cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Published by Universitas Udayana
ISSN : 23028912     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Science,
E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and entrepreneurship that certainly have never been published. E-Jurnal Manajemen is published every month by Management Study Program.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10 No 9 (2021)" : 5 Documents clear
PENINGKATAN BRAND AWARENESS PRODUSEN SUSU SAPI DENGAN STRATEGI DESAIN Ajie Nur Rochmawan; Wirania Swasty; Rizki Yantami Arumsari
E-Jurnal Manajemen Vol 10 No 9 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i09.p05

Abstract

Hasil dari peternakan sapi perah sebenarnya begitu melimpah, namun peternak sapi perah terancam bangkrut karena harga susu segar yang dijual kepada industri sudah terlampau rendah tetapi harga pakan ternak terlampau tinggi. Hal tersebut menjadi kendala dalam berbisnis hasil olahan susu sapi perah. Studi ini bertujuan untuk merancang strategi desain pada produsen susu sapi. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data primer menggunakan observasi, kuesioner dengan sampel purposive non-random sampling yakni orang yang mengonsumsi susu sapi di Kabupaten Kuningan, dan wawancara terstruktur dengan pemilik perusahaan. Pengumpulan data sekunder dilakukan melalui studi pustaka cetak dan digital. Analisis data menggunakan beberapa instrumen manajemen sebagaimana teori proses strategi desain. Penelitian ini menguraikan hasil berupa strategi desain serta implementasinya pada media-media desain. Hasil studi memaparkan bahwa perancangan corporate identity dan berbagai media visual mampu membangun brand identity sehingga dapat menciptakan brand awareness di target audience. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan membuat portofolio merek untuk berbagai lini produk yang dijual. Diharapkan dengan terciptanya brand awareness dapat meningkatkan pendapatan perusahaan, Kata kunci: brand awareness, brand identity, media, strategi desain, visual
PERAN KEPUASAN PELANGGAN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN LARISSA AESTHETIC CENTER DENPASAR Mila Mila; I Wayan Santika
E-Jurnal Manajemen Vol 10 No 9 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i09.p01

Abstract

Perawatan diri telah menjadi kebutuhan dan gaya hidup semua orang khususnya bagi para wanita. Perkembangan klinik kecantikan yang semakin pesat mengharuskan perusahaan di bidang kecantikan untuk dapat memahami setiap perilaku konsumennya. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menjelaskan pengaruh kualitas layanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan, menjelaskan peran kepuasan pelanggan memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan di Larissa Aesthetic Center Denpasar. Sampel dalam penelitian ini adalah orang yang sudah mempunyai member atau kartu pengenal pada Larissa Aesthetic Center yang berada di Kota Denpasar. Metode penentuan sampel yang digunakan yaitu nonprobability sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik wawancara dan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, analisis jalur, uji asumsi klasik, uji sobel dan uji vaf. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan berperan secara signifikan dalam memediasi hubungan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan. Implikasi dalam penelitian ini yaitu implikasi teoritis dan implikasi praktis. Kata kunci: kualitas layanan, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan.
ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN SUKU CADANG (SPAREPART) PADA BENGKEL PIAGGIO VESPA NUSA DUA Ni Made Juli Adelia; Kastawan Mandala
E-Jurnal Manajemen Vol 10 No 9 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i09.p02

Abstract

Persediaan penting dipersiapkan oleh perusahaan, manajemen persediaan yang baik dapat memperlancar kinerja perusahaaan, meminimalkan biaya persediaan dan mengantisipasi terjadinya permintaan barang yang sifatnya fluktuatif.. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengendalian suku cadang (sparepart) yang dilakukan pada bengkel Piaggio Vespa Nusa Dua dan untuk mengetahui efisiensi sistem pengendalian persediaan yang dilakukan oleh perusahaan. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh melalui wawancara dan melakukan observasi terkait dengan pengendalian persediaan perusahaan. Penelitian ini menggunakan Teknik analisis deskriptif yang menjelaskan secara sistematis tahapan Analisis ABC, menentukan EOQ, menghitung Safety Stock, menghitung Reorder Point, menghitung persediaan maksimum, menghitung inventory turnover dan menghitung total biaya persediaan. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan menunjukkan bahwa total biaya yang dikeluarkan dengan menggunakan pengendalian persediaan dengan sistem perusahaan adalah sebesar Rp 139,799,338. Sedangkan total biaya yang dikeluarkan menggunakan metode EOQ adalah sebesar Rp 112,423,730 ini menunjukkan sistem pengendalian persediaan yang dilakukan oleh perusahaan belum efisien, karena dengan menggunakan metode EOQ perusahaan dapat menghemat sebesar Rp 27,375,608. Kata Kunci: persediaan, analisis ABC, economic order quantity
KOMITMEN ORGANISASIONAL MEMEDIASI PENGARUH PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI TERHADAP RETENSI KARYAWAN PADA HOTEL OBEROI BALI Ni Luh Putu Prawerti Widhari; I Komang Ardana
E-Jurnal Manajemen Vol 10 No 9 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i09.p03

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap retensi karyawan. Dalam penelitian ini juga dikaji peran komitmen organisasional dalam memediasi pengaruh persepsi dukungan organisasi terhadap retensi karyawan. Sampel penelitian ini adalah karyawan Hotel Oberoi Bali sebanyak 58 orang, dengan teknik proportionate stratified random sampling yang mengacu pada pendekatan Slovin. Pengumpulan data dilakukan melaui wawancara dan kuisioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi dukungan organisasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi karyawan. Persepsi dukungan organisasi juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap komitmen organisasional karyawan dan komitmen organisasional terbukti secara signifikan memediasi pengaruh persepsi organisasi terhadap retensi karyawan. Implikasi teoritis dari penelitian yaitu bahwa saat perusahaan memberikan dukungan terhadap karyawannya maka karyawan tersebut secara teori akan melakukan pertukaran sosial dalam bentuk berkomitmen kepada perusahaan sehingga retensi karyawan akan semakin meningkat. Kata kunci: persepsi dukungan organisasi, komitmen organisaisonal, retensi karyawan
PERAN KEPUASAN KERJA DALAM MEMEDIASI PENGARUH STRES KERJA TERHADAP KINERJA PNS BAKEUDA KABUPATEN TABANAN Ni Luh Gede Widya Saraswati; Desak Ketut Sintaasih
E-Jurnal Manajemen Vol 10 No 9 (2021)
Publisher : Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24843/EJMUNUD.2021.v10.i09.p04

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengkaji pengaruh stres kerja terhadap kinerja Pegawai Negeri Sipil (PNS). Dalam penelitian ini juga dikaji peran kepuasan kerja dalam memediasi pengaruh stres kerja terhadap kinerja PNS. Penelitian dilakukan pada BAKEUDA Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Sampel penelitian adalah PNS BAKEUDA sebanyak 125 orang, dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling. Teknik analisis data digunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kinerja PNS. Stres kerja juga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Kepuasan Kerja PNS dan kepuasan kerja terbukti memediasi secara parsial pengaruh stres kerja dengan kinerja PNS. Hasil ini memberi petunjuk bahwa tingkat stres kerja yang rendah akan dapat meningkatkan kinerja pegawai. Tingkat stres yang rendah juga akan membuat pegawai merasa puas dalam pekerjaannya sehingga kinerjanya akan menjadi semakin baik. Dari hasil ini dapat disarankan bagi pimpinan instansi, kalua mengharapkan para pegawai dapat berkinerja maksimal, maka tingkat stres kerja pegawai harus diminimalisir dengan mengurangi melibatkan mereka dalam pekerjaan yang bertentangan dengan tugas pokok yang harus diselesaikan sehingga dapat mengurangi kelelahan mereka dalam bekerja. Kata kunci: Stres kerja, kepuasan kerja, kinerja pegawai

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 12 No 9 (2023) Vol 12 No 8 (2023) Vol 12 No 7 (2023) Vol 12 No 6 (2023) Vol 12 No 5 (2023) Vol 12 No 4 (2023) Vol 12 No 3 (2023) Vol 12 No 2 (2023) Vol 12 No 1 (2023) Vol 11 No 12 (2022) Vol 11 No 11 (2022) Vol 11 No 10 (2022) Vol 11 No 9 (2022) Vol 11 No 8 (2022) Vol 11 No 7 (2022) Vol 11 No 6 (2022) Vol 11 No 5 (2022) Vol 11 No 4 (2022) Vol 11 No 3 (2022) Vol 11 No 2 (2022) Vol 11 No 1 (2022) Vol 10 No 12 (2021) Vol 10 No 11 (2021) Vol 10 No 10 (2021) Vol 10 No 9 (2021) Vol 10 No 8 (2021) Vol 10 No 7 (2021) Vol 10 No 6 (2021) Vol 10 No 5 (2021) Vol 10 No 4 (2021) Vol 10 No 3 (2021) Vol 10 No 2 (2021) Vol 10 No 1 (2021) Vol 9 No 12 (2020) Vol 9 No 11 (2020) Vol 9 No 10 (2020) Vol 9 No 9 (2020) Vol 9 No 8 (2020) Vol 9 No 7 (2020) Vol 9 No 6 (2020) Vol 9 No 5 (2020) Vol 9 No 4 (2020) Vol 9 No 3 (2020) Vol 9 No 2 (2020) Vol 9 No 1 (2020) Vol 8 No 12 (2019) Vol 8 No 11 (2019) Vol 8 No 10 (2019) Vol 8 No 9 (2019) Vol 8 No 8 (2019) Vol 8 No 7 (2019) Vol 8 No 6 (2019) Vol 8 No 5 (2019) Vol 8 No 4 (2019) Vol 8 No 3 (2019) Vol 8 No 2 (2019) Vol 8 No 1 (2019) Vol 7 No 12 (2018) Vol 7 No 11 (2018) Vol 7 No 10 (2018) Vol 7 No 9 (2018) Vol 7 No 8 (2018) Vol 7 No 7 (2018) Vol 7 No 6 (2018) Vol 7 No 5 (2018) Vol 7 No 4 (2018) Vol 7 No 3 (2018) Vol 7 No 2 (2018) Vol 7 No 1 (2018) Vol 6 No 12 (2017) Vol 6 No 11 (2017) Vol 6 No 10 (2017) Vol 6 No 9 (2017) Vol 6 No 8 (2017) Vol 6 No 7 (2017) Vol 6 No 6 (2017) Vol 6 No 5 (2017) Vol 6 No 4 (2017) Vol 6 No 3 (2017) Vol 6 No 2 (2017) Vol 6 No 1 (2017) Vol 5 No 12 (2016) Vol 5 No 11 (2016) Vol 5 No 10 (2016) Vol 5 No 9 (2016) Vol 5 No 8 (2016) Vol 5 No 7 (2016) Vol 5 No 6 (2016) Vol 5 No 5 (2016) Vol 5 No 4 (2016) Vol 5 No 3 (2016) Vol 5 No 2 (2016) Vol 5 No 1 (2016) Vol 4 No 12 (2015) Vol 4 No 11 (2015) Vol 4 No 10 (2015) Vol 4 No 9 (2015) Vol 4 No 8 (2015) Vol 4 No 7 (2015) Vol 4 No 6 (2015) Vol 4 No 5 (2015) Vol 4 No 4 (2015) Vol 4 No 3 (2015) Vol 4 No 2 (2015) Vol 4 No 1 (2015) Vol 3 No 12 (2014) Vol 3 No 11 (2014) Vol 3 No 10 (2014) Vol 3 No 9 (2014) Vol 3, No 8 (2014) Vol 3 No 7 (2014) Vol 3 No 6 (2014) Vol 3 No 5 (2014) Vol 3 No 4 (2014) Vol 3 No 3 (2014) Vol 3 No 2 (2014) Vol 3 No 1 (2014) Vol 2 No 12 (2013) Vol 2 No 11 (2013) Vol 2 No 10 (2013) Vol 2 No 9 (2013) Vol 2 No 8 (2013) Vol 2 No 7 (2013) Vol 2 No 6 (2013) Vol 2 No 5 (2013) Vol 2 No 4 (2013) Vol 2 No 3 (2013) Vol 2 No 2 (2013) Vol 2 No 1 (2013) Vol 1 No 2 (2012) Vol 1 No 1 (2012) More Issue