EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling
Vol 2 No 1 (2020): EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling

Peran Kepemimpinan Transformasional dan Organisasi Pembelajaran terhadap Kapasitas Inovasi Sekolah

Masduki Asbari (Universitas Pelita Harapan)
Agus Purwanto (Universitas Pelita Harapan)
Miyv Fayzhall (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan)
Fransisca Sestri Goestjahjanti (SekolahTinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan)
Winanti Winanti (STMIK Insan Pembangunan)
Teguh Yuwono (SekolahTinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan)
Dhaniel Dhaniel Hutagalung (SekolahTinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan)
Sucipto Basuki (STMIK Insan Pembangunan)
Siti Maesaroh (SekolahTinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan)
Mustofa Mustofa (SekolahTinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan)
Gusli Chidir (STMIK Insan Pembangunan)
Ahmad Yani (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya pembelajaran dan struktur organisasi terhadap kapasitas inovasi sekolah. Pengumpulan data dilakukan secara simple random sampling melalui elektronik pada populasi guru sekolah swasta di Indonesia. Hasil kuesioner yang kembali dan yang valid adalah 429 responden sebagai sampel. Pengolahan data menggunakan metode SEM dengan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional, budaya pembelajaran dan struktur organisasi sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kapastas inovasi sekolah. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya pembelajaran dan struktur organisasi sekolah. Novelty penelitian ini adalah mengajukan model membangun kapasitas inovasi sekolah melalui kepemimpinan transformasional dalam perspektif organisasi pembelajaran. Penelitian ini bisa membuka jalan untuk meningkatkan kesiapan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya sekolah swasta untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Edupsycouns

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Edupsycouns: Education, Psychology and Counseling, adalah jurnal ilmiah Open Access yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang bekerja sama dengan Asosiasi Program Studi Bimbingan dan Konseling APSBKPTM, dan Asosiasi Bimbingan dan Konseling ...