Pelita Eksakta
Vol 3 No 2 (2020): Pelita Eksakta Vol. 3 No. 2

Guidance on Writing Proposals and Carrying Out Classroom Action Research (PTK) and Making PTK Reports in Article Form For High School Chemistry Teachers in Bukittinggi City

Alizar Ulianas (Universitas Negeri Padang)
Minda Azhar (Universitas Negeri Padang)
Eka Yusmaita (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri padang, Jl.Prof. Dr. Hamka Air Tawar. Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Miftahul Khair (Unknown)
Yanti Fitria (Unknown)
Hesty Parbuntari (Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri padang, Jl.Prof. Dr. Hamka Air Tawar. Padang, Sumatera Barat, Indonesia)
Watin Dehistora (Universitas Negeri Padang)
Yulia Mona Liza (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengabdian kepada masyarakat dalam rangka bimbingan menulis proposal dan melaksanakan penelitian tindakan kelas (PTK) serta membuat laporan PTK dalam bentuk artikel bagi guru-guru kimia agar dapat dipublikasikan pada jurnal Nasioanl atau Internasional. Penelitian ini dilakukan di SMAN 1 Kota Bukittinggi selama 2 hari dengan jumlah peserta 13 orang guru kimia. Dalam pelaksanaan bimbingan ini dilakukan 4 metode. Pertama, metode ceramah ketika penyampaian materi; kedua, metode tanya jawab; ketiga, praktik pelaksanaan didampingi oleh tim ahli; keempat, diskusi untuk mengidentifikasi keberhasilan peserta. Sebelum dan sesudah kegiatan peserta diberikan angket mengenai keperluan peserta terhadap materi serta pemahaman peserta terhadap materi. Dalam kegiatan ini peserta dapat mengetahui permasalahan dikelas dan juga cara penelusuran artikel PTK secara online, metode dan Teknik penulisan artikel hasil PTK, teknik submit artikel hasil PTK kepada jurnal Nasional, serta penggunaan program Mendeley untuk mempermudah penulisan sitasi dan daftar pustaka pada artikel. Hasil pemahaman peserta sebelum penyampain materi dengan setelah penyampaian materi mengalami kenaikan yang signifikan yang ditandai dengan kenaikan jumlah pesrta yang paham. Dengan adanya bimbingan penulisan artikel dan penyusunan PTK ini memberikan motivasi kepada guru untuk membuat karya ilmiah berupa artikel hingga dapat dipublikasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pelitaeksakta

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Mathematics Physics Other

Description

Jurnal Pengabdian Masyarakat PELITA EKSAKTA adalah sebuah jurnal yang berisi hasil pengabdian masyarakat dalam bidang Matematika dan Sains seperti biologi, fisika, dan kimia dalam bahasa Indonesia. Kriteria untuk publikasi di Jurnal Pengabdian Masyarakat Pelita Eksakta adalah sifat kebaruan ...