JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 27, No 2 (2021): APRIL-JUNI

PENGUATAN PEMASARAN PRODUK TENUN LIDI NIPAH PADA KELOMPOK BUNGONG CHIRIH MELALUI APLIKASI E-MARKETING PADA MASA PANDEMIK COVID-19

Adi Bejo Suwardi (Universitas Samudra)
Baihaqi Baihaqi (Universitas Samudra)
Zidni Ilman Navia (Universitas Samudra)
Syardiansah Syardiansah (Universitas Samudra)
Hanafiah Hanafiah (Universitas Samudra)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2021

Abstract

Pandemik Covid-19 berdampak pada perkembangan bisnis UKM di Indonesia termasuk Bungong Chirih. Kegiatan ini bertujuan untuk Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan volume penjualan produk kerajinan tenun lidi nipah pada kelompok Bungong Chirih. Kegiatan ini dilakukan di desa Mangan Gleum, Kecamtan Peureulak, Kabupaten Aceh Timur dengan melibatkan 23 orang peserta. Metode yang digunakan berupa pendekatan Participatory Rural Appraisal (PRA), Participatory Tecnology Development, dan Community development. Telah terjadi peningkatan jumlah produk tenun lidi nipah dari 13 jenis pada tahun 2019 menjadi 34 jenis pada tahun 2020. Terdapat penambahan varian produk berupa produk tenun lidi nipah motif khas Aceh sebanyak 15 jenis produk. Pengembangan pemasaran online menjadi langkah efektif dalam mempertahankan bisnis pada masa pandemik Covid-19.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan (LPPM UNIMED) adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada ...