Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran
Vol 6 No 1 (2020): Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran

Modification of learning: hybrid sport education-invasion games competence model on basketball game performance

Agustan, Boby (Unknown)
Kusmaedi, Nurlan (Unknown)
Hendrayana, Yudy (Unknown)
Abduljabar, Bambang (Unknown)
Ginanjar, Agi (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan performa permainan bola basket siswa sebelum dan sesudah menggunakan Hybrid Sport Education-Invasion Games Competence Model (SE-IGCM). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan the one-group pretest-posttest design. Partisipan di dalam penelitian ini sebanyak 20 siswa SMA kelas X yang pilih dengan menggunakan systematic sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan Basketball Offensive Game Performance Instrument (BOGPI). Uji hipotesis dalam penelitian ini dengan menggunakan paired samples t-test. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat perbedaan performa permainan bola basket pada siswa sesudah menggunakan Hybrid SE-IGCM. Penelitian ini memberikan penemuan bahwa Sport Education dengan menggunakan tiga tahap yang dimodifikasi dengan Invasion Games Competence Model dapat digunakan dalam pembelajaran pendidikan jasmani, khususnya dalam peningkatan performa permainan dalam bentuk invasi. Sehingga Hybrid SE-IGCM dapat digunakan dalam peningkatan performa permainan bola basket.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pjk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran a national scientific journals are open to seeking innovation, creativity and novelty. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran is a peer review journal published by Departement of Physical Education Health and Recreation. The aim of the Journal ...