cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Edu Geography
ISSN : 22526684     EISSN : 25490346     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary geography, AP Human Geography, introductory college geography, and preservice methods courses. The journal invites scholarly work in the areas of how students learn and instructors teach by preserving and disseminating research. It is also a forum for discussion of state, national, and international trends in geography education. The journal seeks original manuscripts that contribute to the understanding of issues and topics associated with geography education.
Arjuna Subject : -
Articles 32 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2012)" : 32 Documents clear
PERILAKU PENDUDUK DALAM UPAYA PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP PADA DUA DESA DI KABUPATEN KUDUS TAHUN 2012 Dewi, Netti Liana; Banowati, Eva; Sunarko, Sunarko
Edu Geography Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENILAIAN KUALITAS BUKU TEKS PELAJARAN GEOGRAFI SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SMA KELAS XI DI KABUPATEN TEMANGGUNG Sari, Eka Anjar; Sugiyanto, R; Tjahjono, Heri
Edu Geography Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kualitas buku teks yang meliputi komponen kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikaan pada pelajaran geografi bagi siswa SMA kelas XI berdasarkan instrumen penilaian BSNP. Subjek penelitian ini adalah buku teks mata pelajaran geografi kelas XI SMA yang digunakan. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi, angket dan lembar penilaian buku teks pelajaran dari BSNP. Analisis data yang digunakan adalah konversi kuantitas data dan rumus deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku A memiliki kriteria sesuai berdasarkan standar BSNP dengan persentase sebesar 82,37%. Buku B mendapatkan kriteria sesuai dengan persentase sebesar 84,68%. Buku C memiliki kriteria sangat sesuai dengan persentase sebesar 86,84%. Buku D mendapatkan kriteria sesuai dengan persentase sebesar 85,74%. Buku E memiliki kriteria sangat sesuai dengan persentase sebesar 94,14%, maka dapat disimpulkan bahwa buku E memiliki kriteria sangat sesuai berdasarkan standar BSNP dengan persentase terbaik.This study aims to understand the level quality of textbook covering component eligibility of content, language, presentation, and graphic in geography for students of Senior High School grade XI based on the instrument assessment of BSNP. The subjects of this study are the textbooks of geography grade XI used in Senior High School. The documentation, questionnaire, and assessment sheet of textbook from BSNP were used as the data collection technique. The data analyses which were used in this study are data amount conversion and descriptive percentage formula. The results indicate that book A has criteria according to BSNP with percentage 82, 37%. Book B gets criteria with percentage 84, 68%. Book C has the best criteria with percentage 86, 84%. Book D gets criteria with percentage 85,74%. Book E has the best criteria with percentage 94, 14%, it can be concluded that book E has the best criterion based on the standard of BSNP with best percentage.
PENGEMBANGAN MEDIA CD INTERAKTIF PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI TENAGA ENDOGEN SISWA KELAS X haryanto, ika budhi; Santoso, Apik Budi; Setyaningsih, Wahyu
Edu Geography Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

KOMPETENSI PROFESIONAL GURU GEOGRAFI DALAM PEMBUATAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) SMA DI KABUPATEN REMBANG Rosiana, Nina; Tjahjono, Heri; Arifien, Moch.
Edu Geography Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PELAKSANAAN CONTEXTUAL TEACHING LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 JEKULO-KUDUS TAHUN PELAJARAN 2011/2012 ardiyanti, amita asih; Sugiyanto, R; Sriyono, Sriyono
Edu Geography Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Contextual Teaching Learning (CTL) pada mata pelajaran Geografi di SMA Negeri 1 Jekulo-Kudus tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas X SMA Negeri 1 Jekulo-Kudus yang berjumlah 347 siswa. Sampel dalam penelitian sejumlah 33 siswa diambil dengan teknik Random Sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah Deskriptif Persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan CTL sudah dalam kriteria sangat baik, mencapai 85%. Pihak sekolah hendaknya memberikan arahan dan masukan kepada guru-guru khususnya guru mata pelajaran Geografi agar dalam pelaksanaan pembelajaran selalu menerapkan pendekatan kontekstual dengan ke tujuh komponen tersebut sejalan dilaksanakannya KTSP. Bagi guru mata pelajaran Geografi hendaknya dalam proses pembelajaran untuk mengajak siswa melakukan pembelajaran di luar kelas yang berkaitan materi atmosfer, pedosfer dan hidrosfer karena berkaitan dengan aplikasi dalam CTL.This study aims to know the implementation of learning CTL (Contextual Teaching Learning) in Geography subject at SMA Negeri 1 Jekulo school year 2011/2012. The population in this study: all classes X SMA Negeri 1 Jekulo totaling 347 students. The sample was taken by Random 33. Data analysis method used in this research is descriptive percentages. The results showed that the implementation of learning in subjects CTL Geography class X is the criterion very well, reaching 85%. The school should provide direction and feedback to teachers in particular subject teachers in the implementation of learning geography that has always adopted a contextual approach to the consistent implementation of the seven components of the SBC. For subject teachers in the learning process geography should encourage student to undertake learning outside the classroom related material atmosphere, pedosfer and hydrosphere as it relates to applications in CTL.
PENERAPAN E-LEARNING GEOGRAFI MELALUI MEDIA BERBASIS WEB (FACEBOOK) wardhani, kusuma; Sugiyanto, R; Santoso, Apik Budi
Edu Geography Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang sangat pesat mendorong berbagai lembaga pendidikan memanfaatkan sistem E-learning untuk meningkatkan efektifitas dan fleksibilitas pembelajaran. Facebook adalah situs web jejaring sosial memiliki fitur dan aplikasi yang dapat dikembangkan sebagai media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan E-learning Geografi melalui media berbasis web (facebook) dan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah menerapkan E-learning Geografi melalui media berbasis web (facebook). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri di kota Tegal. Penentuan sampel dengan teknik Sample Random Sampling, maka diperoleh kelas X6, X7, X8, X3, dan X5 sebagai kelas eksperimen. Post test digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa; observasi digunakan untuk memperoleh data aktivitas siswa dan kinerja guru pada saat pembelajaran; dan angket digunakan untuk memperoleh data tanggapan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji proporsi satu pihak (uji z). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua siswa kelas X pada kelas eksperimen sudah memiliki akun facebook dan dapat menerapkannya dalam pembelajaran Geografi dengan baik. Hasil uji ketuntasan belajar diperoleh siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar klasikal. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa pembelajaran dengan menggunakan penerapan E-learning Geografi melalui media berbasis web (facebook) pada materi pokok Hidrosfer dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) klasikal.The development of information and communication technology are rapidly pushing the various educational institutions make use of E-learning system to increase the effectivity and flexibility of learning. Facebook is a social networking website has features and applications that can be developed as a learning media. The purpose of this research was to determine the implementation of Geography E-learning through web-based media (facebook) and to determine the mastery learning of student learning result after implementing Geography E-learning through web-based (Facebook). The population of this research were students of X grade high schools in the city of Tegal. Determination of the sample used Simple Random Sampling technique, the obtained class X6, X7, X8, X3, and X5 as a experiment group. Post test was used to obtain data on student learning result, observation are used to obtain student and teacher performance activities during the learning, and questionnaires are used to obtain student responses data. Data analysis techniques using descriptive analysis of the percentage and proportion of the test (z test). The result showed that all the students of X grade in the experimental group already has a facebook account and can apply it in a geograpy lesson well. The result of the mastery learning test obtained that experimental group have achived classical mastery learning. Based on these result, we can say that learning that using classical Geography E-learning implementation through web-based media (Facebook) on the subject matter hydrosphere can achieve a classical KKM.
STUDI KOMPARASI MIND MAPPING DENGAN NHT PEMBELAJARAN GEOGRAFI MATERI HIDROSFER KELAS VII Hastuti, Dwi Anna; Suhandini, Purwadi; Suharini, Erni
Edu Geography Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGARUH PEMANASAN GLOBAL TERHADAP POLA MATA PENCAHARIAN NELAYAN SERTA DAMPAKNYA PADA MINAT DAN HASIL BELAJAR ANAK DI KELURAHAN TEGALKAMULYAN KECAMATAN CILACAP SELATAN KABUPATEN CILACAP Ningsih, Novia Retno; Juhadi, Juhadi; Putro, Saptono
Edu Geography Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PENGARUH KONDISI SOSIAL EKONOMI TERHADAP TINGKAT PENDIDIKAN ANAK PADA KELUARGA BURUH BATIK, PETANI, DAN NELAYAN DI KECAMATAN WIRADESA KABUPATEN PEKALONGAN Jatmiko, Dwi; Sanjoto, Tjaturahono Budi; Putro, Saptono
Edu Geography Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi sosial ekonomi, mengetahui tingkat pendidikan anak, dan mengetahui pengaruh kondisi sosial ekonomi masyarakat buruh batik, petani, dan nelayan terhadap tingkat pendidikan anak di Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah keluarga buruh batik, petani, dan nelayan di daerah penelitian yang jumlahnya ada 14.336 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah Area Probability Sampling, Proportional Sampling, dan Random Sampling sebanyak 115 responden yang terdiri dari 60 responden buruh batik di Desa Wiradesa, 20 responden petani di Desa Bondansari, dan 35 responden nelayan di Desa Bener. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentatif dan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa besarnya nilai R square paling tinggi yaitu pada keluarga petani sebesar 93,7%, kemudian keluarga buruh batik sebesar 62,8%, dan yang paling rendah pada keluarga nelayan sebesar 55,5%.This study aims to understand the socio-economic conditions, knowing the level education of the child, and determine the effect of socio-economic conditions of the community batik workers, farmers, and fishermen on the level of education of children in the District Wiradesa Pekalongan. The population in this study is a family of batik workers, farmers and fishermen in the study area there are 14,336 people in number. The sampling technique used is the Area Probability Sampling, Proportional Sampling and Random Sampling as many as 115 respondents consisting of 60 respondents in the village Wiradesa batik laborers, 20 farmers in the village Bondansari respondents, and 35 respondents Bener fishing village. Data collection techniques using documentation, observation, and questionnaires. Data analysis techniques using descriptive analysis and regression analysis persentatif. Based on the survey results revealed that the value of R square highest ie 93.7% of farm families, and families batik workers at 62.8%, and the lowest at 55.5% for family fishing.
KAJIAN KUALITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA/MA KABUPATEN KUDUS roihanah, marlia devi; Banowati, Eva; Suhandini, Purwadi
Edu Geography Vol 1 No 1 (2012)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Fungsi guru diantaranya sebagai perencana, guru dituntut untuk memahami secara benar kurikulum yang berlaku, karakteristik siswa, fasilitas dan sumber daya yang ada, sehingga mampu menyusun perangkat pembalajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran Geografi Kudus tahun 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru Geografi di SMA/MA Kabupaten Kudus, penentuan sampel dengan teknik Purposive Sampling, metode pengumpulan data dengan instrumen angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran Geografi di SMA/MA Kabupaten Kudus dalam kategori baik yaitu telah sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan (KTSP) dan Permendiknas RI Nomor 41 Tahun 2007. Kondisi demikian menunjukkan bahwa kompetensi professional dan pedagogis guru Geografi di Kabupaten dalam tingkat yang baik pula. Hasil tersebut perlu dipertahankan dan ditingkatkan kembali melalui seminar, workshop, dan pengembangan perangkat pembelajaran agar guru mampu menguasai dan mengaplikasikan perangkat tersebut secara maksimal dan up to date, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisienTeacher functions such as planning, teachers are required to correctly understand the applicable curriculum, student characteristics, facilities and resources available, so that they can arrange teacing devices. This study aims to determine the quality of the learning sacred Geography in 2012. The population in this study were all in high school Geography teacher at SMA/ MA in Kudus, sampling with purposive sampling technique, method of data collection instruments questionnaires, observations, interviews, and documentation.The results showed that the quality of teaching Geography at SMA / MA Kudus in both categories are in accordance with the Education Unit Level Curriculum (EULC) and the Decree of the Minister of Indonesia Number 41 Year 2007. These conditions indicate that the professional competence and pedagogical Geography teacher in the district in a good rate anyway. These results need to be maintained and enhanced return through seminars, workshops, and the development of learning tools for teachers to master and apply these tools to the maximum and up to date, so that learning becomes more effective and efficient

Page 1 of 4 | Total Record : 32