevelopquality human resources. Implementation offacultymotivationin doing thetasks assignedto him/her, becausethe success of thelearning objectiveswilldependonhisabilityandsincerity. Researchcarried outquantitatively. The selection ofsamples is usingproportionalrandom samplingtechniqueas many as 100lecturersin theregionKopertisVIof Semarang. Analysis techniquesuseregression. The results showedthat there wasa positiveandsignificant ifluence betweenleadershipvariables(X1) toWork Motivation(Y1) witht-count resultsare9.454and1.985fort-table with a significance valueof 0.000, there wasa positiveandsignificant influence betweenthe variablesWork Culture(X2) toWork Motivation(Y1) witht-count 6.258and1.985fort-table with a significance valueof 0.000, andthere wassignificant influencebetweenWork motivation variables(Y1) ofLecturerperformance(Y2) withF value of242.062andFtablesfor3.937withpvalueof 0.000. Keywords: Leadership, work culture, work motivation and lecturerperformance
PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS WEB (E-LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 9 PALEMBANG Kiki Aryaningrum
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran Vol 10, No 2 (2016)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (140.649 KB) | DOI: 10.26877/mpp.v10i2.1517

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning)Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI di SMA Negeri 9 Palembang. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahuiPengaruh Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning)Terhadap Hasil Belajar penelitian yang digunakan metode Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI di SMA Negeri 9 Palembang yang berjumlah 150 siswa, sedangkan sampel yang diambil menggunakan teknikcluster random sampling dan didapat yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen berjumlah 38 siswa dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 40 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning)sebagai variabel (X) dan Hasil Belajar sebagai variabel (Y). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan teknik tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas data, uji homogenitas data dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes pada kelas eksperimen yaitu nilai tertinggi 95 dan yang terendah yaitu 50, rata-rata nilai kelas ekperimen yaitu 76,44 sedangankan nilai kelas kontrol yang tertinggi yaitu 80 dan yang terendah 40, nilai rata-rata kelas kontrol 59,62, hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan ada Pengaruh Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning)Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI di SMA Negeri 9 Palembang. Yang ditunjukan melalui koefisien rxy = 0,60 dan koefisien determinasi r2 = 0,36%dengan kata lainbahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh Pembelajaran berbasis web (e-learning) sebesar 36% dan sisanya 64% dipengaruhi faktor lainnya. Selanjutnya dari hasil uji hipotesis dengan uji t diperoleh hasil dari pengujian uji statistik thitung sebesar 6,532danttabel 1,689 karena thitunglebih besar dari pada ttabel maka Ha diterima.Kata kunci: Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning), Hasil Belajar, Geografi
PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP BERBASIS KURIKULUM K-13 Rasiman Rasiman; Kartinah Kartinah; Dina Prasetyowati
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran Vol 10, No 2 (2016)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (83.592 KB) | DOI: 10.26877/mpp.v10i2.2111

Abstract

The purpose of this study is to describe the preparation of media such as video mathematics teaching junior high school students of class IX-based K-13 curriculum. This research includes R & D (research and development) or the type of research development. Development undertaken is the development of mathematical learning media in the form of video lessons for junior high school students of class IX. Product generated in this study are instructional videos on material congruency. In this study using ADDIE development model, namely Analysis (Analysis), Design (Design), Development (development), Implementation (Implementation), and Evaluation (Evaluation). In this research phase is done only at the stage Development (Development). Based on the assessment of media experts that the two professors and one teacher from the aspect of media, presenting aspects of learning, language aspects of feasibility, and feasibility aspects kegrafikan percentage of feasibility study media at 91.82%. Once converted to a percentage scale conversion tables 91.82% level of achievement that are in very good criteria so that it can be concluded that the instructional video on congruency decent material applied in learning.Subsequently validated by subject matter experts. Researchers validate by two professors and one teacher from the aspect of media, aspects of material substance, and the design aspects of learning have a percentage of 85.93%. Once converted to a percentage scale conversion tables 85.93% level of achievement that are in very good criteria so that it can be concluded that the similarity decent video learning material applied to research by improving the delivery of content in the form of a sequence. Keywords: Development, Video Learning, Curriculum K-13 AbstrakTujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penyusunan media pembelajaran matematika berupa video pembelajaran siswa SMP kelas IX berbasis Kurikulum K-13. Penelitian ini termasuk jenis R & D (research  and  development) atau jenis penelitian pengembangan. Pengembangan yang dilakukan adalah pengembangan media pembelajaran matematika berupa video pembelajaran untuk siswa SMP kelas IX.Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah video pembelajaran pada materi kesebangunan.Pada penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi).Dalam penelitian ini tahap yang dilakukan hanya sampai pada tahap Development (Pengembangan).Berdasarkan penilaian para ahli media yaitu dua dosen dan satu guru yang ditinjau dari aspek media, aspek penyajian pembelajaran, aspek kelayakan bahasa, dan aspek kelayakan kegrafikan memiliki persentase kelayakan media pembelajaran sebesar 91,82%. Setelah dikonversikan dengan tabel konversi skala persentase tingkat pencapaian 91,82% berada pada kriteria sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran pada materi kesebangunan layak diaplikasikan dalam pembelajaran. Selanjutnya dilakukan validasi oleh ahli materi. Peneliti melakukan validasi oleh dua dosen dan satu guru yang ditinjau dari aspek media, aspek substansi materi, dan aspek desain pembelajaran memiliki persentase 85,93%. Setelah dikonversikan dengan tabel konversi skala persentase tingkat pencapaian 85,93%berada pada kriteria sangat baik sehingga dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran materi kesebangunan layak diaplikasikan pada penelitian dengan melakukan perbaikan berupa urutan penyampaian materi. Kata kunci: Pengembangan, Video Pembelajaran, Kurikulum K-13
UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SENI BUDAYA MATERI PEMBUATAN BATIK TULIS MENGGUNAKAN MODEL PENDEKATAN PROJECT BASED LEARNING MELALUI LANGKAH 4 M DAN 5 P SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 TEGOWANU KABUPATEN GROBOGAN SEMESTER GENAP TAHUN 2015 / 2016 Kristanto M; Suwandi Suwandi
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran Vol 10, No 2 (2016)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (241.257 KB) | DOI: 10.26877/mpp.v10i2.1518

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan nilai hasil belajar Seni Budaya siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tegowanu Kabupaten Grobogan materi batik tulis menggunakan model project based learning menggunakan langkah 4 M dan 5 P pada semester genap tahun pelajaran 2015 / 2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru sekaligus sebagai peneliti dalam setiap pertemuannya dibantu oleh satu orang pengamat. Obyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas VII F Negeri 1 Tegowanu Kabupaten Grobogan semester genap tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, tiap siklusnya terdiri atas tiga pertemuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dokumentasi, dan tes hasil belajar.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar Seni Budaya siswa kelas VII F Negeri 1 Tegowanu Kabupaten Grobogan setelah diadakan tindakan berupa pembelajaran dengan model Project Based Learning melalui langkah 4 M dan 5 P. Pembelajaran meliputi kegiatan persiapan guru dan siswa dalam memulai pembelajaran, pengelompokan, pembahasan materi, pelaksanaan pembelajaran melalui teori dan praktik, penyimpulan materi dan penugasan serta persiapan pada materi berikutnya. Hasil observasi menunjukkan banyaknya siswa yang termotivasi pada saat pembelajaran adalah 91,44 %. Hasil belajar Seni Budaya membatik teknik tulis menunjukkan rata-rata penguasaan Praktik sebesar 80.00 dan banyaknya siswa yang tuntas dalam pembelajaran mencapai 97.37 %.Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai, sehingga peneliti menyimpulkan bahwa (1) model pembelajaran project based learning melalui langkah 4 M dan 5 P dapat meningkatkan hasil belajar Seni Budaya siswa kelas SMP Negeri 1 Tegowanu materi batik tulis semester genap tahun pelajaran 2015/2016; dan (2) model pembelajaran project based learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Seni Budaya siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Tegowanu materi batik tulis semester genap tahun pelajaran 2015/2016.Kata kunci: Motivasi Belajar, Hasil belajar, Pembelajaran Project Based learning
ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN EJAAN PADA SKRIPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI DI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASARFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS DARUL ULUM ISLAMIC CENTRE SUDIRMAN GUPPI UNDARIS Atrianing Yessi Wijayanti
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran Vol 10, No 2 (2016)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (118.005 KB) | DOI: 10.26877/mpp.v10i2.1519

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan pemakaian huruf pada skripsi mahasiswa PGSD UNDARIS, medeskripsikan kesalahan penulisan kata pada skripsi mahasiswa PGSD UNDARIS, medeskripsikan kesalahan penulisan unsur serapan pada skripsi mahasiswa PGSD UNDARIS, dan medeskripsikan kesalahan penulisan tanda baca pada skripsi mahasiswa PGSD UNDARIS. Subjek penelitian ini adalah hasil penelitian pada skripsi mahasiswa PGSD UNDARIS.Jumlah skripsi yang dianalisis berjumlah 4 skripsi mahasiswa PGSD UNDARIS.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca.Teknik baca yang dilakukan adalah membaca secara berulang dan cermat skripsi mahasiswa PGSD UNDARIS yang telah dipilih.Sebelum dilakukan pencatatan, terlebih dahulu dilakukan pencatatan data pada kartu data, kemudian kartu data tersebut dikategorikan menurut kriteria kesalahan ejaan.Data yang terkumpul, kemudian dianalisis dan dideskripsikan.Instrumen pengumpulan data ini adalah menggunakan human instrument yaitu peneliti sendiri. Peneliti sebagai pelaksana yang akan mengumpulkan data, menganalisis, dan sekaligus membuat simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan ejaan pada skripsi mahasiswa prodi PGSD Universitas Darul Ulum Islamic Centre Sudirman GUPPI sebanyak 247 kesalahan yang terdiri : (1) kesalahan pemakaian huruf kapital sebanyak 8 kesalahan, (2) kesalahan penulisan kata depan di dan ke sebanyak 30 kesalahan, yang meliputi kesalahan penulisan kata depan disebanyak 28 kesalahan, kesalahan penulisan kata depan ke sebanyak 2 kesalahan, sedangkan i mbuhan di-, ke-, dan kata depan dari tidak ditemukan kesalahan pada skripsi mahasiswa, (3) kesalahan pemakaian tanda baca sebanyak 209 kesalahan, yang meliputi kesalahan pemakaian tanda baca titik (.) sebanyak 34 kesalahan, kesalahan pemakaian tanda baca koma (,) sebanyak 163 kesalahan, kesalahan pemakaian tanda hubung (-) sebanyak 1 kesalahan, kesalahan pemakaian tanda tanya (?) sebanyak 4 kesalahan, dan kesalahan pemakaian tanda baca titik dua (:) sebanyak 8 kesalahan, dan (4) kesalahan pemakaian tanda seru (!), kesalahan pemakaian tanda baca titik koma (;), kesalahan pemakaian tanda petik tunggal (‘ ...’), kesalahan pemakaian tanda petik (“...”), dan kesalahan pemakaian tanda garis miring (/) tidak ditemukan kesalahan.Kata kunci: Kesalahan Ejaan, Skripsi Mahasiswa PGSD UNDARIS
KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS PADA SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA Ismail Ismail
Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran Vol 10, No 2 (2016)
Publisher : Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (979.003 KB) | DOI: 10.26877/mpp.v10i2.1515

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterampilanberpikir kritis siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan soal berpikir kritis masalahmatematika.Untuk mencapai hal tersebutdigunakanpenelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah tiga orangsiswa SMP kelas VIII.Profil keterampilanberpikir kritis siswa diperoleh dari wawancara mendalam berbasis masalah. Pada saat wawancara untuk mengetahui dan menggali keterampilan bepikir kritis siswa, digunakan pedoman wawancara. Proses ini dilakukan setelah peneliti mendapatkan gambaran tentang kemampuan menyelesaikan masalah matematika. Instrumen pengumpulan datadalam penelitian ini adalah peneliti sendiri, sedangkan instrumen pendukung adalah (1) Tes kemampuan matematika (2) soal-soal berpikir kritis masalah matematika dan (3) Pedoman wawancara: wawancara yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara berbasis tugas, yang dilakukan dengan cara subjek diberi tugas tertulis dan diberi waktu untuk menyelesaikannya. Setelah itu, subjek diwawancarai berdasar pekerjaan yang sudah dilakukan. Saat wawancara dilakukan pengamatan dengan dibantu handycam. Tujuan wawancara adalah menginvestigasi proses berpikir kritis siswa yang dilakukan subjek penelitian dalam menyelesailkan soal berpikir kritis masalah matematika. Melalui wawancara diharapkan dapatmenggali dan mengungkapkan keterampilan berpikir kritis siswa.Hasilnya menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa SMP kelas VIIIdalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan kemampuan matematika adalah sebagai berikut: keterampilan interpretasi muncul ditandai dengan munculnya sub indikator ketegorisasi, dekode dan klarifikasi makna; keterampilan analisis muncul ditandai dengan munculnya sub indikator pemeriksaan gagasan, identifikasi argumen, dan analisis argumen; keterampilan evaluasi ditandai dengan munculnya sub indikator penilaian argumen; keterampilan inferensi ditandai dengan munculnya sub indikator penarikan kesimpulan, pemecahan masalah, pengambilan keputusan; keterampilan penjelasan ditandai dengan munculnya sub indikator penyajian masalah, justifikasi kebenaran prosedur, dan artikulasi argumen; keterampilan regulasi diri ditandai dengan munculnya sub indikator pengoreksian diri dan penelitian diri. Keterampilan analisis dengan sub indikator analisis argumen dan identifikasi argumen muncul secara optimal pada siswa dengan kemampuan matematika tinggi, kemudian sedikit berkurang pada siswa dengan kemampuan matematika sedang. Sedangkan pada siswa dengan kemampuan matematika sedang, dan pada siswa dengan kemampuan matematika rendah, keterampilan ini kurang dimiliki secara optimal. Sedangkan pada siswa dengan kemampuan matematika rendah adalah sebagai berikut: dalam menyelesaikan soal dengan bentukmemenuhi kondisi-kondisi tertentu, siswa kesulitan sehingga keterampilan-keterampilan interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi eksplanasi dan regulasi diri dengan keberadaanya tidak sempurna, siswa mudah putus asa terutama dalam menghadapi masalah yang memenuhi kondisi-kodisi tertentu.

Page 1 of 1 | Total Record : 8