Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 7, No 2 (2019): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPS TENTANG PERISTIWA DAN TOKOH PROKLAMASI KEMERDEKAAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KEBUMEN TAHUN AJARAN 2017/2018

Wardatul Jannah (Unknown)
Muhamad Chamdani (Unknown)
Wahyudi Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan pembelajaran IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Sumber data dari penelitian ini yaitu guru, siswa, dan dokumen. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perolehan persentase ketuntasan siswa pada siklus I, II, dan III yaitu 86,36%, 90,23%, dan 95,46%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan metode sosiodrama dapat meningkatkan pembelajaran IPS tentang peristiwa dan tokoh proklamasi kemerdekaan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...