Jurnal Aplikasi Teknik Sipil
Vol 19, No 4 (2021)

Perubahan Pola Pergerakan Orang Ke Tempat Ibadah Selama Masa Pandemi Covid19 (Studi Kasus Mesjid Raya Baiturrahman Kota Banda Aceh)

Juliana Fisaini (Universitas Syiah Kuala)
Cut Mutiawati (Syiah Kuala University)
Yusria Darma (Syiah Kuala University)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Kota Banda Aceh merupakan kota wisata islami dengan kebiasaan masyarakat melakukan shalat berjamaah di masjid. Penyebaran wabah Covid-19 mengubah hak kebebasan beragama menjadi pembatasan kegiatan keagamaan. Pembatasan ini dimaksudkan agar masjid tidak menjadi media penyebaran Covid-19. Kajian ini bertujuan untuk mengobservasi pola pergerakan orang ke tempat ibadah dengan menggunakan data penggunaan lahan parkir. Lokasi kajian di Mesjid Raya Baiturahman Banda Aceh yang merupakan pusat ibadah masyarakat muslim di Aceh sekaligus landmark kota yang dijadikan destinasi wisata oleh turis maupun penduduk lokal. Hasil kajian menunjukkan bahwa penerapan pembatasan sosial mempengaruhi pola pergerakan masyarakat. Pembatasan sosial menyebabkan jumlah pergerakan menurun ≥ 50% pada hari Jumat dan Minggu. Sedangkan pada hari kerja menunjukkan kenaikan, namun tidak sebesar nilai penuruan pada hari Jumat dan Minggu. Nilai determinasi dan korelasi menunjukkan karakteristik hari berkorelasi positif dengan jumlah pergerakan masyarakat menuju mesjid. Jumlah pergerakan ini dapat dijelaskan oleh variabel karakteristik hari.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jats

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal Aplikasi Teknik Sipil (JATS) E-ISSN 2579-891X, memuat tulisan tentang aplikasi dibidang Teknik Sipil. Aplikasi ini boleh berasal dari semua cabang ilmu teknik sipil baik itu struktural, geoteknik, manajemen konstruksi, hidrologi, transportasi, dan informatika teknik sipil. Sehingga aplikasi ...