JURNAL GOVERNANSI
Vol 7 No 1 (2021): Jurnal GOVERNANSI Vol 7 No 1, April 2021

KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR

Bambang Eka Saputra (Universitas Djuanda)
Beddy Iriawan Maksudi (Universitas Djuanda)
Euis Salbiah (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
12 Apr 2021

Abstract

Program Samsat Masuk Desa (SAMADES) merupakan inovasi layanan pemungutan pajak kendaraan bermotor dengan cara menjemput ke desa yang selama ini jauh atau tidak terjangkau dari Kantor Samsat Induk dan Samsat Keliling. SAMADES ditempatkan di lokasi-lokasi yang mudah dijangkau oleh masyarakat, yakni kantor lurah, desa, camat dan balai pertemuan desa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak dan mendekatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor kepada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan publik pembayaran pajak kendaraan bermotor di pelayanan SAMADES Sindang Barang Kota Bogor. Pengukuran kualitas pelayanan didasarkan pada lima dimensi, yaitu tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian adalah sebanyak 53 orang. Penelitian ini menggunakan kuesioner/angket sebagai instrumen utama pengumpulan data. Pengolahan data dilakukan melalui penghitungan skor rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan memperoleh skor rerata sebesar 3,98 termasuk kategori baik. Dikaitkan dengan lima dimensi kualitas pelayanan, maka dimensi assurance (jaminan) memperoleh skor rerata sebesar 4,22 termasuk dalam kategori penilaian sangat baik, sedangkan dimensi tangibles (bentuk fisik) memiliki skor rerata terendah sebesar 3,63, walaupun termasuk terendah tetapi memiliki penilaian yang baik dari responden penelitian.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JGS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JURNAL GOVERNANSI (p-ISSN: 2442-3971 dan e-ISSN 2549-7138) adalah jurnal ilmiah yang memuat aspek-aspek Administrasi Publik dalam Konteks Teori dan Praktik. Terbit dua kali dalam satu tahun (April dan ...