Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 2, No 2 (2014): JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS LAMPUNG

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-CONCEPT

Mella Triana (Unknown)
Sri Hastuti Noer (Unknown)
Pentatito Gunowibowo (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Feb 2014

Abstract

This research aimed to know the increasing of student’s mathematical communication skill and self-concept which was taught by problem based learning as compared to the conventional learning. The design of this research was pretest posttest control group design. The population was all students of grade 8thof regular class of SMPN 4 Bandarlampung in academic year of 2013/2014 that were distributed into eight classes. The samples were students of VIIIE and VIIIG class who were taken by purposive sampling technique. The research data were obtained by test of mathematical communication skill and self-concept scale. The conclusion of this research was the problem based learning could increase the student’s mathematical communication skill, but not increase the student’s self-concept.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan self-concept siswa yang mengikuti PBM dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Desain dalam penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII reguler SMPN 4 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terdistribusi dalam delapan kelas. Sampel penelitian adalah siswa kelas VIIIE dan VIIIG yang diambil dengan teknik purposive sampling. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis dan skala self-concept. Kesimpulan dari penelitian ini adalah PBM dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa, namun tidak dapat meningkatkan self-concept siswa.Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, pembelajaran berbasis masalah,  self-concept

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

mtk

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung terbit pertama kali pada tahun 2013 dalam bentuk cetak dan menerima artikel ...