cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Gedung E11 Jurusan Teknik Elektro, UNNES, Kampus Sekaran, Gunungpati, Semarang, Indonesia 50229
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Edu Komputika Journal
ISSN : 22526811     EISSN : 2599297X     DOI : https://doi.org/10.15294/edukomputika
Edu Komputika Journal menerbitkan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian konseptual di bidang pendidikan TIK, komputer, teknologi informasi, multimedia, rekayasa software dan aplikasinya dalam bidang pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 8 No 2 (2021): Edu Komputika Journal" : 5 Documents clear
Pengukuran Intonasi Suara Bass Pria Pada Media Pembelajaran Paduan Suara Jarak Jauh Sukmana, Septian Enggar; Gusedy, Nura Ursula; Ananta, Ahmadi Yuli
Edu Komputika Journal Vol 8 No 2 (2021): Edu Komputika Journal
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edukomputika.v8i2.47349

Abstract

Aplikasi berbasis cloud menjadi sebuah produk yang sangat bermanfaat bagi pembelajaran termasuk media pembelajaran untuk kegiatan yang bersifat ekstrakurikuler seperti paduan suara di masa pandemi COVID-19. Aplikasi pembelajaran ini mampu membantu instruktur untuk menganalisis kemampuan calon anggota baru dan menentukan strategi yang tepat supaya harmoni dan melodi di dalam paduan suara tersebut terjalin dengan baik. Hal ini dapat diupayakan melalui penilaian intonasi sebagai salah satu fitur media pembelajaran tersebut. Penilaian intonasi dilakukan berdasarkan penentuan pitch error dan stabilitas nada pada jenis vokal bass pria. Pengembangan fitur di dalam aplikasi ini tidak dapat dilakukan secara biasa, teknik penilaian intonasi perlu diterapkan dengan baik karena intonasi berperan terhadap keselarasan nada. Penelitian ini merupakan penelitian pendahulu yang akan dikembangkan ke penelitian-penelitian berikutnya yang melibatkan nada lain dan dilaksanakan secara orkestra. Hasil penerapan teknik pada kegiatan ini menunjukkan tidak ada ketimpangan di antara vokal dari calon anggota baru paduan suara sebagai data uji dengan vokal anggota paduan yang disimpang di dalam database sebagai dataset.
Sistem Cerdas Penghitung Jumlah Mobil untuk Mengetahui Ketersediaan Lahan Parkir berbasis Python dan YOLO v4 Rizkatama, Getsa Novandra; Nugroho, Anan; Suni, Alfa Faridh
Edu Komputika Journal Vol 8 No 2 (2021): Edu Komputika Journal
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edukomputika.v8i2.47865

Abstract

Perkembangan teknologi pada era digital semakin cepat, mulai dari bidang hardware maupun software. Software atau perangkat lunak sering digunakan pada sebuah sistem, baik untuk otomatisasi sistem itu sendiri, maupun digunakan untuk membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Pencarian sebuah lahan parkir yang tersedia menjadi sebuah permasalahan yang dihadapi oleh manusia pada saat hendak memasuki sebuah lahan parkir. Pembayaran biaya masuk lahan parkir menjadi kendala saat lahan parkir tidak ditemukan. Maka dari itu pengembangan sebuah sistem yang digunakan sebagai pendeteksi ketersediaan lahan parkir menjadi salah satu solusinya. Sistem atau perangkat lunak dikembangkan menggunakan bahasa pemrograman Python dan YOLO v4. Ketersediaan lahan parkir dihitung dengan membandingkan hasil deteksi mobil dengan ketersediaan lahan parkir. Deteksi dilakukan dengan menggunakan algoritma YOLO v4 dengan dataset COCO yang ditandai dengan bounding box dan confidence level. Berdasarkan hasil pengujian pada beberapa video, didapatkan tingkat akurasi program sebesar 72,8%.
Pengembangan E-modul Berbasis Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Nisrina, Salma Huwaida; Rokhmawati, Retno Indah; Afirianto, Tri
Edu Komputika Journal Vol 8 No 2 (2021): Edu Komputika Journal
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edukomputika.v8i2.48451

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengembangkan e-modul berbasis project based learning (PjBL). (2) Menerapkan e-modul pada mata pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi. (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan e-modul pada mata pelajaran Animasi 2 Dimensi dan 3 Dimensi di SMK Negeri 5 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni model pengembangan Research and Development (RnD) dengan mengadopsi model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil penelitian berdasarkan analisis peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, sehingga peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berupa e-modul untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. E-modul dibuat dengan menggunakan FlipPDF Professional serta dilakukan validasi oleh para ahli. Validasi ahli materi mendapatkan rata-rata skor 88,61% tergolong sangat baik. Validasi ahli media mendapatkan rata-rata skor 87,75% tergolong sangat baik. Media pembelajaran diterapkan dengan metode pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan menggunakan 1 kelas dengan jumlah peserta didik 32. Peserta didik mendapatkan 2 perlakuan yakni sebelum diterapkan (pre-test) memperoleh rata-rata 59,37, dan sesudah diterapkan (post-test) memperoleh rata-rata 78,56. Berdasarkan uji hipotesis Paired Sampel T-Test bahwa adanya pengaruh positif terhadap penggunaan e-modul dan adanya kenaikan nilai hasil belajar peserta didik. Artinya media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kontribusi Iklim Kelas, Motivasi Berprestasi dan Pengalaman PKL terhadap Kompetensi Keahlian serta Dampaknya pada Kesiapan Kerja Peserta Didik SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan Sudjimat, Dwi Agus; Sugandi, R M; Mariana, Vivi Eka
Edu Komputika Journal Vol 8 No 2 (2021): Edu Komputika Journal
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edukomputika.v8i2.51031

Abstract

Dunia kerja saat ini mengalami tantangan global, yaitu Masyarakat Ekonomi ASEAN dan revolusi industri 4.0. Lulusan SMK dituntut mampu menghadapi tingginya persaingan global dan perubahan keahlian yang dibutuhkan dunia kerja. Oleh karena itu sangat penting membekali lulusan SMK dengan kesiapan kerja yang tinggi. Penelitian ex post facto ini bertujuan mengetahui kontribusi dari iklim kelas, motivasi berprestasi, dan PKL terhadap kompetensi keahlian serta dampaknya terhadap kesiapan kerja siswa SMK Kompetensi Keahlian TKJ. Jumlah sampel responden penelitian ini sebanyak 198 siswa SMK di Kota Malang, Jawa Timur. Pengumpulan data iklim kelas, motivasi berprestasi, pengalaman PKL dan kesiapan kerja menggunakan angket, sedangkan untuk variabel kompetensi keahlian menggunakan dokumen nilai yang dimiliki sekolah. Data penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis jalur dengan dua sub-struktur. Hasil penelitian menunjukkan terdapat kontribusi yang positif antara iklim kelas terhadap kompetensi keahlian sebesar 8,8%, motivasi berprestasi terhadap kompetensi keahlian sebesar 16,4%, pengalaman PKL terhadap kompetensi keahlian sebesar 6,4%, iklim kelas terhadap kesiapan kerja sebesar 1,3%, motivasi berprestasi terhadap kesiapan kerja sebesar 5%, pengalaman PKL terhadap kesiapan kerja sebesar 2,1%, dan kompetensi keahlian terhadap kesiapan kerja sebesar 18,4%. Kesimpulan penilitian ini menunjukkan bahwa iklim kelas, motivasi berprestasi, pengalaman PKL, dan pencapaian kompetensi keahlian.
Pengembangan Mobile Learning Berbasis Pendekatan Matematik Realistik Pada Mata Kuliah Decision Support System Hamdan, Achmad; Suswanto, Hary; Hidayat, Wahyu Nur; Kirana, Kartika Candra
Edu Komputika Journal Vol 8 No 2 (2021): Edu Komputika Journal
Publisher : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.15294/edukomputika.v8i2.51442

Abstract

Mata kuliah DSS merupakan sajian mata kuliah wajib pada program studi PTI UM. Namun, mahasiswa mengalami kesulitan dalam memahami konten materi DSS. Hal itu dikarenakan materi DSS memerlukan logika matematika yang tinggi untuk mengembangkan suatu model matematika yang lebih kompleks. Maka untuk mengatasi masalah tersebut, dilakukan pengembangan media mobile learning dengan menggunakan pendekatan matematik realistik pada mata kuliah DSS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Terdapat lima tahapan dalam model pengembangan ADDIE, yaitu analysis, design, development, implementation dan evaluation. Subjek dalam penelitian ini diantaranya Ahli Materi dan Media yang berfungsi memvalidasi produk, serta Mahasiswa sebagai subjek uji coba dan pengimplementasian produk. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan belajar utama materi DSS yang sifatnya praktis dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun oleh Mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan produk berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media mendapatkan persentase rata-rata 80,71% dalam kategori layak dan 81,78 % dalam kategori sangat layak, serta hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar memperoleh persentase kelayakan rata-rata sebesar 81,61% dalam kategori sangat layak dan 88,33% dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hal itu, media pembelajaran yang dikembangkan sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Page 1 of 1 | Total Record : 5