International Journal of Community Service Learning
Vol 5, No 2 (2021): May

Pemberdayaan Keterampilan Model Komunikasi Instruksional Guru SD

Susanto, Ratnawati (Unknown)
Syofyan, Harlinda (Unknown)
Febriani, Erna (Unknown)
Nisa, Mahwar Alfan (Unknown)
Oktafiani, Oktafiani (Unknown)
Yolanda, Yona Dwi (Unknown)
Tobing, Lidya Agatha Lumban (Unknown)
Diani, Septi Bela (Unknown)
Hendrawan, Belinda Bilqiis (Unknown)
Alfira, Alyannida (Unknown)
Cahyaningrum, Dian Erisa Nurmala (Unknown)
Oktavia, Heni (Unknown)
Nurlinda, Bellina Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2021

Abstract

Semakin kurang kondusifnya pola komunikasi instruksional yang digunakan oleh guru dalam membentuk pengalaman belajar yang edukatif dan humanis pada masa pandemi covid-19 dengan konsep “belajar di rumah (pembelajaran daring)”. Serta, kebutuhan pengembangan kompetensi pedagogik perlu dilakukan terutama terkait dengan komunikasi. Rekomendasi solusi permasalahan dilakukan melalui kegiatan pendampingan dan pemberdayaan Pola Komunikasi Instruksional sebagai peningkatan kompetensi pedagogik. Subjek kegiatan P2M ini adalah Guru yang berjumlah 20 orangs. Metode yang digunakan adalah melalui Sosialisasi, Refleksi diri dan Pemetaan, Pengembangan Kompetensi, Pengukuran dan Evaluasi Program. Hasil pelaksanaan kegiatan menununjukkan hasil meningkatnya pengetahuan guru mengenai konsep dasar pola komunikasi instruksional dan keterampilan komunikasi instruksional adalah dari 40% menajdi 90% dengan rerata peningkatan 83%. Jadi, Kegiatan P2M yang dilakukan mampu meningkatkan kemampuan pedagogic guru khususnya kemampuan Komunikasi instruksional, yang berdampak terhadap keberhasilan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

IJCSL

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

International Journal of Community Service Learning is a scientific journal Community Service published by Universitas Pendidikan Ganesha. This journal is published 4 times a year, ie in February, May, August, and November. The article was published on the results of community service related to ...