Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan penalaran matematis melalui penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis masalah pada siswa kelas V SDN 2 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan lembar kerja berbasis masalah dalam mengembangkan penalaran matematis siswa dan meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kendari. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) aktivitas siswa selama melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis masalah pada siklus I pertemuan 1 sebesar 59,90% pada pertemuan 2 sebesar 65,63%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 72,92% pada pertemuan 2 sebesar 86,46%; 2) aktivitas guru mengalami peningkatan dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan lembar kerja peserta didik berbasis masalah, pada siklus I pertemuan 1 sebesar 64,29% pada pertemuan 2 sebesar 73,21%. Pada siklus II pertemuan 1 sebesar 89,29% dan pertemuan 2 sebesar 94,64%;. 3) Lembar kerja berbasis masalah dapat mengembangkan penalaran matematis siswa, pada siklus I aspek menganalisis situasi matematik persentase sebesar 66,67% meningkat pada siklus II sebesar 80,13%; pada aspek merencanakan proses penyelesaian disiklus I sebesar 55,77% meningkat pada siklus II sebesar 73,72%. Kata kunci: Lembar Kerja Berbasis Masalah; Penalaran Matematis
Copyrights © 2019