cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Indonesian Journal of History Education
ISSN : 25490354     EISSN : 22526641     DOI : -
Core Subject : Education,
Indonesia Journal of History Education (IJHE) adalah jurnal yang menerbitkan artikel hasil penelitian atau konseptual tentang pendidikan sejarah yang meliputi kajian kurikulum sejarah, proses pembelajaran, media dan sumber belajar sejarah, inovasi pendidikan sejarah dan pendidikan. IJHE merupakan jurnal yang dikelola oleh Tim Jurnal Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang. Indonesia Journal of History Education (IJHE) terbit dua kali dalam setahun, yaitu pada bulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2017): Indonesian Journal of History Education" : 20 Documents clear
Pecinan Semarang Sebagai Sumber Belajar Sejarah Pokok Bahasan Kolonialisme Kelas XI IPS di SMA Nasional Nusaputera Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017 Merdiana, Arie Dwita; Atmaja, Hamdan Tri; Suryadi, Andy
Indonesian Journal of History Education Vol 5 No 1 (2017): Indonesian Journal of History Education
Publisher : Semarang State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar pada materi sejarah kolonialisme. (2) Mengetahui tanggapan siswa dalam pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Pecinaan Semarang sebagai sumber belajar materi sejarah kolonialisme. (3) Menganalisis kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru dalam pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar pada materi sejarah kolonialisme. (4) Mengetahui bagaimana cara guru mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran dengan memanfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar pada materi sejarah kolonialisme. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian  mengungkapkan bahwa (1) Pelaksanaan pembelajaran dengan memanfatkan Pecinan Semarang terencana dalam RPP dan sudah menjadi agenda rutin tahunan (2) Pembelajaran dengan memanfaatkan kawasan pecinan Semarang mendapat respon yang berbeda-beda, sebagian besar dari siswa mengaku senang dan antusias (3) Pembelajaran dengan memanfatkan Pecinan Semarang menemui kendala berupa alokasi waktu dan sarana pra sarana yang tersedia. (4) Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan memanfaatkan Pecinan Semarang sebagai sumber belajar dilakukan diluar jam sekolah guna keefektifan waktu dan sarana pra sarana.
Pengembangan Media Ajar Wayang Karton Pada Materi Serangan Umum 1 Maret 1949 di SMA Negeri 1 Bukateja Purbalingga Tahun Ajaran 2016/2017 Haifani, Ayun; Utomo, Cahyo Budi; Sodiq, Ibnu
Indonesian Journal of History Education Vol 5 No 1 (2017): Indonesian Journal of History Education
Publisher : Semarang State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah pengembangan wayang menjadi media pembelajaran yang kreatif. Tujuannya  untuk mengurangi permasalahan yang selama ini melingkupi kondisi pembelajaran sejarah utamanya di SMA N 1 Bukateja. Penggunaan Media dengan wayang karton diharapkan mampu membuat siswa menjadi lebih tertarik dan utamanya dapat membantu siswa untuk memahami materi sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (research and development) dengan desain eksperimen. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bukateja. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini dengan menggunakan analisis lapangan (field research) yaitu observasi dan wawancara. Pengembangan produk yang berupa media ajar wayang karton terlebih dahulu telah melalui proses validasi selama dua kali sebelum diterapkan dalam pembelajaran. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi dengan tingkat kelayakan sangat baik digunakan tanpa revisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan media ajar wayang karton pada materi serangan umum 1 maret 1949 terbukti efektif dan layak untuk diterapkan dalam pembelajaran sejarah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata skor sebesar 88, lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol yang hanya memperoleh skor sebesar 77. Kesimpulannya media ajar ini merupakan media kreatif dan merupakan media baru dalam dunia pendidikan yang memanfaatkan wayang. Selain itu secara tidak langsung media ini mengenalkan kembali budaya asli indonesia ke generasi muda jaman sekarang.
Pengembangan Media Video Motion Graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811) dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Untuk SMA Pramono, Suwito Eko; Suharso, R
Indonesian Journal of History Education Vol 5 No 1 (2017): Indonesian Journal of History Education
Publisher : Semarang State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan proses pembelajaran Sejarah Indonesia yang selama ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bangsri. (2) Menghasilkan media pembelajaran berbentuk video motion graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811) yang dikembangkan di SMA Negeri 1 Bangsri. (3) Mengetahui motion graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811) layak sebagai media pembelajaran. (4) Mengetahui keefektifan menggunakan media pembelajaran berbentuk video motion graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811) dilihat dari rata-rata minat belajar siswa di SMA Negeri 1 Bangsri. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbentuk video motion graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811), yaitu: (1) Pembelajaran Sejarah Indonesia yang selama ini dilakukan di SMA Negeri 1 Bangsri belum memaksimalkan adanya penggunaan media pembelajaran. (2) Pengembangan media pembelajaran berbentuk video motion graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811) dilakukan dengan 3 tahap utama, yaitu tahap studi pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. (3) Berdasarkan validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, motion graphic layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. (4) Video motion graphic Sejarah Pemerintahan Herman Willem Daendels (1808-1811) efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia kelas XI di SMA Negeri 1 Bangsri.
Identifikasi dan Pemanfaatan Potensi Sumber Belajar Berbasis Peninggalan Sejarah di Ambarawa Kabupaten Semarang Mailina, Laiva; Utomo, Cahyo Budi; Ahmad, Tsabit Azinar
Indonesian Journal of History Education Vol 5 No 1 (2017): Indonesian Journal of History Education
Publisher : Semarang State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis relevansi peninggalan sejarah di Ambarawa sebagai sumber belajar untuk mata pelajaran sejarah, menganalisis pemanfaatan peninggalan sejarah sebagai sumber belajar bagi siswa SMA di Ambarawa serta mengetahui kendala yang dihadapi dalam pemanfaatan sumber belajar berbasis peninggalan sejarah di Ambarawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualititatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi peninggalan sejarah di Ambarawa yang menjadi obyek penelitian sebagai sumber belajar sudah layak untuk dijadikan sebagai sumber belajar. Peninggalan sejarah yang ada di Ambarawa diantaranya Stasiun Kereta Api Ambarawa, Palagan Ambarawa dan Museum Isdiman, Makam Dr. Cipto Mangunkusumo, Benteng Williem I dan Candi Gedong Songo. Peninggalan tersebut memiliki nilai historis yang tinggi dan materi yang terkandung didalam peninggalan sejarah tersebut sesuai dengan materi dalam SK dan KD yang terdapat kurikulum yang berlaku. Pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar yang sudah dilaksanakan di SMA di Ambarawa berbeda-beda di MA Al Bidayah, SMA Taman Madya dan SMA Kanisius Bakti Awam. Kendala yang dihadapi guru sejarah dalam pelaksanaan pemanfaatan situs sejarah yang ada di Ambarawa juga berbeda tergantung kepada bentuk pemanfaatan situs sejarah itu.
Pengembangan Bahan Ajar Infografis Peristiwa Gerakan 30 September 1965 dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia di SMAN 1 Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017 Agustin, Nur Anisa; Pramono, Suwito Eko; Romadi, Romadi
Indonesian Journal of History Education Vol 5 No 1 (2017): Indonesian Journal of History Education
Publisher : Semarang State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) Menganalisis pembelajaran sejarah Peristiwa Gerakan 30 September 1965 yang selama ini dilakukan di SMA N 1 Kudus, (2) Menganalisis infografis narasi sejarah Peristiwa Gerakan 30 September 1965 yang sesuai dengan kebutuhan siswa di SMA N 1 Kudus, (3) Menganalisis kelayakan infografis narasi sejarah Peristiwa Gerakan 30 September 1965 sebagai bahan ajar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Developtment (R&D) yang kemudian dikelompokkan menjadi tiga tahap penelitian yakni tahap pendahuluan, pengembangan dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran sejarah di SMA N 1 Kudus berupa LKS dan buku siswa Kurikulum 2013. Setelah melalui tahap validasi, bahan ajar infografis Peristiwa G30S 1965 telah mendapatkan kelayakan untuk digunakan di lapangan tanpa revisi. Berdasarkan respon siswa serta guru terhadap bahan ajar infografis, menunjukkan tanggapan yang positif untuk digunakan dalam pembelajaran sebagai bahan ajar, hal tersebut dibuktikan dengan hasil pengisian angket respon guru dan siswa.
Pengembangan Model Pembelajaran Sejarawan Kecil Berbasis Sejarah Lokal Situs Keraton Kasunanan Surakarta Pada Sub Bahasan Zaman Kerajaan Islam di Indonesia Kelas X MAN 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017 Wardayanti, Rosa; Suharso, R; Romadi, Romadi
Indonesian Journal of History Education Vol 5 No 1 (2017): Indonesian Journal of History Education
Publisher : Semarang State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) menganalisis kondisi awal pembelajaran sejarah sebelum dikembangkan model pembelajaran sejarawan kecil, (2) menganalisis proses pengembangan dari model pembelajaran sejarawan kecil berbasis sejarah lokal situs keraton Kasunanan Surakarta, (3) mengetahui kelayakan model pembelajaran sejarawan kecil dilihat dari hasil validasi oleh ahli model. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan pendekatan kualitatif yang dikelompokkan menjadi dua tahapan, yaitu: studi pendahuluan dan studi pengembangan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran sejarah di kelas X MAN 1 Surakarta kurang bervariasi karena kurangnya pemahaman terhadap pelaksanaan model pembelajaran inovatif; pembelajaran yang mengenalkan pada keterampilan penelitian sejarah dengan memanfaatkan sumber sejarah lokal juga belum pernah dilaksanakan. (2) Pada tahap studi pengembangan desain model pembelajaran sejarawan kecil berbasis sejarah lokal situs keraton Kasunanan Surakarta divalidasi secara internal berdasarkan pendapat dari ahli model dan praktisi. (3) Setelah melalui tahap validasi sebanyak dua kali oleh ahli model, desain model pembelajaran sejarawan kecil berbasis sejarah lokal keraton Kasunanan Surakarta telah dinyatakan layak untuk digunakan di lapangan tanpa revisi
Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Sejarah dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Aspek Psikomotorik Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kaliwungu Tahun Pelajaran 2016/2017 Aisyah, Siti; Bain, Bain; Rosal, IM Jimmy De
Indonesian Journal of History Education Vol 5 No 1 (2017): Indonesian Journal of History Education
Publisher : Semarang State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) mengetahui tentang kelayakan pengembangan LKS Sejarah dalam pembelajaran sejarah, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar aspek psikomotorik siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Kaliwungu setelah menggunakan LKS. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang telah disederhanakan. Untuk mengetahui kelayakan LKS dapat dilihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, guru dan peserta didik. Kelayakan dari ahli materi menunjukkan nilai 100% (ukuran LKS dan desain sampul LKS), nilai 66,67% (penyajian LKS) oleh validator media. Sedangkan nilai 100% untuk semua komponen oleh validator materi setalah dilakukan revisi. Dari hasil respon siswa mendapatkan nilai rata-rata 84,56% (penyajian LKS) dan nilai 82,83% (penilaian LKS dalam pembelajaran). Sedangkan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar aspek psikomotorik peserta didik dapat dilihat dari data pretest dan post test kelas eksperimen yaitu 14,972 (pretest) dan 16,81 (post test) yang memiliki rata-rata lebih tinggi dibandingkan data pretest dan post test peserta didik kelas kontrol yaitu 14,294 (pretest) dan 16,74 (post test).
Pembelajaran Sejarah oleh Guru yang Berlatar Belakang Pendidikan Non Sejarah di SMA Swasta Kabupaten Demak Sumarsono, Soni; Romadi, Romadi
Indonesian Journal of History Education Vol 5 No 1 (2017): Indonesian Journal of History Education
Publisher : Semarang State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

belakang pendidikan non sejarah terhadap pembelajaran sejarah (2) untuk mengetahui pembelajaran oleh guru yang berlatar belakang pendidikan non sejarah (3) untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang dialami oleh guru sejarah yang berlatar belakang pendidikan non sejarah dalam pembelajaran sejarah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dimana lebih menekankan pada teknik wawancara dengan sumber diantaranya guru dari tiga SMA Swasta Kabupaten Demak, SMA PGRI Demak, SMA Muhammadyah Demak, dan SMA Islamic Centre Demak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang mengampu sejarah adalah guru yang belatar belakang dari pendidikan PPKN, dan Pendidikan SOSANT, sedangkan untuk pendidikan sejarah di tiga SMA Swasta Kabupaten Demak belum ada. Seringkali guru juga mengalami kesulitan dalam memberikan materi kepada siswa, kurangnya materi sejarah membuat guru hanya memberikan materi yang ada dibuku. Siswa seringkali merasa jenuh dengan pembelajaran sejarah, karena siswa sudah berfikiran bahwa sejarah adalah mata pelajaran hafalan sehingga siswa malas dalam belajar. Dari hasil penelitian tersebut, sekolah harus harus lebih mendukung pembelajaran sejarah dengan melengkapi sumber belajar yang lain sehingga guru pelajaran sejarah tidak akan merasa kekurangan materi. Guru harus dapat mengatasi pelaksaan pembelajaran yang akan berlangsung, supaya pembelajaran sejarah dapat berjalan dengan lancar.
Kontribusi Materi Konflik dalam Pokok Bahasan Sejarah Lokal Kerajaan Demak Bagi Kesadaran Sejarah Siswa Kelas XI IIS 2 SMA Islam Sultan Agung 2 Jepara Khubaib, Abdurahman; Atmaja, Hamdan Tri; Sodiq, Ibnu
Indonesian Journal of History Education Vol 5 No 1 (2017): Indonesian Journal of History Education
Publisher : Semarang State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh materi konflik dalam pembelajaran sejarah pada pokok bahasan sejarah lokal Kerajaan Demak bagi kesadaran sejarah siswa serta, (2) apresiasi siswa terhadap materi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian jenis kualitatif dengan strategi deskriptif. Sumber data berasal dari informan, aktivitas pebelajaran dan dokumen. Tekhnik pengumpulan data diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini telah dirangkum ke dalam 2 poin penting dimana menunjukan bahwa (1) pembelajaran sejarah yang menggunakan sub materi sejarah lokal berkontribusi dalam tingkat kesadaran sejarah. Dengan belajar dari konflik yang terjadi di Kerajaan Demak, peserta didik dapat mengantisipasi agar kejadian tersebut tidak terulang lagi di masa yang akan datang, serta (2) Apresiasi yang ditunjukkan peserta didik pun sangat baik terhadap materi yang lingkupnya dekat dengan peserta didik.
Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Berbentuk Booklet Pada Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa Kelas XI SMAN 1 Kertek Wonosobo Tahun Pelajaran 2016/2017 Ningrum, Anna Fitri; Jayusman, Jayusman; Amin, Syaiful
Indonesian Journal of History Education Vol 5 No 1 (2017): Indonesian Journal of History Education
Publisher : Semarang State University

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini antara lain: (1) Menghasilkan dan menganalisis bahan ajar sejarah berbentuk booklet Proklamasi Kemerdekaan Indonesia yang dikembangkan di SMA N 1 Kertek. (2) Mengetahui dan menganalisis kelayakan bahan ajar sejarah berbentuk booklet Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilihat dari hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, praktisi, dan respon peserta didik. (3) Mendeskripsikan keefektifan penggunaan bahan ajar sejarah berbentuk booklet Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilihat dari rata-rata minat belajar pesertadidik di SMA N 1 Kertek. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Pendekatan yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan berbentuk quasi experimental yaitu nonequivalent control group design. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bahan ajar sejarah berbentuk booklet Proklamasi Kemerdekaan Indonesia antara lain: (1) Pengembangan bahan ajar sejarah berbentuk booklet Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan 3 tahap utama, yakni tahap studi pendahuluan, pengembangan, dan evaluasi. (2) Berdasarkan validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, booklet layak untuk digunakan sebagai bahan ajar di sekolah. (3) Booklet Proklamasi Kemerdekaan Indonesia efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Sejarah Indonesia di SMA N 1 Kertek.

Page 1 of 2 | Total Record : 20