MANAJERIAL
Vol 20, No 2 (2021): Manajerial: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi

TINGKAT KREATIVITAS MAHASISWA, DEMOTIVASI, DISEMBODIED BEHAVIORS DAN EFEKTIVITAS KOMUNIKASI MELALUI VIDEO CONFERENCE PADA ERA PANDEMI COVID-19

Hadijah, Hady Siti (Unknown)
Suwatno, Suwatno (Unknown)
Adman, Adman (Unknown)
Islamy, Fahmi Jahidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2021

Abstract

Saat ini Corona menjadi pembicaraan yang hangat. Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menyebabkan penyakit menular ke manusia. Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) menjadi jawaban untuk Perguruan Tinggi untuk tetap melaksanakan kegiatan akademik. Pembelajaran daring merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara dosen dan mahasiswa tetapi dilakukan secara virtual. Dosen harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun mahasiswa berada di rumah. Solusinya, dosen dituntut untuk dapat merancang kegiatan pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online) agar dapat tetap berjalan efektif. Komunikasi antar mahasiswa dan dosen melalui video conference, memunculkan beberapa permasalahan yaitu rendahnya kreativitas mahasiswa, sulitnya mencapai efektivitas komunikasi serta lahirnya demotivasi dan disembodied Behaviour. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat (1) efektivitas komunikasi dosen secara virtual,  berdasarkan perspektif mahasiswa (2) demotivasi mahasiswa (3) disembodied behaviour mahasiswa, dan (4) kreativitas mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Metoda sampling yang digunakan adalah incidental sampling yaitu subjek yang diteliti adalah dosen dan mahasiswa yang bersedia berpartisipasi mengisi kuesioner penelitian. Jumlah dosen dalam penelitian ini adalah 91 orang dari 25 perguruan tinggi di Kota Bandung, dengan  jumlah mata kuliah 100, sehingga didapat ukuran sampel sebanyak 200 unit sampling, dimana satuan unit samplingnya adalah mata kuliah-dosen. Hasil penelitian menunjukkan variabel kreatifitas mahasiswa dalam kategori tinggi, variabel demotivasi dalam kategori rendah, variabel disembodied behavior dalam kategori cukup dan variabel efektivitas komunikasi dosen berada dalam kategori sangat tinggi.

Copyrights © 2021