FOUNDASIA
Vol 12, No 2 (2021)

Pendampingan penyusunan proposal penelitian tindakan kelas di sekolah dasar pada era kenormalan baru

Pratiwi Pujiastuti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Fery Muhamad Firdaus (Universitas Negeri Yogyakarta)
Herwin Herwin (Universitas Negeri Yogyakarta)
Rossy Arlinda (Universitas Negeri Yogyakarta)
Devie Anggita Akbaresti (Universitas Negeri Yogyakarta)
Latif Pertiwi (Universitas Negeri Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2021

Abstract

Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan atas dasar kebutuhan dari kelompok sasaran. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada guru SD dalam menyusun proposal penelitian tindakan kelas dalam melakukan perbaikan suatu masalah di dalam kelasnya masing-masing. Pendampingan ini diikuti oleh guru SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo. Peserta berjumlah 25 orang guru. Metode yang digunakan dalam PPM ini yaitu pelatihan, diskusi dan curah pendapat, praktik penyusunan proposal penelitian dan pendampingan. Adapun tahapan kegiatan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dan tindak lanjut. Berdasarkan penilaian terhadap produk yang dihasilkan peserta, maka kemampuan peserta untuk menyusun perencanaan proposal penelitian tindakan kelas, serta pelaksanaan dalam pembuatan proposal penelitian tindakan kelas dapat dinyatakan sudah terampil dan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

foundasia

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

FOUNDASIA is an open access, and peer-reviewed journal. FOUNDASIA will publish the selected articles under the Attribution-Share Alike 4.0 International Creative Commons license. The results of research and analysis contained in the journal accommodate manuscripts on foundations of education ...