cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
ETTISAL Journal of Communication
ISSN : 25031880     EISSN : 25993240     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
ETTISAL Journal of Communication is published by University of Darussalam Gontor in coorporated with ASPIKOM, APJIKI and ISKI. It is published twice in a year every June and December. At March 2016 ETTISAL Journal of Communication registered with P-ISSN serial number 2503-1880, and at December 2017 also registered with E-ISSN serial number 2503-1880.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): ETTISAL: Journal of Communication" : 10 Documents clear
Pengaruh Komunikasi Interpersonal terhadap Ketegangan Dialektis dalam Rangka Peningkatan Penjualan Bancassurance di BCA Alam Sutera Maria Fransiska Larasati
ETTISAL : Journal of Communication Vol 7, No 1 (2022): ETTISAL: Journal of Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor collaboration with ISKI (Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ejoc.v7i1.7565

Abstract

Abstrak Perbankan di Indonesia saat ini mulai memfokuskan profitnya dari penjualan bancassurance. Masa pandemi Covid-19 ini semakin membuka adanya peluang untuk memberi kesadaran kepada nasabah serta menawarkan solusi proteksi asuransi kepada nasabah. Tujuan penelitian ini yakni guna mengetahui besarnya pengaruh komunikasi interpersonal terhadap ketegangan dialektis dalam rangka penjualan bancassurance di BCA Alam Sutera. Penelitian ini meneliti besarnya pengaruh persepsi karyawan terhadap atasan, sesama rekan kerja dan produk bancassurance yang ditawarkan, rasa percaya diri karyawan dalam menjual produk bancassurance, tekanan emosional yang dialami karyawan dalam mencapai target penjualan bancassurance terhadap ketegangan dialektis yang terjadi pada frontliner di Bank Central Asia Cabang Alam Sutera. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kuantitatif berdasarkan model penelitian eksploratif. Populasi dalam penelitian ini adalah frontliner yaitu teller dan customer service yang bekerja di BCA Alam Sutera serta kantor cabang pembantu dengan mengambil semua populasi yang tersedia sejumlah 52 responden. Berdasarkan hasil penelitian yang mengindikasikan bahwasannya persepsi, percaya diri dan tekanan emosional berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketegangan dialektis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh persepsi, percaya diri, tekanan emosional dan ganjaran terhadap ketegangan dialektis adalah sebesar 71%, sedangkan sisanya sebesar 29% dipengaruhi dari variabel lain yang tidak termasuk pada penelitian ini. Tekanan emosional merupakan variabel yang paling signifikan berpengaruh terhadap ketegangan dialektis dengan nilai β sebesar 0,760. Abstract             Banks in Indonesia are currently starting to focus their profits from selling bancassurance. The COVID-19 pandemic has opened up more opportunities to raise awareness for customers and offer insurance protection solutions to customers. The purpose of this study was to determine the magnitude of the influence of interpersonal communication on dialectical tension in the context of selling bancassurance at BCA Alam Sutera. This study examines the influence of employee perceptions of superiors, fellow co-workers and the bancassurance products offered, employee confidence in selling bancassurance products, emotional stress experienced by employees in achieving bancassurance sales targets on dialectical tensions that occur in frontliners at Bank Central Asia Alam Sutera Branch. This research uses quantitative research methods with exploratory research models. The population in this study are frontliners, namely tellers and customer service who work at BCA Alam Sutera and sub-branches by taking the entire population of 52 respondents. Based on the results of the study showed that perception, self-confidence and emotional stress had a positive and significant effect on dialectical tension. The results of this study indicate that the effect of perception, self-confidence, emotional stress and rewards on dialectical tension is 71% while the remaining 29% is influenced by other variables not included in this study. Emotional stress is the variable that has the most significant effect on dialectical tension with a value of 0.760.  
Fenomena Hoaks Covid-19 di Media Sosial Pada Era Post-Truth Robby Milana; Aminah Swarnawati
ETTISAL : Journal of Communication Vol 7, No 1 (2022): ETTISAL: Journal of Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor collaboration with ISKI (Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ejoc.v7i1.7139

Abstract

AbstrakMeningkatnya penggunaan media digital sejak awal pandemi Covid-19 telah meningkatkan penyebaran hoaks di dunia maya. Fenomena tersebut telah melahirkan kebingungan di tengah masyarakat. Media sosial termasuk platform Whatsapp, turut menjadi medium penyebaran itu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman subjektif masyarakat sesudah mengetahui bahwa informasi yang mereka terima melalui media sosial Whatsapp adalah hoaks dan untuk mengetahui perasaan masyarakat setelah menyebarkan informasi hoaks melalui platform yang sama. Sebagai landasan teori, penelitian ini menggunakan teori media sosial, karena hoaks menyebar dengan cepat melalui media sosial. Sebagai konsep pendukung juga dibahas hoaks dengan ciri-cirinya dan juga konsep post-truth. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologis. Informan penelitian berjumlah 5 orang dengan rentang usia 45-55 tahun, lokus penelitian di Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek), dilaksanakan pada tahun 2021. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) masyarakat yang mengetahui bahwa informasi yang diterimanya adalah hoaks merasa kecewa dan menyesal. (2) masyarakat tidak akan menyebarkan kembali informasi yang diketahuinya sebagai hoaks AbstractThe increasing use on digital media since pandemic Covid-19 has actually increased hoaxes spread in cyberspace. This phenomenon has created confusion in the community. Social media including the Whatsapp platform, is suspected to be a medium for the spread. The objective of this study is to determine the community subjective experience after knowing that the information they receive through social media Whatsapp is a hoax and to find out how people feel after spreading hoax information through the same platform. As a theoretical basis, this study uses social media theory, because hoaxes spread quickly through social media. As a supporting concept, hoaxes with their characteristics are also discussed as well as the post-truth concept. The approach used is qualitative with phenomenological methods. The research informants were 5 people age 45-55 years in Jakarta-Bogor-Depok-Tangerang-Bekasi (Jabodetabek), carried out in 2021. The results showed: First, people who know that the information they receive is a hoax feel disappointed and sorry. Second, the public will not redistribute information that they know to be a hoax.
Strategi Komunikasi Pemasaran Berjenjang Lifeforwin Di Era Digital Raden Sumantri Raharjo
ETTISAL : Journal of Communication Vol 7, No 1 (2022): ETTISAL: Journal of Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor collaboration with ISKI (Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ejoc.v7i1.7427

Abstract

AbstrakInternet mempengaruhi semua aspek kehidupan termasuk pemasaran yang bergeser ke digital.  PT Graha Sukses Mendunia dengan Brand Lifeforwin menerapkan sistem pemasaran berjenjang secara digital. Pemasaran berjenjang melalui internet diharapkan akan mempermudah pemasaran produk mereka. Strategi pemasaran digital mereka siapkan untuk mencapai keberhasilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran berjenjang  Lifeforwin di era digital. Pengumpulan data Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan dengan observasi partisipatif dan non partisipatif di web resmi perusahaan, media sosial seperti facebook, youtube, serta grup-grup anggota seperti whatsapp dan telegram. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Lifeforwin menggunakan strategi mendorong (Push strategy) dan Strategi Menarik (pull Strategy) yang membuat seorang member memperoleh keuntungan dari sisi produk dan peluang bisnis. AbstractThe internet affects all aspects of life including marketing which is shifting to digital. PT Graha Sukses Mendunia with Brand Lifeforwin implements a digital multilevel marketing system. Multilevel marketing through the internet is expected to facilitate the marketing of their products. Their digital marketing strategy is prepared to achieve success. The purpose of this study was to determine Lifeforwin's multilevel marketing communication strategy in the digital era. Data collection of the qualitative descriptive study was conducted by means of participatory and non-participatory observations on the company's official website, social media such as facebook, youtube, and member groups such as whatsapp and telegram. The results of this study indicate that Lifeforwin uses a push strategy and a pull strategy which makes  member’s benefit from the product side and business opportunities. 
Pengemasan Kegiatan Sebagai Upaya Promosi Kesehatan Mental Dalam Program Switch-Up Tiara Pascanoviera Robaeni; Purwanti Hadisiwi; Hanny Hafiar
ETTISAL : Journal of Communication Vol 7, No 1 (2022): ETTISAL: Journal of Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor collaboration with ISKI (Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ejoc.v7i1.8040

Abstract

AbstrakProgram Switch-Up sebagai program yang dijalankan oleh biro konsultan Switch-Up bergerak pada kesehatan mental dan pengembangan diri bekerjasama dengan Yayasan Sehat Mental Indonesia (YSMI), turut berkontribusi dalam meningkatkan kesehatan seseorang khususnya pada kesehatan mental. Berbeda seperti biro konsultan pada umumnya, kegiatan dikemas sehingga menjadi daya tarik tersendiri dan cara program Switch-Up dalam menumbuhkan kesadaran kesehatan mental membuat penulis tertarik mengetahui bagaimana pengemasan kegiatan pada program Switch-Up sebagai promosi kesehatan mental. Melalui metode kualitatif dan pendekatan studi kasus, pengemasan kegiatan promosi kesehatan mental ini penulis menganalisa adanya interaksi simbolik yang dilakukan sehingga mengkonstruksi tujuan pada promosi kesehatan mental. Penulis mendapatkan hasil dimana cara program Switch-Up mempromosikan kesehatan mental dikemas dari empat aspek, yaitu aspek segmentasi, aspek kerjasama, aspek jenis kegiatan dan aspek proses kegiatan. Keempat aspek ini saling melengkapi satu sama lain untuk dapat terbentuk menjadi sebuah kegiatan yang memiliki daya tarik tersendiri di dalam program Switch-Up. Melalui hasil ini, dapat dipahami promosi kesehatan mental yang dilakukan program Switch-Up merupakan kolaborasi dari berbagai macam bidang sehingga dapat menghasilkan pengemasan yang secara langsung maupun tidak langsung membangun kesehatan mental, seperti menghindari masalah kesehatan mental, memproteksi diri dari masalah kesehatan mental hingga meningkatkan kesehatan mental dan menjadi lebih produktif serta berkontribusi terhadap lingkungannya. Namun, semua hal ini akan terus berlanjut ketika adanya komitmen untuk menyebarkan pentingnya kesehatan mental secara konsisten. AbstractThe Switch-Up program, a program run by a Switch-Up consulting bureau, is engaged in mental health and self-development in collaboration with Yayasan Sehat Mental Indonesia (YSMI), contributing to improving health, especially mental health. Unlike consulting bureaus in general, activities are packaged so that they become a special attraction, and the way the Switch-Up program grows mental health awareness makes the author interested in knowing how the packaging of activities in the Switch-Up program as mental health promotion. Through qualitative methods and case study approaches, In the packaging of mental health promotion activities, the author analyzes the existence of symbolic interactions that are carried out so as to construct goals for mental health promotion. The authors get results where the way the Switch-Up program promotes mental health is packaged from four aspects, namely aspects of segmentation, aspects of cooperation, aspects of types of activities, and aspects of activity processes. These four aspects complement each other to form an activity that has its own charm in the Switch-Up program. Through these results, it can be understood that the mental health promotion carried out by the Switch-Up program is a collaboration from various fields so that it can produce packaging that directly or indirectly builds mental health in a positive direction, such as avoiding mental health problems, protecting yourself from mental health problems, to improve mental health and to be more productive and contribute to their environment. However, all of these things will continue when there is a commitment to spread the importance of mental health on a consistent basis. 
Pola Konsumsi Generasi Millenial Dalam Mengakses Media Edukasi Parenting Mutia Rahmi Pratiwi Swita Amallia Hapsari Egia Rosi Subhiyakto; Swita Amalia Hapsari; Egia Rosi Subhiyakto
ETTISAL : Journal of Communication Vol 7, No 1 (2022): ETTISAL: Journal of Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor collaboration with ISKI (Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ejoc.v7i1.7687

Abstract

AbstrakTeknologi kini menghadirkan media edukasi parenting sebagai bagian dari pemenuhan kebutuhan informasi, tidak hanya bagi pasangan yang telah menikah namun juga calon pengantin. Pengalaman individu yang unik menjadi menarik untuk diteliti sehingga muncul gambaran pola konsumi dalam mengakses media edukasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola komunikasi generasi milenial dalam mengakses berbagai media parenting. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode fenomenologi. Subjek penelitian terdiri dari tujuh orang perempuan yang berusia 21-26 tahun dengan status belum dan sudah menikah. Teori yang digunakan sebagai dasar analisa adalah teori media informasi Mc.Leod dan Chaffe. Hasil penelitian menunjukan bahwa para informan mengakses media parenting TheAsianParent, TheUrbanMama, TemanBumil, dan PopMama. Keseluruhan informan menyatakan bahwa web parenting yang diakses telah memenuhi kriteria sebagai media informasi yang akurat, relevan, tepat waktu dan lengkap. Abstract Technology presents parenting education media as a part of meeting information needs, not only married couples but also prospective brides. The unique experiences of individuals become interesting to study that a picture of consumption patterns appears in accessing educational media. The purpose of this research is to describe the communication patterns of the millennial generation in accessing various parenting media. The research approach used is qualitative with fenomenology method. The research subject consisted of seven women aged 21-26 years with unmarried and married status. The teori used as the basic for the analysis is information media by Mc.Leod and Chaffe. The result showed there are four parenting media accessed by the informants: TheAsianParent, TheUrbanMama, TemanBumil, and Popmama. All informant says, the web parenting accessed had met the criteria as a medium of accurate, relevant, timely and complete information. 
Baim Wong’s and Atta Halilintar’s Personal Branding through Religious Messages in YouTube Contents Citra Safira; Hilda Rahmah; Errika Dwi Setya Watie
ETTISAL : Journal of Communication Vol 7, No 1 (2022): ETTISAL: Journal of Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor collaboration with ISKI (Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ejoc.v7i1.7199

Abstract

AbstractThis study aims to determine how personal branding forms and the meanings contained in the content shared by Atta Halilintar and Baim Wong using Roland Barthes' Semiotic analysis. The era of disruption provides unlimited space for many people to connect with each other. YouTube is one of the social media that offers a space for relationship and expression, where it is possible for someone to do personal branding in order to show their characteristics and give a different impression from others. Just like Baim Wong and Atta Halilintar, on their personal YouTube channel. Both Atta Halilintar and Baim Wong have a sharing content, both of which show the act of sharing to people who are financially vulnerable. Along with the massive amount of shared content being posted, their actions have been in the spotlight because they were able to touch the religious sentiments of the audience, especially in the midst of a pandemic. Although not a content category for religious creators, both have succeeded in instilling religious messages that tend to increase their popularity and followers on YouTube. Using a qualitative approach, this research involves semiotics as an analytical method to interpret the hidden meaning behind the content by Atta Halilintar and Baim Wong. The results show that religious sentiment is used to emphasize the character of capitalism, because it shows poverty as a commodity.AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk personal branding dan makna yang terkandung dalam konten berbagi Atta Halilintar dan Baim Wong menggunakan analisis Semiotik Roland Barthes. Era disrupsi memberikan ruang gerak tanpa batas bagi banyak orang untuk terkoneksi satu sama lain. YouTube menjadi salah satu media sosial yang menawarkan ruang untuk berelasi dan berekspresi, dimana hal ini memungkinkan bagi seseorang untuk melakukan personal branding dalam rangka menunjukkan ciri khas dan menampilakan kesan yang berbeda dari orang lain. Begitu pula yang dilakukan oleh Baim Wong dan Atta Halilintar, dalam kanal YouTube pribadinya. Baik Atta Halilintar maupun Baim Wong memiliki muatan konten berbagi, dimana keduanya mempertontonkan aksi berbagi kepada orang-orang yang rentan secara finansial. Seiring masifnya konten berbagi yang diposting, aksi keduanya menjadi sorotan karena mampu menyentuh sisi sentimen religius khalayak, terutama di tengah kondisi pandemi. Meskipun bukan kategori konten kreator religi, kedunya berhasil menanamkan pesan-pesan religius yang bertendensi menaikan popularitas dan pengikutnya di YouTube. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini menggunakan semiotik sebagai metode analisis untuk menafsirkan makna tersembunyi dibalik konten berbagi Atta Halilintar dan Baim Wong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentimen religius digunakan untuk mempertegas watak kapitalisme, karena mempertontonkan kemiskinan sebagai sebuah komoditas. 
Parental Interpersonal Communication Strategy of Elementary Students During COVID-19’s Online Learning Kezia Carolina Gustapo Hartanto; Rina Sari Kusuma
ETTISAL : Journal of Communication Vol 7, No 1 (2022): ETTISAL: Journal of Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor collaboration with ISKI (Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ejoc.v7i1.7958

Abstract

AbstractOnline Learning makes parents indirectly have a close relationship with teachers. However, to get good communication, both parties do not just communicate but also must have certain techniques to be able to produce positive and efficient communication. The focus of this research is centered on the interpersonal communication process carried out by parents to teachers using CMC theory. This research is a descriptive study using a qualitative approach. The sample taken in this study were 5 parents in SD Madrasah Ibtidaiyah Negeri Surakarta, where the researcher only interviewed one parent who accompanied their child when learning online. This research uses probability sampling with simple random sampling technique. The data collection technique is done through online interviews, non-participant observation, document studies and using triangulation techniques. The results showed that when in distance learning conditions, the strategies adopted by parents were adjusted to their character, because the characters were different, it would affect the way of openness/communication. Then it is also related to the communication media provided.Abstrak  Online learning membuat para orang tua secara tidak langsung memiliki hubungan yang erat dengan para guru. Namun, untuk mendapatkan komunikasi yang baik, kedua belah pihak tidak hanya sekedar berkomunikasi saja tetapi juga harus memiliki teknik tertentu agar mampu menghasilkan komunikasi yang positif dan efisien. Fokus penelitian ini terpusat pada proses komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh orang tua kepada guru dengan menggunakan teori CMC. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan MENGGUNAKAN pendekatan kualitatif. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 5 orang tua murid SD Madrasah Ibtidaiyah Negeri Surakarta, dimana peneliti hanya mewawancarai salah satu orang tua saja yang mendampingi anaknya ketika pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan datanya dilakukan melalui wawancara secara daring, observasi non partisipan, studi dokumen dan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketika dalam kondisi Pembelajaran Jarak Jauh, maka strategi yang dilakukan oleh orang tua yaitu disesuaikan dengan karakter mereka, karena karakternya berbeda maka akan mempengaruhi cara keterbukaan/cara komunikasi. Kemudian juga berkaitan dengan media komunikasi yang diberikan.
Resepsi Komunitas Peduliodgj.id Mengenai Konten Video Stop Sebut “Orang Gila”, ODGJ Juga Manusia! Amelia Haerunisa; Tangguh Okta Wibowo
ETTISAL : Journal of Communication Vol 7, No 1 (2022): ETTISAL: Journal of Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor collaboration with ISKI (Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ejoc.v7i1.7726

Abstract

AbstrakOrang dengan gangguan Jiwa (ODGJ) merupakan salah satu golongan yang masih dipandang “berbeda” untuk dapat diterima di lingkungan keluarga dan masyarakat. Hal ini dikarenakan masyarakat belum teredukasi dengan baik tentang pemahaman ODGJ. Untuk menyadarkan pentingnya peduli terhadap ODGJ maka media perlu mengangkat isu tentang ODGJ, seperti konten video Stop Sebut “Orang Gila”, ODGJ Juga Manusia! di sebuah kanal YouTube. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui resepsi komunitas Peduliodgj.id mengenai isi video tersebut. Studi ini menggunakan teori resepsi khalayak dari Stuart Hall untuk melihat fenomena tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah wawancara mendalam terhadap enam informan dari komunitas Peduliodgj.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan posisi dari setiap informan mengenai pemaknaan ODGJ dalam konten video tersebut. Posisi yang didominasi hegemoni-dominan pada pemahaman bahwa penyebutan orang “gila” berdampak buruk untuk ODGJ, posisi negosiasi lebih pada pemahaman bahwa gangguan jiwa dan gangguan fisik harus diperlakukan dengan sama, dan terakhir, posisi oposisi lebih pada pemahaman bahwa seseorang yang pergi ke psikolog masih dipandang aneh.AbstractPeople with mental disorders (ODGJ) are one of the groups that are still considered strange to be accepted in the family and community because the community has not been properly educated about understanding ODGJ. To realize the importance of caring for ODGJ, the media must raise issues about ODGJ, such as video content Stop Sebut “Orang Gila”, ODGJ Juga Manusia! . This study aims to determine the reception of the Peduliodgj.id Community regarding Video Content Stop Sebut “Orang Gila”, ODGJ Juga Manusia! . This study uses the encoding-decoding theory by Stuart Hall. The paradigm used is constructivism with a descriptive qualitative approach. The research method used is reception analysis. The results of the study indicate that there are differences in the position of each informant regarding the meaning of ODGJ in that video. Positions that are dominated by hegemony are dominant in the discussion of the mention of crazy people having a bad impact on ODGJ. Positions that are dominated by negotiations on the discussion of mental disorders and physical disorders must be treated equally. Opposition-dominated positions on discussing someone who goes to a psychiatrist and psychologist are still in a strange field.  
Violence Hyperreality Message in Dating Relationship in Digital Text on Joylada Application Suprihatin - -; Riesta Ayu Oktarina
ETTISAL : Journal of Communication Vol 7, No 1 (2022): ETTISAL: Journal of Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor collaboration with ISKI (Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ejoc.v7i1.7497

Abstract

AbstractJoylada is a fiction reading application which is based on the technology can be downloaded via Android, iPhone or personal computer. The scientists observed, some fiction in Joylada application that has romantic genre and sexuality theme are considered attractive by the readers. The one that attracts the observer is the efforts to convey the messages that violence towards female when they engage in a dating relationship is a common thing. This is portrayed in an interview that is constructed by writers through their novels. Two novels are chosen in this research entitled Aku Bukan Budak Seksmu and My Sweet Psikopat. The objects are studied using  Critical Discourse Analysis method by Teun A. Van Dijk to see how violence in dating relationship is constructed as a hyperreality to naturalize the message behind the discourse. From  the research result, data are obtained that violence in dating relationship is brought as the main topics by the text producers in both novels. This is supported by relevant subtopics. In social cognition level, violence discourse in both novels is the perspective of the writer about violence. Meanwhile, in social analysis level, discourse about violence and sexual violence in both novels cannot be accepted by the readers. Yet, it is a different story if the character who did it is portrayed as a man with ideal physical image, settled and psychopath-masked. Abstrak       Joylada adalah aplikasi bacaan fiksi berbasis teknologi yang dapat diunduh melalui Android, iPhone, atau komputer pribadi. Para ilmuwan mengamati, beberapa fiksi dalam aplikasi Joylada yang bergenre romantis dan bertema seksualitas dinilai menarik oleh pembaca. Salah satu yang menarik perhatian peneliti adalah upaya menyampaikan pesan bahwa kekerasan terhadap perempuan ketika mereka menjalin hubungan pacaran adalah hal yang lumrah. Hal ini tergambar dalam sebuah wawancara yang dikonstruksi oleh para penulis melalui novel-novel mereka. Dua novel yang dipilih dalam penelitian ini berjudul Aku Bukan Budak Seksmu dan My Sweet Psikopat. Objek-objek tersebut dikaji dengan menggunakan metode Analisis Wacana Kritis oleh Teun A. Van Dijk untuk melihat bagaimana kekerasan dalam hubungan pacaran, dikonstruksi sebagai sebuah hiperrealitas untuk menaturalisasi pesan di balik wacana tersebut. Dari hasil penelitian diperoleh data bahwa kekerasan dalam hubungan pacaran diangkat sebagai topik utama oleh produser teks dalam kedua novel tersebut. Ini didukung oleh subtopik yang relevan. Dalam tataran kognisi sosial, wacana kekerasan dalam kedua novel tersebut merupakan perspektif penulis tentang kekerasan. Sedangkan pada tataran analisis sosial, wacana tentang kekerasan dan kekerasan seksual dalam kedua novel tersebut tidak dapat diterima oleh pembaca. Namun lain cerita jika tokoh yang melakukannya digambarkan sebagai pria dengan citra fisik ideal, mapan, dan bertopeng psikopat. 
Komunikasi Pemasaran Decathlon Indonesia dalam Mempertahankan Loyalitas Konsumen di Masa Pandemi COVID-19 Indriyani Idris; Oktaviana Purnamasari; Aminah Swarnawati; Sa’diyah El Adawiyah
ETTISAL : Journal of Communication Vol 7, No 1 (2022): ETTISAL: Journal of Communication
Publisher : Universitas Darussalam Gontor collaboration with ISKI (Ikatan Sarjana Ilmu Komunikasi Indo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21111/ejoc.v7i1.7095

Abstract

AbstrakPada awal tahun 2020, Indonesia dihadapkan dengan menyebarnya virus COVID-19 yang menyebabkan angka kematian sangat tinggi, menerapkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi vitamin dan berolahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan imunitas agar tidak mudah terpapar virus COVID-19, dalam kondisi ini tentunya masyarakat indonesia membutuhkan peralatan dan perlengkapan untuk mendukung aktifitas berolahraga. Di Indonesia, satu salah satu retail olahraga yang menjual peralatan dan perlengkapan berolahraga ialah Decathlon Indonesia, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis komunikasi pemasaran Decathlon Indonesia di masa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, hasil penelitian menunjukan bahwa Decathlon Indonesia menggunakan media baru seperti Instagram, Facebook, YouTube, LinkedIn dan Tiktok, pada personal selling, manajemen Decathlon Indonesia meminimalisir interaksi dan memilih menggunakan display layout agar informasi mengenai produk tetap sampai kepada konsumen, metode publisitas dan promosi yaitu menyelenggarakan event digital dengan memberikan potongan harga dan gift coupon kepada konsumen yang menjadi peserta event. Masih terdapat keterbatasan bagi Decathlon Indonesia untuk merambah ke media lama seperti televisi dan radio, belum memadainya program reward loyality bagi membership Decathlon Indonesia. AbstractAt the beginning of 2020, Indonesia was faced with the spread of the COVID-19 virus which caused a very high mortality rate, implementing a healthy lifestyle by consuming vitamins and exercising is one way to increase immunity so that it is not easily exposed to the the COVID-19 virus, in this condition of course the indonesian people need equipment sport to support sports activities, in indonesia, one of the sports retailers that sell sports equipment is Decathlon Indonesia, this study aims to describe and analyze the marketing communication of Decathlon Indonesia during the COVID-19 pandemic. The research method used is a qualitative method with a case study approach, the results of the study show Decathlon Indonesia use new media such a Instagram, Facebook, YouTube, LinkedIn and Tiktok, in personal selling, Decathlon Indonesia management minimizes interaction and chooses to use display layouts for information about products still reaches consumers, publicity and promotion methods, namely organizing digital events by providing discounts prices and gift coupons to consumers who are participants in the event. There are still limitations for Decathlon Indonesia to penetrate into old media such as televesion and radio, inadequate loyalty reward programs for indonesian Decathlon Indonesia membership.   

Page 1 of 1 | Total Record : 10