Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 6 No 1 (2021): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SMART TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN

Cynthia Gapila (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Farida Farida (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Rizki Wahyu Yunian Putra (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Nurhasanah Leni (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Riyama Ambarwati (Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung)
Adolf Simatupang (Politeknik Negeri Bandung)



Article Info

Publish Date
31 May 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design dengan rancangan penelitian faktorial . Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik tes. Teknik analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogenitas, dan uji Anova Dua Jalur. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Tidak terdapat interaksi antara perlakuan metode pembelajaran SMART (Spesific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound) dengan kategori tipe kepribadian terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika (ISSN 2528-3901) merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. ...