Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 3, No 2 (2019): Terbit 2 kali dalam setahun

MENGEMBANGKAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS V SDN 2 KENDARI

Hasmawati, Hasmawati (Unknown)
Sumarna, Nana (Unknown)
Hamid, Rimba (Unknown)
La Ili, La Ili (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan penalaran matematis melalui penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis masalah pada siswa kelas V SDN 2 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar kerja berbasis masalah  dalam mengembangkan penalaran matematis siswa dan meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kendari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) aktivitas  siswa selama melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis masalah pada siklus I pertemuan 1 sebesar 59,90% pada pertemuan 2 sebesar 65,63%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 72,92% pada pertemuan 2 sebesar 86,46%; 2) aktivitas guru mengalami peningkatan dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis masalah, pada siklus I pertemuan 1 sebesar 64,29% pada pertemuan 2 sebesar 73,21%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 89,29%  dan pertemuan 2 sebesar 94,64%;. 3) Lembar kerja berbasis masalah dapat mengembangkan penalaran matematis siswa, pada siklus I aspek menganalisis situasi matematik persentase sebesar 66,67% meningkat pada siklus II sebesar 80,13%; pada aspek merencanakan proses penyelesaian disiklus I sebesar 55,77% meningkat pada siklus II sebesar 73,72%. Kata kunci: Lembar Kerja Berbasis Masalah; Penalaran Matematis

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...