JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
Vol. 6 No. 1 (2020): Mei 2020

MEMBANGUN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PRAKTEK POLA ASUH ORANG TUA BERDASARKAN GENETIC PERSONALITY

Karnawi Kamar (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan)
Masduki Asbari (Universitas Pelita Harapan)
Agus Purwanto (Universitas Pelita Harapan)
Wakhida Nurhayati (Aya Sophia Islamic School)
Eva Agistiawati (STMIK Insan Pembangunan)
Rachma Nadhila Sudiyono (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Insan Pembangunan)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Pendidikan karakter penting untuk menjadi mainstream pokok pendidikan di Indonesia baik di ranah formal, nonformal maupun informal. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pengembangan karakter anak, di antaranya adalah pola asuh di keluarga (parenting style) dan genetic personality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh parenting style dan genetic personality terhadap pengembangan karakter anak. Jenis penelitian adalah korelasional menggunakan metode survei dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi sekaligus sample penelitian ini adalah orang tua siswa Taman Kanak-kanak di Tangerang sebanyak 90 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket) yang disusun berdasarkan skala Likert. Instrumen yang digunakan untuk mengukur pola asuh parenting style merupakan hasil modifikasi dari Parenting Style Questionnaire (PSQ) (Robinson et al., 1995) dan (Roman et al., 2015). Instrumen untuk mengukur genetic personality diadaptasi dari (Poniman & Mangussara, 2013), sedangkan untuk mengukur pengembangan karakter anak menggunakan adaptasi dari (Poniman, 2014). Analisis pada penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Model) dengan software SmartPLS versi 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa parenting style dan genetic personality berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengembangan karakter anak.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jinop

Publisher

Subject

Education

Description

JINoP acts as medium of publicating the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the ...