cover
Contact Name
Laila Meiliyandrie Indah Wardani
Contact Email
biopsikososial@mercubuana.ac.id
Phone
+626287871555035
Journal Mail Official
biopsikososial@mercubuana.ac.id
Editorial Address
Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana (Kampus-A Meruya) Gedung E Lantai 1 Jalan Meruya Selatan No. 1, Kembangan, Jakarta Barat Telepon : 021 – 5840816 (hunting) , Extension : 5600 Jakarta
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta
ISSN : 25990470     EISSN : 25984918     DOI : http://doi.org/10.22441/biopsikososial
Core Subject : Science, Social,
Jurnal Biopsikososial is a scientific journal in the field of psychology published by the Faculty of Psychology, Universitas Mercubuana Jakarta, which aims to be a source of scientific repertoire in the field of psychology with approaches model of biology, psychology, and social aspects that are interrelated and interact with each other to enable research renewal discussions that can generate new ideas in terms of theory and application.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): Vol. 4 No. 2 Oktober 2020" : 6 Documents clear
VALIDITAS ALAT UKUR EMPLOYABILITY SKILLS SCAN VERSI INDONESIA Raden Ahmad Idham; Irma Himmatul aliyyah
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta Vol 4, No 2 (2020): Vol. 4 No. 2 Oktober 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/biopsikososial.v4i2.8049

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah alat ukur Employability Skills ini valid untuk digunakan di Indonesia, karena penelitian-penelitian sebelumnya hanya meneliti mengenai Employability Skills secara umum dan belum ada penelitian sebelumnya yang berfokus pada kevalidan alat ukur ini versi Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan perumusan pengukuran Employability Skills versi Indonesia. Menjadi bahan pertimbangan bagi universitas untuk mengembangkan kurikulum agar dapat meningkatkan keterampilan mahasiswa untuk siap bersaing di dunia kerja. Untuk melakukan uji Validasi, dilakukan uji coba alat ukur kepada 1400 mahasiswa di 7 Universitas di Jakarta; UIN Jakarta, UI, UNJ, UHAMKA, UPJ, UPI YAI, dan UMB. Menggunakan bantuan Lisrel, maka di dapat model yang Fit untuk mengukur Employability Skill Scan Versi Indonesia. Model Vit terdiri atas 10 Item, yaitu  membuat keputusan, penyelesaian masalah, self management, interaksi dengan sesama rekan kerja, interaksi dengan orang yang beragam, menghimpun dan mengelola informasi, mengintepretasi dan mengkomunikasikan informasi, pemahaman tentang aturan kerja dan peraturan ketenagakerjaan, kemampuan untuk menggunakan prosedur kerja dan memilih media kerja yang tepat, menggunakan teknologi yang relevan dengan tugas-tugas yang dijalankan.
PENGARUH POLITICAL EFFICACY DAN SOCIAL IDENTITY TERHADAP CIVIC DUTY TO VOTE Firman Firdaus
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta Vol 4, No 2 (2020): Vol. 4 No. 2 Oktober 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/biopsikososial.v4i2.9988

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh political efficacy dan social identity terhadap civic duty to vote. Sampel penelitian ini berjumlah 360 partisipan. Instrumen yang digunakan untuk pengukuran Civic Duty To Vote pada penelitian ini didasarkan oleh pengukuran dikembangkan oleh Blais dan Galais (2016). Sedangkan untuk pengukuran Political Efficacy berdasarkan dari Craig, Niemi, & Silver (1990) melalui dua dimensi yaitu dimensi internal dan eksternal. Terakhir, untuk pengukuran social identity menggunakan pengukuran Cameron (2004) dengan nama Three Dimensional Strength of Group Identification Scale. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik analisis regresi berganda menggunakan software SPSS 20.00. Kesimpulan penelitian ini bahwa ada pengaruh yang signifikan political efficacy dan social identity terhadap Civic Duty To Vote.
PERAN LEADERSHIP TERHADAP KESIAPAN KERJA PADA LULUSAN SARJANA DI SUMATERA BARAT Widia Sri Ardias; Dela Riska Rambe
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta Vol 4, No 2 (2020): Vol. 4 No. 2 Oktober 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/biopsikososial.v4i2.9989

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data Badan Pusat Statistik (2020) Sumatera Barat merilis informasi sensus penduduk pada Februari 2020 yang menyatakan bahwa adanya peningkatan pengangguran terdidik sebanyak 4,33 ribu orang. Pengangguran terdidik tertinggi tahun 2020 ada pada universitas. Hal ini dijelaskan oleh pemerintah dan berbagai penelitian terkait dikarenakan oleh kurang siapnya calon sarjana untuk memasuki dunia kerja. Salah satu kunci yang harus dimiliki para lulusan perguruan tinggi agar lebih siap dalam memasuki dunia kerja adalah leadership. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data regresi linier. Populasi dalam penelitian ini berjumlah  327.150 orang dan sampel sebanyak 201 orang lulusan sarjana dari universitas yang ada di Sumatera Barat dan belum bekerja. Teknik penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan skala psikologi model likert yang dibuat sendiri oleh peneliti. Skala leadership dikembangkan berdasarkan teori dari Locke (1991) dan untuk skala kesiapan kerja peneliti didasarkan pada teori Brady (2010). Hasil penelitian menunjukkan bahwa leadership berperan penting terhadap kesiapan kerja pada lulusan sarjana di Sumatera Barat (0,000 < 0,05).Berdasarkan perolehan data dari 201 orang lulusan sarjana universitas se-Sumatera Barat 33 orang memiliki leadership dengan kategori rendah, 145 orang memiliki leadership dengan kategori sedang dan 23 orang memiliki leadership dengan kategori tinggi. Sedangkan 34 orang memiliki kesiapan kerja dengan kategori rendah, 149 orang memiliki kesiapan kerja dengan kategori sedang dan 18 orang memiliki kesiapan kerja dengan kategori tinggi. Leadership hendaknya dilatih melalui berbagai kegiatan intra maupun ekstra kampus selama proses Pendidikan di perguruan tinggi sehingga ketika para lulusan ini memasuki dunia kerja menjadi lebih siap
Wakaf Preneur dalam Bidang Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 Liesma Maywarni Siregar; Gustia Harini
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta Vol 4, No 2 (2020): Vol. 4 No. 2 Oktober 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/biopsikososial.v4i2.10229

Abstract

Awal tahun 2020 dibuka dengan cerita maraknya wabah Corona Virus Disease atau lebih dikenal dengan sebutan Covid-19. Untuk melakukan upaya pencegahan dan penularan, maka secara serentak semua negara mengeluarkan himbauan dan pemberlakuan tindakan penghentian aktivitas yang mengumpulkan orang banyak dalam satu waktu, termasuk proses belajar mengajar secara langsung. Hal ini menyebabkan kelumpuhan bagi pertumbuhan perekenomian, proses pendidikan dan semua sendi sosial kehidupan bermasyarakat.Bagi lembaga penyelenggara pendidikan yang dikelola oleh swasta, kondisi Covid-19 ini sangat memberikan dampak tidak hanya pada proses belajar mengajar yang harus tetap dilaksanakan melalui media antara teknologi digital tersebut yang membutuhkan biaya tambahan berupa penyediaan perangkat teknologi dan kuota internet untuk para pengajar.Hal ini sebenarnya dapat diantisipasi apabila para manajer atau pimpinan serta stakeholder pengambil keputusan pada lembaga pengelola wakaf melaksanakan enterpreur wakaf atau disebut sebagai Wakaf Prenuer. Tujuan tuisan ini adalah untuk memberikan gagasan tentang wakaf preneur pendidikan . Metode penelitian yang digunakan adalah studi riset pustaka.Hasilnya adalah terdapat beberapa aktivitas yang dilakukan oleh lembaga pendidikan yang mengelola wakaf di antaranya adalah: melakukan efisiensi penggunaan sarana dan prasarana lembaga, meminimalkan penggunaan alat tulis, memaksimalkan pendapatan dalam berupa memperlancar aliran arus kas dari peserta didik berupa pembayaran iuran pendidikan dengan cara memberikan kelonggaran cicilan sesuai dengan kemampuan, promosi menggunakan media berbiaya murah, potongan harga terhadap fasilitas yang disewakan, insentif kepada internal lembaga yang memberikan keuntungan kepada lembaga, apresiasi berupa materi atau nonmateri, dan jangan lupa untuk memperhatikan tujuan utama lembaga didirikan dengan tujuan untuk mendapatkan ridho Allah SWT.
PERAN SOCIAL SKILLS DAN BERORGANISASI DALAM MEMBENTUK EMPLOYABILITY SKILLS MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PROF. DR. HAMKA Irma Himmatul Aliyyah; Ana Hidayati; Raden Ahmad Idham
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta Vol 4, No 2 (2020): Vol. 4 No. 2 Oktober 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/biopsikososial.v4i2.8047

Abstract

Dalam persiapan masuk ke dunia kerja, pengembangan kompetensi kerja harus ditingkatkan, misal melalui suatu organisasi atau komunitas dan kemampuan bersosialisasi. Peran social skills dan berorganisasi menjadi tempat untuk melatih kompetensi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran social skills dan berorganisasi dalam membentuk employability skills mahasiswa psikologi UHAMKA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan skala Likert dan Rating Scale. Total responden sebanyak 167 mahasiswa psikologi UHAMKA dengan menggunakan insidental sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala social skills dan skala employability skills, sedangkan organisasi dilihat dari keaktifan dan lamanya berorganisasi. Dari hasil analisis data menggunakan uji korelasi menunjukkan bahwa social Skills dan berorganisasi berperan dalam membentuk Employability Skills  mahasiswa psikologi Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,383 dan 0,292 serta nilai signifikan 0,000 < 0,05.
DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS Ema Sitompul; Syarifah Farradinna; Tengku Nila Fadhlia
Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta Vol 4, No 2 (2020): Vol. 4 No. 2 Oktober 2020
Publisher : Universitas Mercu Buana Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.22441/biopsikososial.v4i2.10230

Abstract

Kecemasan merupakan suatu perasaan yang bersifat umum, dimana seseorang merasa takut atau kehilangan rasa percaya diri yang tidak jelas asal usul atau bentuknya dalam menghadapi dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan kecemasan menghadapi dunia kerja pada mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester akhir Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Riau yang sedang menyelesaikan skripsi. Teknik pengambilan subjek yang digunakan adalah simple random sampling sebanyak 192 responden. Alat ukur yang digunakan adalah skala kecemasan 38 item dan skala dukungan sosial keluarga 24 poin. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi. Berdasarkan uji analisis korelasi statistik menunjukkan bahwa korelasi negatif sebesar - 0,394 (p <0,05). Dinyatakan bahwa hipotesis diterima, terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial keluarga dengan kecemasan sebesar 15,5 persen yang menunjukkan kontribusi dukungan sosial keluarga terhadap kecemasan. Oleh karena itu, mahasiswa perlu mencari dukungan sosial dari keluarga.

Page 1 of 1 | Total Record : 6