Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 5, No 01 (2022): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam

Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Islam Nusantara

Achmad Mudrikah (Universitas Islam Nusantara)
Ahmad Khori (Universitas Islam Nusantara)
Hamdani Hamdani (Universitas Islam Nusantara)
Abdul Holik (Universitas Islam Nusantara)
Luki Luqmanul Hakim (Universitas Islam Nusantara)
Bambang Yasmadi (Universitas Islam Nusantara)
Hamdan Hidayat (Universitas Islam Nusantara)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Pendidikan menjadi bagian yang sangat penting dalam meningkatkan kulitas sumber daya manusia, sehingga diperlukan banyak terobosan program pendidikan pada berbagai jenjang pendidikan termasuk perguruan tinggi seperti Universitas Islam Nusantara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan proses pembelajaran dengan fokus pada peningkatan kualitas lulusan, peningkatan kualitas dosen dan peningkatan kualitas kurikulum di perguruan tinggi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif dengan responden sebanyak 2897 terdiri dari mahasiswa, 164 dosen dan 122 tenaga kependidikan dengan total responden dalam penelitian sebanyak 3223 responden. Setelah dilakukan analisa data, menujukkan bahwa kesiapan mahasiswa dengan program ini sebesar 66 %, kesiapan dosen sebesar 53 %, kesiapan tenaga kependidikan sebesar 83 %. Hasil ini menujukkan kesiapan seluruh unsur pendidikan yang ada di kampus dalam melaksanakan program MBKM, dengan asumsi angka yang dihasilkan diatas 50%. Beberapa kendala terkait program ini lebih karena sosialisasi yang kurang masif pada beberapa program studi. Selebihnya mahasiswa yang siap terlibat dalam MBKM sebesar 57,75 %.   

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...