ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain
Vol 5 No 1 (2022): Artcomm

Komunikasi Kepemimpinan Androgini Pengusaha Ojek Pangkalan Di Bandung

Anggita Lestari (Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)
Nugraha Sugiarta (Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)
Hanafi Hanafi (Fakultas Komunikasi dan Desain, Universitas Informatika dan Bisnis Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul Komunikasi Kepemimpinan Androgini Pengusaha Ojek Pangkalan. Peneliti ini mengkaji mengenai kegiatan komunikasi kepemimpinan yang dilakukan oleh seorang perempuan di pangkalan ojek yang secara keseluruhan bawahannya adalah laki-laki dan yang biasanya pemimpin pangkalan ojek itu adalah laki-laki. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi kepemimpinan maskulin, komunikasi kepemimpinan feminin, dan gaya komunikasi kepemimpinan yang digunakan oleh perempuan pengusaha ojek tersebut, serta kemudian akan diketahui model komunikasi kepemimpinan androgini yang digunakan oleh perempuan pengusaha ojek dalam memimpin sebuah pangkalan ojek.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan penelitian studi kasus dikarenakan komunikasi kepemimpinan perempuan pengusaha ojek mempunyai kekhasan dan keunikan tersendiri sebagai satu-satunya perempuan yang memimpin pangkalan ojek, menggunakan konsep komunikasi kepemimpinan maskulin dan feminin.Hasil dari penelitian ini adalah komunikasi kepemimpinan maskulin yang digunakan oleh Keling terlihat dari komunikasi verbal dan nonverbal, komunikasi kepemimpinan feminin terlihat dari nonverbalnya, dan gaya komunikasi kepemimpinan perempuan pengusaha ojek pangkalan ini adalah gaya komunikasi yang memadukan antara maskulin-feminin yang disebut sebagai komunikasi kepemimpinan androgini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ArtComm

Publisher

Subject

Arts Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal ArtComm : Jurnal Komunikasi dan Desain sebagai media untuk mempublikasikan tulisan ilmiah: hasil penelitian, hasil pemikiran (gagasan konseptual), hasil perancangan Desain, Desain Komunikasi Visual, Seni Rupa, Ilmu Komunikasi, Studi Media, Komunikasi Massa dan Jurnalisme, Strategi Komunikasi, ...