cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika
ISSN : 20862407     EISSN : 2549886X     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F), with a registered number ISSN 2086-2407 (Print), ISSN 2549-886X (online) is a scientific journal published by the Physics Education Study Program Universitas PGRI Semarang. The purpose of the publication of this journal is to disseminate conceptual thoughts or ideas and learning Physics research results that have been achieved, both at school and in college.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue " Vol 10, No 1 (2019): April 2019" : 1 Documents clear
Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dalam Pembelajaran Fisika Terapan Umamah, Chairatul; Andi, Herman Jufri
Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol 10, No 1 (2019): April 2019
Publisher : Pendidikan Fisika Universitas PGRI Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26877/jp2f.v10i1.3507

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan model project based learning (PjBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran fisika terapan. Penelitian ini dilakukan di Prodi Pendidikan Fisika Universitas Islam Madura. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas, kelas A sebagai kelas kontrol dan kelas B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing kelas 22 peserta didik. parameter penelitian yang diukur meliputi keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang meliputi aspek: berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir orisinil dan berpikir elaborasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dengan bantuan program SPSS 22.0 For windows. Hasil analisis data dengan menggunakan uji-T (hipotesis). Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model Project Based Learning (PjBL) terhadap keterampilan berfikir kritis peserta didik pada matakuliah Fisika Terapan. Hasil ini dapat ditunjukkan bahwa kelas Eksperimen memiliki pencapaian keterampilan berpikir kreatif yang secara signifikan lebih tinggi dari kelas kontrol.Kata Kunci: Project Based Learning, Keterampilan Berpikir Kreatif, Fisika Terapan..

Page 1 of 1 | Total Record : 1