Jurnal Minda
Vol 1 No 1 (2019): Minda Karimun

PELATIHAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH INKLUSIF DALAM PEMAHAMAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI KABUPATEN KARIMUN

Karunia Yulinda Khairiyah (universitas karimun)
Tri Lestari (Universitas Karimun)
Eka Lenggang Dianasari (Universitas Karimun)
Nur Wisma (Universitas Karimun)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2019

Abstract

Keterbatasan pemahaman dan penerimaan akan keberadaan anak berkebutuhan khusus guru membutuhkan pengetahuan dan pengalaman dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Pengetahuan dan pemahaman tentang anak berkebutuhan khusus ini seharusnya dimiliki guru jika guru berlatar belakang dari pendidikan luar biasa, namun pada kenyataanya guru bukan berlatar belakang pendidikan khusus dan belum mendapatkan pelatihan khusus tentang anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif pelatihan kompetensi guru dalam meningkatkan pemahaman anak berkebutuhan khusus di sekolah inklusif yang ada di Tanjung Balai Karimun. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen pretest-postest. Hasil penelitian menunjukkan nilai mean 5,71, median 7, modus 3, maka nilai Z yang didapat sebesar -5.71 dengan p value sebesar signifikan adalah = .000 dimana kurang dari batas kritis penelitian taraf signifikan 5% (0,05), artinya (sig < 0,05) sehingga keputusan hipotesis O1= 14,71 O2 = 20.42 adalah O2 lebih besar dari O1 maka kendali mutu berpengaruh positif atau yang berarti terdapat perbedaan bermakna antara kelompok pretest dan posttest. Dapat disimpulkan bahwa pelatihan kompetensi guru dalam meningkatkan pemahaman anak berkebutuhan khusus di sekolah Inklusif yang ada di Tanjung Balai Karimun sangat efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

mindafkip

Publisher

Subject

Education

Description

skop Jurnal MINDA yaitu Dunia Pendidikan Umum dan Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal MINDA diterbitkan 2 kali dalam setahun (Oktober dan ...