PRISMA
Vol 10, No 2 (2021): PRISMA Volume 10 No 2 Tahun 2021

Respon Mahasiswa terhadap Perkuliahan Berbasis Projek dalam Upaya Penguatan Program Kewirausahaan

Aan Hasanah (Unknown)
Dadang Juandi (Universitas Pendidikan Indonesia)
Cece Kustiawan (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
21 Dec 2021

Abstract

Studi ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap perkuliahan kewirausahaan berbasis projek. Metode deskriptif kuantitatif digunakan pada data hasil survey  terhadap mahasiswa yang pernah mengikuti perkuliahan kewirausahaan  di FPMIPA UPI  pada tahun 2021 yang terdiri dari 35 responden laki-laki dan perempuan, diambil dengan cara penyampelaan bertahap (multi-stage sampling). Instrumen berupa angket terdiri dari 50 pernyataan, 19 pernyataan digunakan untuk mengungkap respon yang berkaitan dengan aspek proses perkuliahan dan 31 pernyataan digunakan untuk mengungap respon terkait aspek sikap mahasiswa. Hasil studi menunjukkan bahwa secara umum respon mahasiswa dalam aspek proses dan aspek sikap terhadap perkuliahan kewirausahaan berbasis projek berada dalam kategori memuaskan. Mahasiswa laki-laki dan perempuan memberikan respon dalam kategori yang tidak berbeda. Respon terhadap pernyataan yang berkaitan dengan proses perkuliahan berbasis projek adalah sangat memuaskan, dan lebih baik daripada respon terhadap pernyataan yang berkaitan dengan sikap yang berada dalam kategori memuaskan. Respon paling buruk diberikan terhadap pernyataan yang berkaitan dengan keberlanjutan projek kewirausahaan. Respon terbaik diberikan pada pernyataan bahwa pengembangan kewirausahaan dalam dunia pendidikan memiliki banyak tantangan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...