EDUKASIA
Vol 14, No 1 (2019): EDUKASIA

RESPON SISWA DAN GURU TERHADAP MODUL ETHNO-EDUTAINMENT DI SEKOLAH ISLAM TERPADU

Ardianti, Sekar Dwi (Unknown)
Wanabuliandari, Savitri (Unknown)
Saptono, Sigit (Unknown)
Alimah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2019

Abstract

Hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan di SD IT Umar Bin Khattab diketahui bahwa bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran selama ini adalah buku dari pemerintah dan beberapa buku dari penerbit lain yang beredar di pasaran. Materi pembelajaran yang disajikan dalam buku tersebut belum mampu menggambarkan kondisi nyata di lingkungan sekitar khususnya daerah Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepraktisan modul ethno-edutainment pada siswa sekolah dasar berbasis islam di Kudus. Modul ethno-edutainment dikembangkan dengan model Borg and Gall yang dimodifikasi.Tahap pengembangan modul ethno-edutainment meliputi tahap studi pendahuluan, tahap pengembangan dan validasi produk, dan tahap uji coba produk. Pada tahap uji coba produk dilakukan kegiatan uji coba skala terbatas, dan uji coba skala luas. Uji kepraktisan dilakukan pada tahap uji skala luas dengan subjek penelitian siswa kelas IV di SD IT Umar Bin Khattab. Kepraktisan modul ethno-edutainment dinilai dengan menggunakan angket respon siswa dan wawancara terhadap guru.  Hasil respon siswa terhadap modul ethno-edutainment menunjukkan adalah 87,5% artinya siswa memberikan respon positif. Guru juga memberikan respon positif terhadap modul ethno-edutainment. Hasil ini mengindikasikan bahwa modul ethno-edutainment yang dikembangkan dinyatakan praktis untuk digunakan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Edukasia

Publisher

Subject

Education

Description

Articles to be received and published in the Journal of EDUKASIA are included in the scope of Islamic ...