cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Edu Geography
ISSN : 22526684     EISSN : 25490346     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary geography, AP Human Geography, introductory college geography, and preservice methods courses. The journal invites scholarly work in the areas of how students learn and instructors teach by preserving and disseminating research. It is also a forum for discussion of state, national, and international trends in geography education. The journal seeks original manuscripts that contribute to the understanding of issues and topics associated with geography education.
Arjuna Subject : -
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1 (2014)" : 20 Documents clear
PERSEPSI SISWA TERHADAP GURU GEOGRAFI DALAM MENGAJAR KELAS XI IPS DI SMA NEGERI SE-KOTA SALATIGA Hutami, Ambar Tri
Edu Geography Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap guru geografi dalam mengajar, dan hubungan persepsi siswa terhadap guru geografi dalam mengajar dengan hasil belajar siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri se-Kota Salatiga. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data meliputi angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukan (1)Persepsi siswa terhadap guru geografi dalam mengajar dalam kriteria baik dengan persentase persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar 72,60%, persepsi siswa terhadap variasi media dan bahan ajaran 71,00%, dan persepsi siswa mengenai variasi interaksi 75,02%; (2)Analisis hubungan antara persepsi siswa terhadap guru geografi dalam mengajar dengan hasil belajar siswa menunjukan =0,672 lebih besar dari harga kritik  dengan taraf signifikansi α=5% sebesar 0,195, yang berarti ada hubungan antara persepsi siswa terhadap guru geografi dalam mengajar dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan tabel nilai indeks koefisien korelasi  penelitian ini termasuk kategori korelasi kuat. This study aims to describe students perceptions of geography teachers in teaching, and correlation the students perception of geography teachers in teaching with student learning outcomes. The study population was a student of class XI IPS state high school in Salatiga city. The samples by purposive sampling technique. Data collection methods include questionnaires, documentation, and interviews. Analysis using descriptive percentage and correlation analysis. The results showed (1) Students perceptions of the teacher in teaching geography in good criteria with the percentage of students perceptions about 72.60% variation in teaching style, student perceptions of a variety of media and materials teachings of 71.00%, and the students perceptions about variety of interaction at 75.02%, (2) Analysis of the correlation between students perceptions of geography teachers in teaching with student learning outcomes showed rxy = 0.672 is greater than the price of criticism rtabel with significance level α = 5 % is 0.195, which means that there is a correlation between students perceptions of geography teachers in teaching with student learning outcomes. Based on the correlation coefficient table index value rhitung, this study are included in the category of strong correlation.
PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI POWER POINT BERBASIS PEMECAHAN MASALAH PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI Wiyatri, Rosa Sepsita
Edu Geography Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Media presentasi power point berbasis pemecahan masalah membantu siswa mengembangkan kreativitas dalam memecahkan persoalan yang dihadapinya. Penelitian ini untuk mendeskripsikan media presentasi power point berbasis pemecahan masalah sesuai standar pembuatan media dan menguji kelayakan penggunaannya dalam pembelajaran Geografi serta mengetahui efektivitas pembelajaran Geografi menggunakan media presentasi tersebut terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif siswa SMA Negeri 1 Boja. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas XI IS. Variabel penelitian: validasi ahli media dan materi, pelaksanaan pembelajaran, aktivitas belajar dan hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian analisis data kuantitatif dengan desain R&D. Pengumpulan data melalui observasi, angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif persentase dan uji perbedaan dua rata-rata (uji t). Dari semua variabel, kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hal ini dapat dikatakan bahwa pembelajaran geografi dengan menggunakan pengembangan media tersebut lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan media sebelumnya. Sehingga pengembangan media ini layak untuk dijadikan media pembelajaran Geografi. Media power point presentation based problem solving to help students develop creativity in solving the problems that it faces. This study was to describe the power point presentation based media solutions compliant media creation and testing the feasibility of its use in teaching Geography and Geography investigate the effectiveness of learning to use the media presentation of the learning activity and cognitive learning outcomes of students of SMA Negeri 1 Boja. Subjects in the study are students of class XI IS. Variables research:validation of media experts and materials, implementation of learning, learning activities and cognitive learning outcomes of students. Quantitative research methods of data analysis to the design of R&D. The collection of data through observation, question naires, tests and documentation. Data analysis techniques with descriptive analysis and test of the difference of two percentage average (t-test ). Of all the variables, the experimental class is better than the control class. It can be said that learning geography by using the media development more effective than the previous media. So the media suitable as a medium of learning Geography.
ORIENTASI LAPANGAN KERJA BERDASARKAN TINGKAT PENDIDIKAN PENDUDUK ANGKATAN KERJA DI KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI Indrasmiki, Anggar
Edu Geography Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peranan pendidikan sangat penting untuk menciptakan manusia yang berkualitas yaitu masyarakat yang cerdas, terbuka, dan demokratis. Tingkat pendidikan formal dan nonformal akan mengubah sikap dan cara berpikir ke arah yang lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui orientasi lapangan kerja berdasarkan tingkat pendidikan penduduk angkatan kerja. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh penduduk angkatan kerja di Kecamatan Ampel. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik area sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode obervasi, metode dokumentasi dan metode angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis tabulasi silang. Hasil analisis data diperoleh bahwa tingkat pendidikan penduduk angkatan kerja sebagian besar adalah tamat SD 38%. Tingkat pendidikan nonformal sebagian besar termasuk dalam kriteria tinggi sebesar 45%. Orientasi lapangan kerja penduduk angkatan kerja sebagian besar adalah bidang industri. Berdasarkan analisis tabulasi silang penduduk dengan tingkat pendidikan formal dan pendidikan nonformal tinggi akan berorientasi kerja pada bidang jasa dan industri serta meninggalkan bidang pertanian. Jadi tingkat pendidikan merupakan faktor yang digunakan penduduk angkatan kerja untuk memilih lapangan kerja. The role of education is very important to create quality human society that is intelligent, open minded, and democratic. The level of education will change the attitudes and ways of thinking into a better direction. This research aims to know the orientation of employment based on the educational level of the labor force. The population of this research is the entire population of the labor force in district Ampel. Sampling is done with the technique the sampling area. Data collection method using the method obervasi, method and the method of documentation now. Analytical techniques descriptive percentage analysis using data analysis and cross-tabulations. Data analysis the results obtained that the educational level of the labor force is largely finished SD 38%. Non-formal education level is mostly included in the high criteria for 45%. The orientation of the population employment labour force is largely an industrial area. Based on the analysis of cross-tabulate population with degree of formal education and non-formal education will work in the field of service-oriented and industrial as well as agricultural fields left.In conclusion, the level of education is one of the factors which is used by the productive age population in choosing employment.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI BERGAYA NOVEL BERBASIS OTAK KANAN Lestari, Sri
Edu Geography Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pengembangan bahan ajar Geografi bergaya novel berbasis otak kanan merupakan pengembangan bahan ajar Geografi yang berbentuk novel, dan ditujukan untuk siswa berotak kanan. Pengembangan ini menghasilkan sebuah produk novel yang berjudul “Berburu Pelangi” Penelitian bertujuan mengetahui tingkat kelayakan produk yang dihasilkan melalui metode R and D dengan model 4-D. Teknik sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data untuk penelitian yaitu: dokumentasi, angket dan metode. Variabel penelitian ini adalah uji kelayakan bahan ajar tim ahli, hasil belajar kognitif siswa dan respon positif siswa. Hasil penelitian menunjukkan pengembangan bahan ajar telah mengalami proses tahapan mulai dari define, design dan develop. Uji kelayakan tim ahli dan respon positif siswa menyatakan sangat layak dan hasil belajar siswa memuaskan. Hal tersebut berarti penggunaan pendekatan otak kanan untuk membuat bahan ajar Geografi bergaya novel tepat. Geografi dalam sudut pandang otak kanan adalah ilmu yang mempelajari bumi secara utuh, dalam sudut pandang kelingkungan, keruangan dan kewilayahan, dimana pemikiran sintesa, integrasi dan imajinasi menjadi satu kesatuan dalam kecerdasan spasial yang dibutuhkan untuk memahaminya. Novel as a Geography teaching material which I use in my reseacrh is one of the developements of teaching material in order to maximize the use of students’ right brain. The final product of this study is a novel entitled “Berburu Pelangi. The objective of this study is to find out the appropriateness of the final product. The reseacher use R and D methode with 4-D model. The reseacher use the purposive sampling. The methodology in collecting data which used were: collected, questionere and conducted the test. The variables of the study were appropriateness testing from the expert, the students cognitive achievement, and the positive feedback from the students. The study had fit with the steps of defining,designing, and developing. base on the proper test from the expert and students’ positive respond prove that the result is good the learning objective was achieved. It proved that the use of right brain approach in arranging novel as learning media was affective. Geography is a knowledge that learn about earth entirely especially the environment and the state in whichneeds the combination between sintesa and imagination inorder to understand the material the ability is called spatial quotient.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERNET BERBASIS BLOG MATERI SEBARAN FLORA DAN FAUNA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SEMESTER 1 MAN MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014 Ariyanto, Dwi Budi
Edu Geography Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Siswa sering mengalami kebosanan dalam mengikuti pelajaran di kelas, Guru menggunakan media pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Media Pembelajaran Internet Berbasis Blog merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat mengubah suasana bosan menjadi lebih aktif dan efektif. Tujuan penelitian ini  mengetahui penggunaan Media Pembelajaran Internet Berbasis Blog materi sebaran flora dan fauna serta mengetahui efektivitas penggunaan Media Pembelajaran Internet Berbasis Blog materi sebaran flora dan fauna terhadap hasil belajar siswa. Populasi  penelitian ini kelas XI IPS MAN Magelang terdiri dari tujuh kelas. Sampel penelitian ini dua kelas, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa, hasil belajar siswa, dan tanggapan siswa. Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, observasi, tes angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis statatistik. Hasil observasi aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pertemuan pertama persentase aktivitas siswa 42% (cukup aktif), pertemuan kedua persentase sebesar 62% (aktif). Hasil observasi aktivitas belajar siswa kelas kontrol pertemuan pertama persentase aktivitas siswa 42% (cukup aktif), pertemuan kedua persentase 62% (cukup aktif)). Students often experience boredom in following the lessons in the classroom, teachers use instructional media to create a fun learning environment. Internet Based Learning Media Blog is one of the media that can change the atmosphere of boredom becomes more active and effective. The purpose of this study to know the use of Internet -Based Learning Media Blog matter distribution of flora and fauna as well as examine the effectiveness of the use of Internet -Based Learning Media Blog matter distribution of flora and fauna on student learning outcome. The study population of MAN Magelang XI IPS consists of seven classes .The research sample of two class, namely class XI IPS 1 as an experimental class and class XI IPS 2 as the control class. The variables of this study is the activity of student learning,student learning outcomes, and student responses.Collecting data using the methods of documentation, observation, test questionnaire. Analyzed using descriptive and analytical statatistik. The results of observations of student learning activities first experimental class meeting 42 % the percentage of student activity ( moderately active ), the second meeting of the percentage by 62 % ( active ). Results of classroom observations of student learning activity controls the activity of the first meeting of the percentage of students 42 % ( moderately active ), the second meeting of the percentage of 62 % ( quite active ) ).
Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Geografi Program Kejar Paket C di Kecamatan Subah Kabupaten Batang Tahun 2012/2013 Wijiyanto, Wijiyanto
Edu Geography Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji pelaksanaan  kegiatan belajar mengajar geografi, mengetahui kondisi sarana dan prasarana penunjang mata pelajaran geografi, dan mengkaji penempatan lokasi  Kejar Paket C. Penelitian dilakukan di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kecamatan Subah Kabupaten Batang, dengan responden guru dan siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proporsional random sampling. Jenis dari penelitian ini adalah kuantitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi kelas. Analisis data yang digunakan adalah metode diskriptif persentase. Hasil analisis data mengenai pelaksanaan pembelajaran berdasarkan kompetensi tutor (Kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan personal) serta faktor siswa (Intern dan ekstern), bahwa proses belajar mengajar berjalan dengan baik. Kondisi sarana dan prasarana tergolong kurang baik, sedangkan lokasi penempatan Kejar Paket C menurut analisis konsep geografi sudah terhitung tepat di Kecamatan Subah. This study aims to assess the implementation of the teaching and learning of geography, know the condition of facilities and infrastructure subjects geography, and reviewing the placement location Packet C. The study was conducted at the Learning Activity Sanggar Subah District of Batang, the respondent is teachers and students. Sampling was done by proportional random sampling technique. This type of research is quantitative data collection through interviews, documentation and observation class. Analysis of the data used is descriptive method percentage. The results of the data analysis on the implementation of competency based learning tutor (pedagogical competence, professional, social and personal) as well as student factors (Internal and external), that the learning proces is going well. Condition of facilities and infrastructure are less well classified, where as Packet placement location C according to the analysis of the concept of geography has been counted in District Subah right. 
PERAN MATA PELAJARAN GEOGRAFI DALAM PENDIDIKAN KEBENCANAAN BAGI SISWA DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN KEBUMEN Isnaeni, Agung Widodo
Edu Geography Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan kebencanaan dalam mata pelajaran geografi mempunyai peran dan fungsi untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis terhadap masalah kehidupan yang terjadi di sekitarnya. Penelitian ini untuk mengetahui bagaimanakah tingkat pengetahuan siswa tentang kebencanaan dan bagaimanakah peran mata pelajaran geografi dalam pendidikan kebencanaan bagi para siswa. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IPS SMA di Kabupaten Kebumen, kemudian diambil sampel 5 sekolah berdasarkan tingkat akreditasi dan diambil kembali sampel siswa sebanyak 150 siswa. Variabel penelitian (1) peran mata pelajaran geografi,(2) peran mata pelajaran geografi dalam pendidikan kebencanaan. Analisis data menggunakan metode deskriptif persentase. Hasil penelitian yaitu tingkat pengetahuan siswa tentang kebencanaan menunjukan rata-rata sebesar 63,7 dalam kategori “cukup”. Peran mata pelajaran geografi dilihat dari analisis kurikulum diketahui 18 (69,23%) KD geografi mengandung unsur kebencanaan. Siswa memperoleh pengetahuan kebencanaan dari mata pelajaran geografi pada saat proses pembelajaran mata pelajaran geografi khususnya materi yang terkait dengan kebencanaan. Disaster education in the subjects of geography has a role and functions to develop the ability to think critically about the issues of life that occurred in the vicinity. This study to determine how the students level of knowledge about the disaster and how the role of geography in the subjects of disaster education for the students . Population in this research that students in the high school social studies class Kebumen, then the sample taken 5 schools based on the level of accreditation and re-sample of students taken as many as 150 students. Study variables (1) the role of geography subjects, (2) the role of geography in education subjects disaster . Data analysis using descriptive percentages and simple linear regression method . The result is students level of knowledge about the disaster showed an average of 65.5 in the category of "enough". Role of geography subjects showed that there was an increase every students perceptions about the implementation of the disaster in learning geography subjects will be followed by an increase students knowledge about the disaster at 0.850 .
KOMPARASI HASIL BELAJAR GEOGRAFI ANTARA SISWA YANG DIBERI TUGAS RUMAH SECARA KELOMPOK DENGAN TUGAS RUMAH SECARA INDIVIDU PADA POKOK BAHASAN MENGANALISIS SEBARAN HEWAN DAN TUMBUHANPADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 PEKALONGAN Putra, Ferry Chandra
Edu Geography Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemberian tugas rumah merupakan metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi permasalahan pembelajaran geografi di SMA Negeri 3 Pekalongan. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan hasil belajar antara siswa yang diberi tugas rumah kelompok dengan siswa yang diberi tugas rumah individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar antara keduanya dan juga untuk mengetahui apakah metode pemberian tugas ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis Penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan subyek penelitian yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data untuk penelitian yaitu observasi, dokumentasi dan metode tes. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa (kognitif) yang diberi tugas rumah secara kelompok dengan tugas rumah secara individu. Kedua kelompok eksperimen sama-sama mengalami peningkatan hasil belajar. Perbedaannya yaitu peningkatan hasil belajar siswa yang diberi tugas rumah secara kelompok lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diberi tugas rumah secara individu. Giving the task of learning an appropriate method to address the problem of learning geography in SMAN 3 Pekalongan . This study aims to determine the ratio of learning outcomes between students who are given the task group with students who were given the task of individual homes . The aim of this study was to compare learning outcomes between the two and also to determine whether the method of administration of this task can improve student learning outcomes . This type of research is experimental research with research subjects are taken using simple random sampling technique . Data collection techniques for the study of observation , documentation and test methods . The results of this study are significant differences between students learning outcomes ( cognitive ) assigned as a group home with homework individually. Both experimental groups were equally increased learning outcomes . The difference is that improving student learning outcomes in the group given the task better than the learning outcomes of students were given the task of individual homes .
STUDI KELAYAKAN BAHAN AJAR BERUPA MODUL BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) PADA POKOK BAHASAN KONDISI FISIK WILAYAH INDONESIA DI SMP KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG Anhar, Ahmad
Edu Geography Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: “mengetahui kelayakan bahan ajar berupa modul berbasis problem based instruction (PBI) sebagai bahan ajar IPS pada pokok bahasan kondisi fisik wilayah Indonesia di SMP Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang”. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development/R&D). Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Penelitian ini menghasilkan modul berbasis problem based instruction (PBI) pada pokok bahasan kondisi fisik wilyah Indonesia. Hasil dari validasi modul yang dilakukan oleh tim ahli (expert) menunjukkan persentase rata-rata 89% dengan kriteria sangat layak , hasil dari tanggaapan guru menunjukkan persentase rata-rata 89% dengan kreteria sangat layak dan tanggapan dari siswa menunjukkan persentase rat-rata 84% dengan kriteria layak. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa modul berbasis problem based instruction layak digunakan sebagai bahan ajar mata pelajaran IPS pokok bahasan kondisi fisik wilayah Indonesia. The purpose of this study is: "determine the feasibility of teaching materials in the form of problem -based modules based instruction (PBI) as a social studies teaching material on the subject of physical conditions in parts of Indonesia junior Pringapus District of Semarang District". Research methods used in this study using the methods of research and development (Reseacrh and Development / R & D). Data were analyzed with descriptive techniques percentage. This research resulted in a problem based modules based instruction ( PBI ) on the subject s physical condition wilyah Indonesia. The results of the validation module conducted by a team of experts ( expert) shows the average percentage of 89% with a very decent criteria, the results of tanggaapan teacher shows the average percentage of 89% with a very decent criteria and feedback from students indicates average percentage of 84% rat worth criteria. Based on this research can be concluded that the problem -based modules based instruction fit for use as teaching material social studies subjects physical condition of Indonesia.
PENGEMBANGAN MODEL KOOPERATIF TIPE TONGKAT BICARA BERBANTUAN MULTIMEDIA KUIS KREATOR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA RAKYAT PESERTA DIDIK SMA Nurfasani, Layla Ramdhan
Edu Geography Vol 3 No 1 (2014)
Publisher : Edu Geography

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui pengetahuan siswa tentang kesehatan lingkungan sekolah, (2) engetahui tingkat partisipasi siswa untuk terciptanya lingkungan sekolah yang sehat (3) hubungan antara pengetahuan siswa tentang kesehatan lingkungan sekolah dengan tingkat partisipasi siswa untuk terciptanya lingkungan sekolah yang sehat di SMP negeri 1 Mrebet. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas VII, kelas VIII dan kelas IX SMP Negeri 1 Mrebet yang berjumlah 843 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling dengan sampel sejumlah 127 siswa. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu pengetahuan siswa tentang kesehatan lingkungan sekolah dan variabel terikatnya yaitu tingkat partisipasi siswa untuk terciptanya lingkungan sekolah yang sehat. Alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistika deskriptif dan analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan siswa tentang kesehatan lingkungan sekolah dari rata-rata nilai tes pengetahuan didapatkan tingkat pengetahuan dengan kriteria baik. Untuk partisipasi siswa dibagi ke dalam partisipasi berupa pikiran, berupa tenaga, dan berupa keahlian. Dari hasil penelitian didapatkan: partisipisi berupa pikiran masuk dala kriteria rendah,partisipasi  tenaga masuk dalam kriteria sedang, partisipasi berupa tenaga masuk dalam kriteria sedang  dan  partisipasi berupa keahlian masuk dalam kriteria rendah. This study aims to: (1) Knowing the student,s knowledge about the healthy school environtment, (2) determine the level of participation of students to create a healthy school environtment, (3) the reliationship between student,s knowledge about the healthy school environtment with the level of participation of students to create a healthy school environtment in SMP Negeri 1 Mrebet.The population in this study were all students of class VII, class VIII and class IX in SMP Negeri 1 Mrebet. The variables in the study is consisted of a free variable that student,s knowledge about the healthy school environtment and the dependent variable is the level of participation of students to create a healthy school environtment in SMP Negeri 1 Mrebet. Data collected by test, questionnaire, interview and documentation. Data analysis technique in this study is descriptive statistical technique and product moment correlations analysis. Result showed student,s knowledge about the healthy school environtment is the good criteria. Student’s participation in the form  of  thought included in the low criteria,  participation in the form of power included in the medium criteria and participation in the form of skill included in the low criteria.

Page 1 of 2 | Total Record : 20