Melakukan pelayanan dan pendampingan dari relawan kepada mahasiswa berkebutuhan khusus dibutuhkan suatu teknologi bantu atau asistif. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan teknologi bantu atau asistif untuk mahasiswa kebutuhan hambatan pendengaran dan penglihatan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model Lee dan Owens. Hasil pengembangan aplikasi dilakukan validasi oleh ahli materi menunjukan 87,72 % dan validasi ahli media menunjukan 93, selanjutnya diadakan uji public kelompok kecil kepada 5 mahasiswa berkebutuhan khusus dan 5 relawan/fasilitator. Berdasarkan hasil respon pengguna menunjukkan bahwa media dapat digunakan dengan kemudahan 80%. Media yang dikembangkan ini sesuai dengan tujuan dengan prosentase 92,5%. Media ini juga memberikan kebermanfaatan dalam membantu proses akademik mahasiswa berkebutuhan khusus dengan prosentase 95%. Desain media yang dikembangkan sangat menarik, dan disertai petunjuk yang jelas. Aplikasi di dalam media sangat mudah dipahami oleh mahasiswa berkebutuhan khusus dengan prosentase sebesar 92,5%.
Copyrights © 2022