Teknologi dan Kejuruan: Jurnal teknologi, Kejuruan dan Pengajarannya
Vol 40, No 1: Februari 2017

PENGARUH ASPEK SOSIAL PSIKOLOGIS TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU SMK DI JURUSAN TE FT UM

Setiadi Cahyono Putro (UNIVERSITAS NEGERI MALANG)
Hakkun Elmunsyah (universitas negeri malang)
Hari Putranto (universitas negeri malang)
Ahmad Mursyidun Nidhom (universitas negeri malang)



Article Info

Publish Date
13 Feb 2017

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengungkap aspek muatan kurikulum sosial psi-kologis yang paling berpengaruh terhadap kesiapan calon guru Sekolah Menengah Kejuruan. Selain kemampuan psikologis, menurut observasi awal variabel Kemampu-an pedagogik yang selama ini menjadi salah satu prasyarat untuk guru sertifikasi juga memberikan implikasi positif kepada calon guru. Penelitian ini menggunakan pende-katan korelasional. Sampel yang digunakan sebanyak 40 calon pendidik yang diambil dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan adalah nontest (angket) untuk menjaring variabel muatan kurikulum yang berkolerasi. Uji hipotesis menggunakan uji korelasi ganda dan regresi ganda.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

teknologi-kejuruan

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

The Teknologi dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, dan Pengajarannya publishes manuscripts in a wide variety of research areas in the field of engineering education. This journal published articles containing conceptual ideas, literature review, application of the theory, and book review ...