JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2: September 2018 - Februari 2019

Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis dan Self-Concept Siswa Melalui Pendekatan Saintifik pada Materi Trigonometri

Yulia Rahmawati Z (Universitas Tamansiswa Padang)
Nanang Priatna (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nurjanah Nurjanah (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Sep 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan kemampuan koneksi matematis dan self-concept siswa SMA melalui pendekatan saintifik pada materi trigonometri. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain control group pretest-postest dan pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling sehingga terpilih dua kelompok pada kelas X SMAN 1 Pangkalan Koto Baru. Kelompok eksperimen diberi pembelajaran melalui pendekatan saintifik (PS) sedangkan kelompok kontrol diberi pembelajaran biasa (PB). Instrumen penelitian terdiri dari tes tertulis dan angket self-concept yang dianalisis dengan uji statistik t-test atau Mann Whitney. Hasil analisis menunjukkan bahwa: a) pencapaian dan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa melalui pembelajaran PS lebih baik dari siswa yang memperoleh PB, dan b) Self-concept matematis siswa melalui pembelajaran PS lebih baik dari siswa yang memperoleh PB.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmpm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (e-ISSN: 2502-9878, p-ISSN: 2502-986X) is a journal publishes original research and review articles in the field of mathematics and mathematics education. This journal published twice a year (in March and ...