Acitya Bhakti
Vol 2, No 1 (2022): ACITYA BHAKTI

Peningkatan Literasi Digital Marketing UMKM Kota Tasikmalaya

Mira Nurfitriya (Universitas Pendidikan Indonesia)
Azizah Fauziyah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Tika Annisa Lestari Koeswandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ismail Yusuf (Universitas Pendidikan Indonesia)
Nizza Nadya Rachmani (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2022

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat (PkM) ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat literasi sebelum dan sesudah diberikan pelatihan digitalisasi marketing UMKM. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah 11 peserta pelatihan UMKM Kota Tasikmalaya. Pengabdian ini menggunakan Metode Focus Group Discussion (FGD), dan untuk menganalisis perbedaan tingkat literasi digital marketing menggunakan menggunakan Paired t-test sebagai alat ujinya. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa tingkat literasi digital marketing UMKM di Kota Tasikmalaya cukup rendah karena kurang optimalnya penggunaan internet dalam operasional usahanya. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat literasi digital marketing sebelum dan sesudah dilakukan pelatihan, yang ditunjukkan dengan nilai signifikansi (2-tailed) hasil uji paired t-test sebesar 0, 013, yang berarti bahwa hasil pemahaman literasi digital marketing peserta sebelum dan sesudah pelatihan tidak sama (berbeda).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ACB

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Merupakan jurnal Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang diterbitkan dua edisi dalam setahun yaitu pada bulan Februari dan Agustus oleh Program Studi Sastra Inggris, Universitas Pamulang. Fokus kajian jurnal ini adalah hasil kegiatan PkM pada bidang Bahasa dan Sastra Inggris, Indonesia, Arab, Cina, ...