RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika
Vol. 14 No. 2 (2021)

Analisis Karakteristik Butir Soal Fisika Dengan Pendekatan IRT Penskoran Dikotomus dan Politomus

Duden Saepuzaman (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Edi Istiyono (Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia)
Haryanto Haryanto (Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia)
Heri Retnawati (Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia)
Yustiandi Yustiandi (SMA Negeri CMBBS, Pandeglang, Banten, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan parameter butir soal Fisika materi Usaha dan Energi menggunakan pendekatan item response theory (IRT) penskoran dikotomus dan politomus. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian sebanyak 1175 siswa SMA kelas XI yang tersebar di provinsi Jawa Barat dan Banten yang terdiri 450 siswa laki-laki dan 725 siswa perempuan. Data respon dengan penskoran dikotomus dianalisis menggunakan pendekatan teori respon butir dengan program BILOG-MG sedangkan untuk penskoran politomus dianalisis dengan pendekatan GPCM menggunakan program R guna mendapatkan informasi tentang tingkat kesukaran, daya beda, kecocokan butir, estimasi kemampuan peserta didik. Hasil uji kecocokan model menunjukkan bahwa butir soal paling banyak fit dengan model 2PL. Hasil penelitian menunjukan bahwa parameter butir soal Fisika materi Usaha dan Energi dengan penskoran dikotomus menunjukkan keseluruhan butir memiliki kriteria butir baik dan dengan penskoran politomus menunjukkan hampir seluruh butir kategori baik

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

radiasi

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika (known as Radiasi) is a peer-reviewed journal published by Universitas Muhammadiyah Purworejo. Radiasi is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and education physics. The journal reports significant new findings ...