Jurnal Abdidas
Vol. 2 No. 4 (2021): August Pages 725-1020

Implementasi Metode Home Visit untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD pada Masa Pandemik Covid-19

Teguh Prasetyo (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP Universitas Djuanda Bogor)
Endin Mujahidin (Pascasarjana, Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Rasmitadila Rasmitadila (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda Bogor)
Aprillia Kumala Yuani (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda Bogor)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2021

Abstract

Artikel ini merupakan implementasi pengabdian kepada masyarakat pada masa pandemik untuk siswa usia sekolah dasar dengan menerapkan metode home visit. Sebelumnya, pembelajaran siswa SDN Gelaran I Gunungkidul, Yogyakarta hanya menggunakan pembelajaran daring, sehingga siswa menjadi bosan dan monoton. Metode home visit menjadi alternatif pembelajaran yang diselenggarakan sekolah pada masa pandemi Covid-19. Program dari sekolah yang dilaksanakan dengan cara guru mendatangi salah satu rumah siswa yang sudah dikelompokkan menjadi kelompok kecil yaitu terdiri dari 10 orang sesuai dengan jarak rumah yang berdekatan. Pelaksanaan home visit tetap mengedepankan protokol kesehatan di tengah pandemik tahun 2020. Tujuan dari pelaksanaan penerapan metode home visit yaitu untuk mengurangi dampak dari pandemi Covid-19 dan membuat siswa menjadi termotivasi untuk belajar selama di rumah. Pelaksanaan home visit dilakukan setiap satu minggu sekali pertemuan yaitu pada hari Rabu dengan kunjungan guru pada bulan Agustus 2020. Metode home visit membuat siswa menjadi termotivasi untuk belajar, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan menyenangkan siswa. Selain itu, orang tua dapat dengan mudahnya siswa dapat bertanya langsung dengan guru ketika materi belajar tidak jelas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

abdidas

Publisher

Subject

Education Health Professions Mathematics Public Health Social Sciences Other

Description

The focus and scope of the Abdidas Journal covers the results of research and community service in the field of education and health both conducted by teachers, lecturers, health workers and other independent ...