JINOP (Jurnal Inovasi Pembelajaran)
Vol. 4 No. 2 (2018): November 2018

PENINGKATAN KONEKSI MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI MAN I MALANG

Siti Inganah (University of Muhammadiyah Malang)
Yus Mochamad Cholily (University of Muhammadiyah Malang)
Marhan Taufik (University of Muhammadiyah Malang)
Siti Khoiruli Ummah (University of Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan koneksi matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan data kualitatif. Hal ini ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran berbasis masalah dan indicator peningkatan koneksi matematis. Penelitian dilalukan selama empat kali pertemuan dengan subyek penelitian kelas IPA dan kelas IPS. Data diperoleh dengan cara mencatat pada lembar catatan lapangan dan lembar observasi dengan bantuan observer. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dalam mempelajari materi eksponen dan matriks. Hal ini ditinjau dari analisis hasil pengerjaan soal siswa yang sudah dapat mengkaitkan materi sebelumnya. Akan tetapi, pada indicator koneksi matematis dalam kehidupan sehari-hari, siswa belum dapat menjelaskan adanya keterkaitan materi dalam kehidupan sehari-hari.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jinop

Publisher

Subject

Education

Description

JINoP acts as medium of publicating the result of research covering the learning innovation theme from the elementary to higher education level. The journal also acts as a medium of disseminating research thought conducted by teachers and lecturers. In substance, the articles published in the ...