Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi
Vol. 8 No. 1 (2022): Januari 2022

Pengaruh Massage Lokal Ekstremitas Bawah sebagai Pemulihan Pasif terhadap Kekuatan Otot Tungkai Atlet Sepakbola di SMP Negeri 3 Sukawati

Komang Ayu Tri Widhiyanti (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Ni Wayan Ary Rusitayanti (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Ni Wayan Ariawati (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Ida Ayu Kade Arisanthi Dewi (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
Ni Luh Putu Indrawathi (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)
I Ketut Sumerta (Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, FKIP, Universitas PGRI Mahadewa Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek mekanis dari Massage lokal ekstremitas bawah sebagai tindakan restoratif pasif pada kekuatan otot tungkai. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan design penelitian Non-randomized Pretest-Postest Group Design dimana satu kelompok sampel mendapatkan perawatan restoratif pasif berupa Massage lokal ekstremitas bawah dan pada kelompok yang satunya sebagai kelompok kontrol. Hasil penelitian ini adalah ada penurunan kekuatan otot tungkai pada kelompok eksperimen setelah aktifitas yakni sebesar -37,46%, setelah pemulihan ada peningkatan sebesar 46,48%, artinya bahwa setelah aktifitas mengalami penurunan kekuatan sebesar 37,46%, sedangkan setelah pemulihan ada peningkatan sebesar 46,48%. Hasil penelitian pada kelompok eksperimen  ada perbedaan besar dalam kompetensi kekuatan otot tungkai siswa sebelum dan sesudah menerima Massage lokal ekstremitas bawah. Pada kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan kekuatan otot tungkai siswa sebelum dan sesudah pemulihan dengan duduk. Terdapat perbedaan kekuatan otot tungkai yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol setelah pemulihan. Pemulihan pasif dengan Massage lokal ekstremitas bawah lebih cepat meningkatkan kekuatan otot tungkai jika dibandingkan pemulihan pasif dengan duduk setelah terjadi penurunan setelah aktivitas fisik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpkr

Publisher

Subject

Education Health Professions Medicine & Pharmacology Physics Public Health

Description

Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi adalah jurnal pendidikan dan kesehatan yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun, yaitu bulan Januari dan Juni. Memuat tulisan berbahasa Indonesia ...