cover
Contact Name
Wiwin Hartanto
Contact Email
wiwinhartanto@unej.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalpe.fkip@unej.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial
Published by Universitas Jember
ISSN : 19079990     EISSN : 25487175     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial (JPE), an electronic journal, provides a forum for publishing the original research articles, review articles from contributors, and the novel technology news related to economics education and business.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 13 No 1 (2019): April 2019" : 20 Documents clear
STRATEGI PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT.PLN (Persero) AREA SITUBONDO Ayu Putri Agustin; Pudjo Suharso; Sukidin Sukidin
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i1.10415

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Area Situbondo. Metode penentuan lokasi penelitian menggunakan metode purposive area yaitu di PT. PLN (persero) Area Situbondo. Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan metode Total Sampling yaitu sebanyak 40 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumen. Uji instrumen data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan editing, skoring, dan tabulasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial/statistik yaitu dengan menggunakan analisis garis regresi sederhana, analisis varian garis regresi, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan variabel gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Area Situbondo yang dapat dilihat dari besarnya Fhitung = 157,380 > Ftabel = 4,10 dengan tingkat signifikansi F = 0,000 < a = 0,05. Besarnya besarnya persentase gaya kepemimpinan terhadap kinerja karyawan pada PT. PLN (Persero) Area Situbondo sebesar 80,6%. sedangkan sisanya yaitu 19,4% dipengaruhi variabel bebas lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini seperti masa kerja, beban kerja, pelatihan karyawan, gaji, dan lain-lain.
STRATEGI BAURAN PEMASARAN PADA PB. DUA PUTRA DI DESA AJUNG KECAMATAN KALISAT JEMBER Annisa Sari; Joko Widodo; Mukhamad Zulianto
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i1.10423

Abstract

Dua Putra Ajung Kalisat Jember merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha penggilingan padi. . Tempat penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area yang dilaksanakan di PB. Dua Putra Kalisat Jember. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa PB. Dua Putra Kalisat Jember menerapkan strategi bauran pemasaran. Adapun strategi bauran pemasaran yang dilakukan oleh PB. Dua Putra Kalisat Jember adalah strategi produk, strategi harga, strategi promosi, dan strategi distribusi. Strategi produk dalam PB. Dua Putra yaitu menjual produknya berupa beras dengan berbagai merk dengan perbedaan kualitas yang ditawarkan. Strategi tempat yaitu pemilihan tempat usaha yang berada di lokasi yang strategis, aman, dan nyaman bagi konsumen, strategi harga merupakan penetapan harga dengan mempertimbangkan kualitas beras yang diterapkan PB. Dua Putra dan penyesuaian harga di pasar, strategi promosi awal dilakukan dengan melalui iklan, brosur, banner dan juga pamflet khususnya hingga saat ini yang bertujuan menarik keminatan konsumen untuk membeli produk tersebut, dan strategi distribusi dimana dalam pengiriman barang berusaha untuk selalu tepat waktu, terutama pada saat pengiriman barang ke luar pulau.
PARTISIPASI GUCIALIT ORGANISASI WISATA ALAM (GOWA) DALAM PENGEMBANGAN AGROWISATA KEBUN TEH KERTOWONO DI KECAMATAN GUCIALIT KABUPATEN LUMAJANG Nadlirotun Nisa; Joko Widodo; Sutrisno Djaja
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i1.10433

Abstract

Pariwisata merupakan sebuah industri jasa yang digunakan sebagai salah satu pendorong perekonomian masyarakat sekitar. Pola pengelolaan dan pengembangan wisata perlu dilakukan dengan mengikutsertakan masyarakat setempat dalam kegiatan yang menunjang usaha agrowisata. GOWA (Gucialit Organisasi Wisata Alam) merupakan organisasi masyarakat di Kecamatan Gucialit yang bergerak dibidang lingkungan dan sosial. GOWA bekerjasama dengan PTPN XII untuk mengembangkan agrowisata kebun teh Kertowono. Adanya GOWA dalam mengembangan wisata kebun teh dapat menjaga keberlanjutan usaha obyek wisata. Kesediaan GOWA dan melibatkan masyarakat dalam mengembangkan obyek wisata merupakan salah satu bentuk partisipasi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk partisipasi yang dilakukan organisasi masyarakat melalui Gucialit Organisasi Wisata Alam (GOWA) dalam pengembangan agrowisata kebun teh. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Penentuan daerah penelitian dan informan menggunakan metode purposive. Adapun untuk memperoleh data peneliti menggunakan metode wawancara mendalam sebagai metode utama, serta observasi dan dokumen sebagai data pelengkap. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deksriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa partisipasi GOWA dalam pengembangan agrowisata kebun teh Kertowono terdiri dari 3 bentuk partisipasi yaitu partisipasi dalam pengambilan keputusan, partisipasi dalam pelaksanaan dan partisipasi dalam pengambilan manfaat. Partisipasi dalam pengambilan keputusan GOWA dalam pengembangan agrowisata yaitu memberikan ide karnaval tahunan untuk melestarikan kesenian dan juga sebagai ajang promosi wisata kebun teh Kertowono serta menghadiri rapat dengan masyarakat sekitar Kecamatan Gucialit. Partisipasi dalam pelaksanaan yaitu melakukan promosi melalui sosial media dan melaksanakan konservasi lingkungan. Partisipasi GOWA dalam pengambilan manfaat yaitu memberikan manfaat ekonomi dan lingkungan. Manfaat ekonomi yaitu masyarakat meningkat dengan adanya wisata kebun teh Kertowono dengan bekerja sebagai pemandu, tukang parkir maupun berjualan di sekitar wisata dan memberikan manfaat lingkungan yaitu adanya pemandu wisata yang disediakan oleh GOWA juga membantu menjaga kelestarian lingkungan dengan melakukan patrol untuk menghindari adanya perusakan hutan
PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI RUMAH MAKAN AYAM GORENG NELONGSO JEMBER Iis Maulidah; Joko Widodo; Mukhamad Zulianto
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i1.10416

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember dan untuk mengetahui variabel manakah yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Lokasi penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive area. Penentuan responden penelitian menggunakan accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket, wawancara, dan dokumen. Analisis data yang digunakan yaitu analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember sebesar 79,9% sedangakan 20,1% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasaan konsumen di Rumah Makan Ayam Goreng Nelongso Jember sebesar 40,7%.
POLA PENGASUHAN DAN INTERNALISASI NILAI KEMANDIRIAN ANAK PADA WANITA KARIR DI DESA TEMBOKREJO KECAMATAN GUMUKMAS KABUPATEN JEMBER Arinta Eka Pravitasari; Sukidin Sukidin; Pudjo Suharso
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i1.10424

Abstract

Keluarga merupakan tempat dimana anak dapat berkembang dan memiliki pengetahuan sejak lahir yang terbentuk sesuai dengan kebiasaan pola asuh orang tuanya. Pola asuh merupakan perlakuan orang tua dalam interaksi hal mendidik dan mengasuh anak yang memperhatikan keinginan anak. Pola asuh anak yang orang tuanya memiliki karir tertentu dapat menjadi faktor dalam menumbuhkan kemandirian internalisasi anak. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pola pengasuhan dan internalisasi nilai kemandirian anak pada wanita karir di Desa Tembokrejo Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Informan utama dalam penelitian ini adalah 5 orang yang berkarir sebagai guru dan perawat. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh yang ada di desa tersebut terdapat 2 pola asuh yaitu pola asuh otoritatif dan permisif, namun yang lebih dominan adalah pola asuh otoritatif yakni pola asuh yang mendorong anak untuk mandiri namun masih menempatkan batasan dan kontrol atas tindakan anak. Hasil dari 5 orang anak dengan pola pengasuhan otoritatif dapat dikatakan mandiri dengan indikator percaya diri, tanggung jawab, dan disiplin sesuai dengan kriteria umur tertentu yang telah disesuaikan dengan usia perkembangan anak pada umumnya, sedangkan 3 orang anak dengan pola asuh permisif, yaitu pola asuh yang orang tuanya sangat terlibat dengan anaknya namun hanya memberikan tuntutan atau kendali terhadap anak. Pola asuh permisif dari 3 anak tersebut hanya 1 anak yang dapat dikatakan mandiri.
ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI KINERJA KEUANGAN PADA PRIMER KOPERASI DARMA PUTRA UDDHATA JEMBER PERIODE 2015-2017 Ninda Riza; Sutrisno Djaja; Titin Kartini
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i1.10417

Abstract

Rasio keuangan sangat diperlukan oleh koperasi untuk mengetahui kinerja keuangan pada setiap periodenya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan dan kinerja keuangan Primer Koperasi Darma Putra Uddhata Jember periode 2015-2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumen, wawancara, dan observasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu analisis rasio keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) current ratio periode 2015-2017 mengalami perubahan secara fluktuatif, yaitu 1.477%; 1.792%; 1.079% dengan kriteria kinerja keuangan tidak baik. (2) Debt to assets ratio periode 2015-2017 mengalami penurunan, yaitu 65,3%; 63,24%; 60%, dengan kriteria kinerja kurang baik. (3) Debt to equity ratio periode 2015-2017 mengalami penurunan, yaitu 188,18%; 172,07%; 151,2%, dengan kriteria kinerja kurang baik. (4) Return on assets periode 2015-2017 mengalami perubahan secara fluktuatif, yaitu 6,4%; 6,82%; 6,3%, dengan kriteria kinerja cukup baik. (5) Return on equity periode 2015-2017 mengalami perubahan secara fluktuatif, yaitu 15,46%; 18,57%; 16% dengan kriteria kinerja baik. Secara keseluruhan, kinerja keuangan Primer Koperasi Darma Putra Uddhata Jember periode 2015-2017 masih belum sesuai dengan Peraturan Menteri Koperasi dan UKM No.06/Per/M.KUKM/V/2006 tentang Pedoman Penilaian Koperasi Berprestasi/Koperasi Award.
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROSEDUR KREDIT, DAN TINGKAT SUKU BUNGA TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH DALAM MENGAMBIL KREDIT PADA PT. BANK PERKREDITAN RAKYAT SUKOWONO ARTHAJAYA JEMBER Badrul Huda; Sukidin Sukidin; Sri Wahyuni
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i1.10425

Abstract

Perkembangan kebutuhan akan modal saat ini telah membawa para pelaku perbankan ke persaingan yang sangat ketat untuk memperebutkan pencari modal sebagai nasabah. Permasalahan penelitian ini yaitu (1) Apakah kualitas pelayanan, prosedur kredit, dan tingkat suku bunga berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Sukowono Arthajaya Jember? dan (2) Manakah diantara kualitas pelayanan, prosedur kredit, dan tingkat suku bunga yang berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Sukowono Arthajaya Jember. Populasi penelitian ini adalah seluruh nasabah yang melakukan kredit untuk modal usaha serta konsumsi yang tercatat di PT. Bank Perkreditan Rakyat Sukowono Arthajaya pada tahun 2017 yaitu sebanyak 1.269 orang. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan Rumus Slovin sebanyak 93 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Analisis data yang digunakan yaitu regresi linier berganda. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan, prosedur kredit, dan tingkat suku bunga berpengaruh signifikan sebesar 82,1% terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Sukowono Arthajaya Jember. Prosedur kredit berpengaruh dominan terhadap keputusan nasabah dalam pengambilan kredit pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Sukowono Arthajaya Jember sebesar 41,9%, sedangkan sumbangan pengaruh untuk kualitas pelayanan sebersar 17,3% dan tingkat suku bunga sebesar 22,9%.
PERUBAHAN KONDISI SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PULAU GILI KETAPANG KECAMATAN SUMBERASIH KABUPATEN PROBOLINGGO SEBAGAI DAMPAK ADANYA OBYEK WISATA SNORKELING Dimas Angga; Sukidin Sukidin; Pudjo Suharso
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i1.10418

Abstract

Kondisi lingkungan Pulau Gili Ketapang dapat dikatakan buruk dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat yang banyak melakukan penambangan pasir di sekitar pantai untuk dijadikan sebagai bahan bangunan yang pada akhirnya juga mengakibatkan kerusakan di daratan maupun ekosistem laut. Keberadaan obyek wisata snorkeling dapat memperbaiki kondisi lingkungan di Pulau Gili Ketapang serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal Pulau Gili Ketapang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan secara jelas mengenai fakta-fakta yang terjadi di lapangan terkait dengan perubahan kondisi sosial ekonomi masyarakat Pulau Gili Ketapang sebagai dampak adanya obyek wisata snorkeling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari segi sosial, masyarakat Pulau Gili Ketapang telah mengalami kemajuan pola pikir, terbuka, dan inovatif terkait dengan pekerjaan dengan cara memanfaatkan segala potensi yang dimiliki Pulau Gili Ketapang untuk kesejahteraaan masyarakat. Interaksi sosial yang terjadi antara masyarakat dengan para wisatawan menjadikan masyarakat melek akan kemajuan teknologi, ilmu pengetahuan dan pengalaman yang semakin meningkat. Dari segi ekonomi, keberadaan obyek wisata snorkeling memunculkan jenis lapangan pekerjaan baru yang mampu menyerap tenaga kerja dari usaha-usaha yang didirikan oleh masyarakat lokal diantaranya yaitu jasa transportasi perahu, jasa snorkeling, kuliner, dan penjualan souvenir. Hal tersebut membuat pengangguran khususnya para generasi muda Pulau Gili Ketapang dapat berkurang dan pendapatan masyarakat mengalami peningkatan yang signifikan.
KARAKTERISTIK PEDAGANG TRADISIONAL DI PASAR KEPATIHAN KABUPATEN JEMBER Siti Muzdalifah; Sukidin Sukidin; Pudjo Suharso
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i1.10426

Abstract

Keberadaan pasar modern yang jumlahnya semakin banyak dikhawatirkan akan menggusur pasar tradisional yang ada. Meski demikian sampai saat ini masih ada beberapa pasar tradisional yang mampu mempertahankan eksistensinya. Pasar Kepatihan merupakan salah satu pasar tradisional di Kabupaten Jember yang mampu bertahan dan menjadi pasar yang disukai masyarakat sebagai tempat berbelanja. Pedagang tradisional di Pasar Kepatihan menjual barang dengan harga yang relatif mahal dibandingkan dengan pasar tradisional lainnya namun mereka tetap mampu menarik pembeli untuk berbelanja di pasar ini. Karakteristik pedagang tradisional di Pasar Kepatihan dapat dilihat melalui dua aspek yaitu pola komunikasi dan modal sosial pedagang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik pedagang tradisional di Pasar Kepatihan Kabupaten Jember. Penelitian ini mengggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi antara pedagang dan pembeli di Pasar Kepatihan dapat dilihat melalui interaksi dan komunikasi dalam aktivitas jual beli. Interaksi komunikatif pedagang dengan pembeli biasa umumnya terdapat tawar menawar harga sebelum terjadi kesepakatan, sedangkan interaksi komunikatif dengan pelanggan tidak terdapat tawar menawar harga namun diganti dengan pembicaraan di luar topik jual beli sebagai bentuk kedekatan hubungan. Sedangkan modal sosial yang dimiliki pedagang Pasar Kepatihan terdiri dari beberapa komponen. Adanya kepercayaan antara sesama pedagang maupun dengan pembeli yang dapat menjaga hubungan baik yang telah terjalin. Norma tidak tertulis di pasar yang dipatuhi oleh pedagang akan menciptakan suasana kondusif dan nyaman. Jaringan yang dibentuk pedagang dengan pemasok, sesama pedagang, dan pelanggan dapat menguntungkan pedagang untuk melanggengkan usahanya.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA PENGRAJIN KUNINGAN DI KECAMATAN TAPEN KABUPATEN BONDOWOSO Nila Rizkie; Hety Mustika Ani; Wiwin Hartanto
JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial Vol 13 No 1 (2019): April 2019
Publisher : Economic Education, University of Jember

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.19184/jpe.v13i1.10419

Abstract

Sumber daya manusia merupakan tokoh utama dalam organisasi ataupun perusahaan.Agar aktivitas perusahaan berjalan dengan baik, maka perusahaan haruslah memiliki tenaga kerja yang produktivitasnya tinggi.Faktor yang dapat mendorong meningkatnya produktivitas tenaga kerja diantaranya motivasi kerja dan pengalaman kerja.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja dan pengalaman kerja terhadap produktivitas tenaga kerja pengrajin kuningan di Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso dan untuk mengetahui manakah pengaruh yang lebih dominan antara motivasi kerja dan pengalaman kerja terhadap produktivitas tenaga kerja pengrajin kuningan di Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso. Motivasi kerja pada penelitian ini terdiri dari dari kebutuhan fisik, kebutuhan rasa aman dan keselamatan, kebutuhan sosial, kebutuhan akan penghargaan dan kebutuhan perwujudan diri. Pengalaman kerja pada penelitian ini terdiri dari lama waktu / masa kerja, tingkat pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki, penguasaan terhadap pekerjaan dan perlatan.Produktivitas tenaga kerja pada penelitian ini terdiri dari kualitas kerja, kuantitas kerja dan ketepatan waktu.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah responden sebanyak 35 responden.Uji instrumen dalam penelitian ini adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan analisis inferensial yang terdiri dari analisis regresi linier berganda , uji asumsi klasik, analisis varian garis regresi, koefisien determinasi berganda, uji F, uji t, efektivitas garis regresi berganda, standart eror of estimate.Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan antara motivasi kerja dan pengalaman kerja terhadap produktivitas tenaga kerja pengrajin kuningan di Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso sebesar 84,8%, sedangkan sisanya 15,2% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pengalaman kerja berpengaruh paling dominan terhadap produktivitas tenaga kerja pengrajin kuningan di Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso sebesar 52,1%.

Page 1 of 2 | Total Record : 20