Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS
Vol 4, No 2 (2020): Terbit 2 kali dalam setahun

PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 11 KONDA

Hikma, Hikma (Unknown)
Sentryo, Izlan (Unknown)
Hasan, Sakka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model Cooperative Learning  Tipe Student Facilitator And Explaining  pada tema Indahnya Keragaman di Negeriku Kelas IVSD Negeri 11 Konda. Prosedur penelitian yaitu: (a) perencanaan (planning), (b) pelaksanaan tindakan (action), (c) observasi dan evaluasi (observation and evaluation), dan (d) refleksi (reflection ). Jenis data yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui lembar observasise dangkan data kualitatif melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I terdapat 8 dari 14 siswa yang telah mencapai persentase ketuntasan klasikal atau 57,11% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan  yaitu terdapat 12 dari 14 siswa yang telah mencapai persentase ketuntasan belajar atau 85,71% dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 82,14. Kata Kunci: Model Student Facilitator And Explaning;  Hasil Belajar PKn

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JWKP-IPS

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Wahana Kajian Pendidikan IPS adalah jurnal yang memuat hasil penelitian ilmiah yang memiliki nuansa akademik yang inovatif dalam bidang kajian pendidikan IPS. ...