Sebatik
Vol 26 No 1 (2022): Juni 2022

PENGARUH ETIKA BISNIS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA PT ROLIMEX MEDAN

Denni Denni (Manajemen,STMB Multismart)
Robin Robin (Manajemen, STMB Multismart)
Irwadi Irwadi (Manajemen, STMB Multismart)
Hendy Hendy (Manajemen, STMB Multismart)
Victor Victor (Administrasi Bisnis, STMB Multismart)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan etika bisnis dan pelayanan konsumen terhadap kepuasan konsumen pada PT Rolimex Medan.Kepuasan konsumen merupakan aset yang sangat penting dalam kesuksesan suatu bisnis. Jika konsumen merasa puas, maka konsumen akan menjadi pelanggan setia dan akan merekomendasikan produk tersebut kepada orang lain. Dalam penelitian ini, menganalisis tentang etika bisnis dan kualitas pelayanan yang diduga mempengaruhi kepuasan konsumen. Etika bisnis adalah kaidah secara tertulis maupun tidak tertulis mengenai perilaku individu maupun kelompok saat melakukan aktivitas bisnis dengan konsumen sedangkan kualitas pelayanan adalah perilaku yang dilakukan seorang individu maupun kelompok, dengan harapan bahwa perilaku tersebut sudah memenuhi keinginan dan harapan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif, uji asumsi klasik, ujiregresi linear berganda, uji parsial (uji-T), uji signifikansi simultan (uji-F) dan koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan bantuanSoftware Statistical Program Of Social Science (SPSS) versi 26For Windows. Metode pengambilan sampel dengan metode purpose sampling dan penarikan sampel sebanyak 70 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa etika bisnis dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukkan adanyapengaruh variabel etika bisnis dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen, dengan kontribusi pengaruh sebesar 0.264(26,4%) dan sisanya 73,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti kualitas produk, harga, cara iklan, kemudahan akses produk dan lain sebagainya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sebatik

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

SEBATIK merupakan jurnal kumpulan artikel hasil penelitian, karya ilmiah, maupun program pengabdian masyarakat dari seluruh civitas akademik di Indonesia dalam rangka mengitegrasikan informasi. SEBATIK menyediakan layanan publikasi terbuka untuk semua kalangan umum, baik di semua lingkungan ...